Tanah Datar,BeritaSumbar.com,-Hanparan batu menhir menghiasi Bukit Penghujan di Kampung Talago Pulai Jorong Koto Gadang Nagari Simawang Kec Rambatan. Beragam bentuk batu menhir bediri dilokasi tersebut. Konon Batu batu itu sudah ada ratusan tahun silam.

Selain hamparan batu batu bersejarah, lokasi ini juga menyediakan pemandangan nan indah, Sebelah barat nampak Marapi berdiri Kokoh, Sebelah selatan Danau Singkarak dengan ragam pesonannya.

Bentuk menhir di sini ada perbedaan dengan menhir menhir lain yang ada di Sumatera Barat. Puncak menhir tidak menghadap bukit atau gunung yang menjulang tinggi. Di perkirakan menhir ini ada seiring Masuknya Islam Keranah Minang Ini. Apalagi menhir indentik dengan nisan kuburan.

Jika pembaca berkunjung kelokasi menhir ini, Mikdad Addaili Rahman, salah seorang petugas yang ditempatkan oleh Balai Cagar Budaya akan siap memberikan informasi lengkap tentang menhir tersebut.

Mikdad selain pemandu,juga tukang rawat lokasi ini. “Semuanya saya lakukan sendiri hingga hari kerja bahkan terkadang di hari libur (Ahad), ketika banyak pengunjung biasanya anak-anak sekolah, ataupun orang orang dari luar sumbar pun berkunjung ke situs cagar budaya yang ada di jorong koto gadang ini,” ujar Mikdad Addaili Rahman.(Irsyad)

loading...