26.1 C
Padang
Jumat, Oktober 22, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Hindari Dampak Lingkungan Saat Kelola SDA, Pemkab Sijunjung Buat KLHS
H

Kategori -
- Advertisement -

Sijunjung, beritasumbar.com – Kabupaten Sijunjung memiliki kekayaan Sumber Daya Alam yang banyak, seperti Batubara, Batu Kapur, Batu Mangan, Batu Marmar, Batu Granik, Emas dan lahan kosong yang berpotensi untuk dikembangkan menjadi perkebunan serta peternakan.

Bupati Sijunjung Beny Dwiva Yuswir mengatakan, ke depannya perlu membuat Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) untuk menerapkan prinsip pembangunan suatu wilayah serta untuk penyusunan kebijakan dan program, serta memastikan penerapan prinsip pembangunan berkelanjutan.

“Selama ini masyarakat telah memanfaatkan SDA yang ada dengan mengabaikan kelestarian lingkungan dengan ancaman berbagai bencana. Ke depan hal serupa ini tidak boleh lagi terjadi,” katanya.

Hal itu dikatakannya dihadapan peserta kegiatan konsultasi Publik penyusunan KLHS untuk membuat RPJMD Kabupaten Sijunjung 2021-2026 di Gedung Pancasila Muaro, Kamis (22/4).

Benny mengajak, dalam  memanfaatkan SDA harus tetap memperhati lingkungan hidup yang baik. Untuk itu dalam  KLHS harus ada kajian daya dukung, daya tampung lingkungan hidup untuk pembangunan serta perkiraan dampak, dan resiko  lingkungan hidup dari pembangunan Ranah Lansek Manih ke depannya.

Untuk itu melalui forum konsultasi publik ini diperlukan masukan dan saran yang positif dan konstruktif, sehingga program dan kebijakan yang diambil menyentuh kebutuhan riil masyarakat yang selalu memperhatikan linkungan hidup dari peserta.

Ketua Pelaksana Kegiatan Konsultasi Publik, Riky Mainaldi Neri mengatakan kegiatan ini dilangsungkan selama satu hari yang diikuti  tim ahli penyusunan dokumen KLHS RPJMD, OPD, para camat, perguruan tinggi, dan LSM, lembaga kemasyarakatan lainnya. Adapun narasumber dari tim tenaga ahli Unand Padang.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberi pengarahan, pembekalan, penjelasan pembuatan serta pembagian tugas kepada tim penyusun KLHS RPJMD Kabupaten Sijunjung. Sehingga dokumen yang dihasilkan betul-betul dapat menjawab kondisi riil di lapangan sesuai dengan harapan,” katanya.

Ia menambahkan saat mengelola SDA yang ada dengan memperhatikan lingkungan hidup. Semua ini tidak terlepas dari  visi-misi Bupati-Wakil Bupati Sijunjung menggelola SDA dengan baik untuk kepentingan masyarakat, serta membawa Kabupaten Sijunjung yang lebih baik, rakyat Sijunjung maju dan sejahtera (Alim)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img