28 C
Padang
Rabu, Juni 19, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Penerapan Manajemen Produksi, Pemasaran, dan Keuangan Pada UMKM di Nagari Sungai Puar
P

Kategori -
- Advertisement -

Penulis : Izza Rahmi (Mahasiswi KKN UNAND)

Agam,BeritaSumbar.com,– Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan peran penting dalam perekonomian global. Dalam era bisnis yang semakin kompetitif, penerapan manajemen menjadi faktor penting untuk mencapai keberhasilan jangka panjang pada UMKM. Dalam hal ini Mahasiswa KKN Unand Sungai Puar memberikan sosialisasi manajemen produksi, pemasaran, dan keuangan kepada masyarakat yang memiliki UMKM di Nagari Sungai Puar.

Sosialisasi telah dilakukan Mahasiswa KKN Unand pada hari Kamis, 3 Agustus 2023 di Balai Pemuda Sungai Puar. Kegiatan ini dilakukan bertujuan agar masyarakat yang memiliki UMKM mampu meningkatkan kualitas dan pemasaran produk serta mampu mengelola keuangan dengan baik. Selain itu sosialisasi ini dilakukan agar nantinya UMKM masyarakat mampu berkembang dan bersaing dengan UMKM lainnya. Mahasiswa KKN Unand juga melakukan diskusi dengan masyarakat terkait kendala yang dihadapi dalam UMKM. Bersdasarkan pemaparan masyarakat di Nagari Sungai Puar kendala yang dihadapi dalam UMKM yaitu kualitas bahan baku yang berubah dan modal yang tidak begitu cukup.

Menurut Mahasiswa KKN Unand Sungai Puar kendala tersebut dapat diatasi dengan cara melakukan kerja sama dengan beberapa supplier atau pemasok yang sudah dikenal memiliki bahan baku yang berkualitas. Sedangkan untuk permasalahan modal dapat diatasi dengan cara membuat laporan keuangan sederhana, karena dengan membuat laporan keuangan masyarakat dapat mengetahui keuntungan dan biaya pengeluaran dari UMKM. Oleh karena itu sosialisasi ini diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai betapa pentingnya penerapan manajemen dalam suatu UMKM.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img