31 C
Padang
Sabtu, Mei 8, 2021
Beritasumbar.com

Gusti Asnan : Warga Perlu Kenal Sejarah Guna Bangun Kotanya
G

Kategori -

Padang – Pakar Sejarah Prof Gusti Asnan menilai bahwa masyarakat Padang, Sumatera Barat (Sumbar) perlu mengenal bangunan atau situs sejarah yang ada pada kotanya sebagai langkah membangun identitas kota tersebut .

“Saat ini banyak warga tidak bisa menilai penting atau tidaknya suatu situs sejarah di kotanya, akibatnya tahap pembangunan tidak mencerminkan identitas asalnya,” katanya, di Padang, Senin.

Menurutnya Suatu daerah berkembang pesat karena pembangunannya berdasarkan sejarah asalnya.
Sebagai contoh kota besar semisal Tokyo, Seoul atau Roma meski merupakan daerah maju namun beragam situs sejarah masih terpatri di sekelilingnya.

Hal ini menandakan bahwa masyarakatnya berkembang berdasarkan sejarah asal muasal.

“Masyarakat Padang dan beberapa daerah lain di Indonesia mengenal situs sejarah tersebut namun tidak mengetahui dengan jelas informasi dan maknanya,” imbuhnya.

Sebagai contoh beberapa situs sejarah di Padang seperti monumen Padang Area, Tugu Simpang Tinju, Monumen Harimau Kuranji, dan Tugu Linggar jati tentunya sudah dikenal oleh warga masyarakat Padang.

Sebab, lokasi situs sejarah tersebut terletak pada daerah strategis dan dekat dengan pemukiman warga.

Namun sebagian besar tidak mengetahui arti dan asal usul munculnya situs sejarah tersebut, imbuhnya.

Akibatnya beberapa diantaranya terlihat kotor, rusak dan ditumbuhi tanaman liar, katanya.

“Mengenal sejarah dan situsnya penting bagi warga untuk membangun tahap demi tahap identitas kota,” kata dia.

Misalnya Monumen Padang Area di daerah Simpang Haru yang saat ini telah mengalami pemugaran namun kembali tak terawat akibat tidak adanya sistem keamanan.

Seharusnya kata dia monumen tersebut menjadi salah satu identitas dari kota Padang sebagai ibukota Minangkabau.

“Monumen Padang Area atau Tali Tigo Sapilin melambangkan perjuangan pahlawan dahulu dalam menjunjung tinggi asal usul dan budayanya,” ujar Gusti.

Dengan deskripsi Tubuh menjulang ke angkasa, kaki mencengkram bumi berdiri beralaskan piramida terbalik, tiga tangannya saling melilit memuntahkan bara yang membelah kota Padang ini menjadi asal usul berkembangnya Padang.

Dari sinilah kata dia, kota Padang muncul dan berkembang hingga menjadi 11 Kecamatan.

Namun meski terlihat mencolok, banyak warga terutama generasi muda tidak mengetahui asal mula tugu monumen tersebut.

Walaupun pada waktu tertentu pada generasi muda tersebut berkumpul, atau hanya sekedar berfoto di situs tersebut.

“Sosialisasi tentang situs sejarah tersebut menjadi salah satu upaya untuk menekankan pentingnya hal tersebut,” katanya.

Dengan catatan sosialisasi tersebut dikemas sedemikian rupa sehingga menarik warga, ucapnya.

Sementara itu salah satu warga yang tinggal di sekitar Monumen Harimau Kuranji Tati mengaku tidak terlalu mengetahui asal usul situs sejarah tersebut.

Namun begitu dia mengenal situs sejarah tersebut sebagai penghargaan terhadap pahlawan.

Menurutnya keberadaan situs tersebut berkaitan dengan adanya Taman Makam Pahlawan di dekatnya, ucap Tati. (Ant/Oleh M R Denya Utama)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Terkait Akad Kontrak Kerja Di Universitas Muhammadiyah Sumbar, Komunitas Amar Ma’ruf Nahi Mungkar Layangkan Petisi

Sesuai dengan khittahnya, Muhammadiyah sebagai Persyarikatan memilih dan menempatkan diri sebagai Gerakan Islam amar-ma'ruf nahi mungkar dalam masyarakat, dengan maksud yang terutama ialah membentuk keluarga dan masyarakat sejahtera sesuai dengan Dakwah Jamaah.
- Advertisement -

Kunjungi Tiga Kementerian, Gubernur Sumbar Buya Mahyeldi Ingin Percepatan Pembangunan di Sumbar

Jakarta,BeritaSumbar.com,- Kunjungan kerja Gubernur Sumatera Barat Buya Mahyeldi yang didampingi oleh tujuh orang kepala OPD Provinsi Sumatera Barat ke Jakarta, Selasa (4/5) diisi pertemuan dengan beberapa menteri Kabinet Indonesia Maju

Kader Muda PKB Sumbar Gelar Pembagian Takjil

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Kader Muda Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Provinsi Sumatera Barat melakukan pembagian takjil kepada masyarakat Silaut, Pesisir Selatan, Rabu (05/05)
- Advertisement -

Tim Yustisi Penegak Perda Kota Payakumbuh Gelar Razia

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,- Razia yang dilakukan Tim Yustisi penegakan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 6 Tahun 2020 tentang adaptasi kebiasaan baru terus dilaksanakan di Payakumbuh, mengingat saat ini kasus Covid-19 terus meningkat.

