26.9 C
Padang
Monday, October 26, 2020

Dari Arena MTQ Sumbar ke-36, KAFILAH PAYAKUMBUH NAIK TUJUH ANAK TANGGA

Target memperbaiki posisi pada MTQ Sumatera Barat ke-36, di Sawahlunto, sukses diraih Kafilah Kota Payakumbuh. Kafilah Kota Batiah naik tujuh anak tangga, dan puas berada di papan tengah, pada peringkat ke-7. Dua tahun lalu, pada MTQ Sumatera Barat ke-35 di Pasaman, Payakumbuh berada di peringkat ke-14. Kafilah dipimpin  duet  Kepala Kantor Kemenag H. Asra Faber dan Kabag Kesra Setdako Davitra, M.Si, itu meraih 4 terbaik pertama (emas), 1 terbaik kedua  (perak) dan 2 terbaik ketiga (perunggu), dengan total nilai 25.

“Kita sangat senang dan puas. Seluruh qari dan qariah beserta pelatihnya, pantas menerima reward atas catatan prestasi terbaik ini. Atas nama warga kota, kita berikan ucapan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh pendukung kafilah,” ucap Walikota Payakumbuh diwakili  Sekdako H. Benni Warlis, MM bersama Asisten II H. Amriul, M.Pd, ketika menjemput rombongan kafilah ke Sawahlunto, sekaligus menghadiri penutupan MTQ,  Sabtu (14/11).

 

Turun dengan kekuatan 54  qari dan qariah, dan berlaga pada seluruh nomor yang diperlombakan, anak-anak Payakumbuh sukses meraih emas pada nomor tilawah, tahfiz, dan  tartil. Kemudian, meraih perak pada nomor tilawah dan perunggu pada nomor qira’at dan tahfiz.

Empat gelar terbaik pertama  yang direbut qari dan qariah Payakumbuh itu, masing-masing  Ahmad Luthfi Yahya pada cabang tilawah anak-anak (pa), Irfan  pada cabang tahfiz 10 Jus (pa), Indah Lestari pada cabang tartil menengah (pi) dan Dinda Rahma Malika pada tahfiz 10 Jus non tilawah (pi). Sementara itu, nilai Irfan pada tahfiz 10 Jus,  merupakan  nilai tertinggi di atas peserta  lainnya di  Sumbar, yaitu mencatat  98,44.

Kemudian,  satu perak yang diraih, berasal dari Sari Uswatun Hasanah di nomor tilawah dewasa (pi). Sedangkan,   2 perunggu masing-masing direbut  Ade Rahma Dini, pada qira’at (pi) dan Basrah pada tahfiz 30 Juz (pi).

Selain itu, Kafilah Payakumbuh juga  merebut 9 gelar harapan I, II dan III. Masing-masing diraih Arifah,  harapan I khat dekorasi (pi), Kuntum Khaira Ummah harapan I tilawah remaja (pi), Nurganti Ritonga harapan II tafsir Bahasa Inggris (pi),  M.Syaifullah Ritonga harapan II Tafsir Bahasa Inggris (pa), Bahria terbaik harapan II Tafsir Bahasa Indonesia, M.Fajar Al Fath harapan II Tafsir Bahasa Arab (pa), Dzaki Fachturrahman harapan II Tilawah TK (pa), Marifah harapan III Tahfiz 20 Jus (pi) dan Roni M. Apiz harapan III cacat tuna netra (pa).

Sekdako Benni Warlis, mengingatkan, qari dan qariah serta pelatih, jangan sampai larut atau terlalu eforia dengan catatan prestasi ini. Sebaliknya, diminta  terus memotivasi diri, agar lebih sukses pada MTQ berikutnya, dan mampu berprestasi pada level MTQ lebih tinggi. “Mari kita mimpikan dan raih gelar juara nasional dan internasional, seperti yang pernah diraih Afrisa, 2010 lalu,” imbau sekdako.

Kabag Kesra Devitra, menyebutkan,  qari dan qariah serta pelatih yang berhasil meraih gelar juara disetiap nomor perlombaan,  akan diberi reward dari Pemko Payakumbuh. Namun, berapa nilai  bonus yang akan diterima qari dan qariah pemenang belum dijelaskan. “Pokoknya, seluruh peraih medali akan terima bonus,” tegasnya.

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Weekend, 9 WARGA PAYAKUMBUH POSITIF CORONA, Sembuh 5 Orang

Payakumbuh --- Libur akhir pekan atau weekend, Sabtu dan Minggu (24-25/10), kasus positif covid-19, di Kota Payakumbuh masih terjadi. Selama dua hari...

Alzam Deri : Ashelfine-Sarikal Dengan Rasa Satu Langkah Menuju Kemenangan Pilkada 2020

Bermodalkan Asa dan Rasa untuk perubahan Sijunjung, mereka bekerja sebagai relawan yang benar-benar sukarela, dan itu sangatlah berat. Tidak semua Paslon bisa...

Yola Oksandra Raih Juara 3 Nasional Pemuda Pelopor Bidang Agama, Sosial dan Budaya

Sijunjung, Berita Sumbar-- Yola oksandra, meraih juara 3 ( tiga) Tingkat Nasional Pemuda Pelopor Bidang Agama, Sosial dan Budaya, kata Kadis Parawisata...

MTQ Di Tengah Pandemi, 5 Camat Di Payakumbuh Optimis Sukses Dan Saling Bersaing Sehat Raih Juara Umum

Payakumbuh --- Semangat 5 camat dalam mensukseskan MTQ Nasional ke XXXIX tingkat Kota Payakumbuh pada tahun 2020 sangat luar biasa. Setelah rapat...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Keripik Karamunting Cemilan Kaya Antioksidan

Padang,- Pandemi Covid-19 tak hanya menghentikan kegiatan perkuliahan mahasiswa secara tatap muka di kampus. Pandemi ini juga memaksa program kreativitas mahasiswa (PKM)...

Polling Pilkada Kota Bukittinggi 2020

Mari semangati calon Walikota - Wakil Walikota Bukittinggi pilihan pembaca dengan klik dukungan di polling di bawah ini.

Polling Pilgub Sumbar 2020

Mari dukung dan semangati kandidat calon Gubernur Sumbar di Pilkada serentak 2020 pilihan pembaca dengan klik polling berikut ini.

Sabar AS, Kearifan Lokal Harus Terus Dijaga

Pasaman,-Bakal calon Wakil Bupati Pasaman SABAR AS beserta rombongan hadiri tradisi buka ikan larangan di Jorong 5 Pertemuan Pasaman, Minggu, 30/8/2020
- Advertisement -