Komisi C DPRD Desak RSUD Adnaan WD Selesaikan Tunggakan Pembayaran Jasa Tenaga Medis

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,- Komisi C DPRD Kota Payakumbuh melaksanakan pertemuan bersama Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit RSUD Adnaan WD Kota Payakumbuh untuk mendengarkan penjelasan terkait polemik pembayaran jasa medis dan insentif Covid-19 yang terjadi di RSUD, bertempat di Ruang Rapat Paripurna DPRD, Kamis (6/5).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Jelang Idul Fitri, Gema Sehat Juken BKKBN Sumbar Bagi-Bagi Sembako untuk Kaum Dhuafa di Padang

Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Persatuan Juang Kencana Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Provinsi Sumatera Barat (Juken BKKBN Sumbar) melalui Gerakan Amal Sedekah Harian Anggota (Gema Sehat) mendistribusikan paket sembako kepada warga dhuafa di Kota Padang, pada Kamis (6/5/2021).

Serahkan 100 Paket Sembako Untuk Petugas Kebersihan, Wabup Sijunjung: Terima Kasih Emersia Grup

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung Iradatillah menyerahkan 100 paket sembako bantuan Emersia Grup untuk petugas kebersihan yang ada di Lingkungan Pemkab Sijunjung. Penyerahan paket...

Tujuh OPD Kota Padang Panjang Peroleh Hak Akses Data Perseorangan Penduduk

Padang Panjang, beritasumbar.com - Sebanyak tujuh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Kota Padang Panjang telah memperoleh hak akses terhadap data perseorangan penduduk. "Ini...

Bupati Sijunjung Imbau ASN Hingga Masyarakat Salurkan Zakat Lewat Baznas

Sijunjung, beritasumbar.com - Bupati Sijunjung Beny Dwifa Yuswir mengimbau para Aparatur Sipil Negara (ASN), pegawai BUMN, BUMD di daerah itu supaya menyerahkan zakat kepada  Baznas...

Anggota DPR RI Rezka Oktoberia Tampung Aspirasi, Warga Minta Akses Penghubung Bukik Limbuku-Payobasuang

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Sejumlah tokoh masyarakat Nagari Bukik Limbuku, Kecamatan Harau, Lima Puluh Kota menyampaikan aspirasi kepada anggota DPR RI, Rezka Oktoberia...

Peduli Petani, Pemkab Sijunjung Beri Bantuan 173 Alsintan

Sijunjung, beritasumbar.com - Sebanyak 173 unit alat mesin pertanian (alsintan) diserahkan kepada kelompok tani di Kabupaten Sijunjung guna meningkatkan produktivitas pertanian di daerah tersebut. Alsintan itu...

Padang Pariaman Bantu Alsintan Untuk 22 Kelompok Tani

Pariaman, beritasumbar.com - Dalam rangka meningkatkan produktifitas para petani, Pemkab Kabupaten Padang Pariaman memberikan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan). Penyerahan bantuan alat pertanian kepada 20...

Shelia Band, Anak Petani Bawang di Alahan Panjang Rilis Lagu Satu Cinta

Anak-anak petani bawang di Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat mendirikan grup musik bernama Shelia Band. Meskipun berada di daerah minim fasilitas bermusik, tak jadi kendala bagi mereka untuk berkarya. Terbukti dengan peluncuran single perdana mereka yang berjudul Satu Cinta, dirilis pada Selasa, 27 April 2021 di channel Youtube Trinswara Record.

DEMA STAIDA Payakumbuh Gelar Aksi Sosial-Edukasi Dengan Anak Yatim

Payakumbuh, beritasumbar.com - DEMA STAIDA Payakumbuh atau yang dulu dikenal dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) langsungkan kegiatan Daurah Tahfizh Juz 30 di Panti Asuhan Muhammadiyah...

Lewat Safari Ramadhan, Padang Pariaman Jalin Silaturrami-Sosialisasikan Program Pemerintah Ke Masyarakat

Padang Pariaman, beritasumbar.com - Tim Safari Ramadhan Pemkab Padang Pariaman pada Rabu, (21/4) serentak berakhir melakukan kunjungan ke masjid atau musholla untuk melaksanakan Qiamuramadhan selama...
- Advertisement -