25 C
Padang
Sabtu, April 17, 2021
Beritasumbar.com

Dari Arena MTQ Sumbar ke-36, KAFILAH PAYAKUMBUH NAIK TUJUH ANAK TANGGA
D

Kategori -

Target memperbaiki posisi pada MTQ Sumatera Barat ke-36, di Sawahlunto, sukses diraih Kafilah Kota Payakumbuh. Kafilah Kota Batiah naik tujuh anak tangga, dan puas berada di papan tengah, pada peringkat ke-7. Dua tahun lalu, pada MTQ Sumatera Barat ke-35 di Pasaman, Payakumbuh berada di peringkat ke-14. Kafilah dipimpin  duet  Kepala Kantor Kemenag H. Asra Faber dan Kabag Kesra Setdako Davitra, M.Si, itu meraih 4 terbaik pertama (emas), 1 terbaik kedua  (perak) dan 2 terbaik ketiga (perunggu), dengan total nilai 25.

“Kita sangat senang dan puas. Seluruh qari dan qariah beserta pelatihnya, pantas menerima reward atas catatan prestasi terbaik ini. Atas nama warga kota, kita berikan ucapan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh pendukung kafilah,” ucap Walikota Payakumbuh diwakili  Sekdako H. Benni Warlis, MM bersama Asisten II H. Amriul, M.Pd, ketika menjemput rombongan kafilah ke Sawahlunto, sekaligus menghadiri penutupan MTQ,  Sabtu (14/11).

 

Turun dengan kekuatan 54  qari dan qariah, dan berlaga pada seluruh nomor yang diperlombakan, anak-anak Payakumbuh sukses meraih emas pada nomor tilawah, tahfiz, dan  tartil. Kemudian, meraih perak pada nomor tilawah dan perunggu pada nomor qira’at dan tahfiz.

Empat gelar terbaik pertama  yang direbut qari dan qariah Payakumbuh itu, masing-masing  Ahmad Luthfi Yahya pada cabang tilawah anak-anak (pa), Irfan  pada cabang tahfiz 10 Jus (pa), Indah Lestari pada cabang tartil menengah (pi) dan Dinda Rahma Malika pada tahfiz 10 Jus non tilawah (pi). Sementara itu, nilai Irfan pada tahfiz 10 Jus,  merupakan  nilai tertinggi di atas peserta  lainnya di  Sumbar, yaitu mencatat  98,44.

Kemudian,  satu perak yang diraih, berasal dari Sari Uswatun Hasanah di nomor tilawah dewasa (pi). Sedangkan,   2 perunggu masing-masing direbut  Ade Rahma Dini, pada qira’at (pi) dan Basrah pada tahfiz 30 Juz (pi).

Selain itu, Kafilah Payakumbuh juga  merebut 9 gelar harapan I, II dan III. Masing-masing diraih Arifah,  harapan I khat dekorasi (pi), Kuntum Khaira Ummah harapan I tilawah remaja (pi), Nurganti Ritonga harapan II tafsir Bahasa Inggris (pi),  M.Syaifullah Ritonga harapan II Tafsir Bahasa Inggris (pa), Bahria terbaik harapan II Tafsir Bahasa Indonesia, M.Fajar Al Fath harapan II Tafsir Bahasa Arab (pa), Dzaki Fachturrahman harapan II Tilawah TK (pa), Marifah harapan III Tahfiz 20 Jus (pi) dan Roni M. Apiz harapan III cacat tuna netra (pa).

Sekdako Benni Warlis, mengingatkan, qari dan qariah serta pelatih, jangan sampai larut atau terlalu eforia dengan catatan prestasi ini. Sebaliknya, diminta  terus memotivasi diri, agar lebih sukses pada MTQ berikutnya, dan mampu berprestasi pada level MTQ lebih tinggi. “Mari kita mimpikan dan raih gelar juara nasional dan internasional, seperti yang pernah diraih Afrisa, 2010 lalu,” imbau sekdako.

Kabag Kesra Devitra, menyebutkan,  qari dan qariah serta pelatih yang berhasil meraih gelar juara disetiap nomor perlombaan,  akan diberi reward dari Pemko Payakumbuh. Namun, berapa nilai  bonus yang akan diterima qari dan qariah pemenang belum dijelaskan. “Pokoknya, seluruh peraih medali akan terima bonus,” tegasnya.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Untuk Pertama Kali, School Of Randang Digelar di Kota Payakumbuh

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,— Agar dapat mengenalkan dan melestarikan kearifan lokal masakan tradisional ranah Minang dalam memasak Randang, Dinas Tenaga Kerja dan Industri melalui UPTD Sentra Randang kota Payakumbuh laksanakan kegiatan School of Randang yang berlangsung di dapur utama sentra rendang IKM kota Payakumbuh, Senin (12/4/2021).
- Advertisement -

Untuk Pertama Kali, School Of Randang Digelar di Kota Payakumbuh

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,— Agar dapat mengenalkan dan melestarikan kearifan lokal masakan tradisional ranah Minang dalam memasak Randang, Dinas Tenaga Kerja dan Industri melalui UPTD Sentra Randang kota Payakumbuh laksanakan kegiatan School of Randang yang berlangsung di dapur utama sentra rendang IKM kota Payakumbuh, Senin (12/4/2021).

Pariwisata Nagari Batu Taba Semakin Bersolek, Laksma TNI Angkasa Dipua Resmikan Mushalla Fii Sabilillah

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,-Rangkaian kegiatan terpadu yang terdiri dari peresmian mushalla fii sabilillah, sunat masal, kegiatan bernuansa alek nagari berupa 'maarak galundi', makan bajamba, dan atraksi seni budaya lainnya telah berhasil dilaksanakan di Nagari Batu Taba Kecamatan Batipuh Selatan, Minggu (11/04).
- Advertisement -

Wali Kota Riza Falepi Tutup Objek Wisata Selama Balimau Dan Libur Lebaran

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Menyambut bulan Suci Ramadhan setiap tahunannya, ada adat istiadat dan budaya yang berkembang ditengah-tengah masyarakat, namanya ”Potang Balimau” yang dilaksanakan di lokasi-lokasi objek wisata sebagai bentuk mensucikan diri sebelum menjalankan ibadah puasa. Ada juga tradisi pulang basamo untuk merayakan hari lebaran bersama saudara dan kerabat.

Himbau Warga Untuk Urus BPJS. Riza Falepi : Jangan Pas Masuk Rumah Sakit Baru Diurus

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,- Wali Kota Riza Falepi sangat memperhatikan bagaimana setiap warganya bisa mendapatkan pelayanan kesehatan dengan baik. Namun, masih ada beberapa warga yang terkadang tidak memperdulikan kesehatannya dan keluarga, padahal edukasi kesehatan sudah sering dilakukan petugas kesehatan dari puskesmas ke kelurahan-kelurahan.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

LAZIS Caturbakti Sumatera Barat Luncurkan Launching Event di Ramadhan 1442 H

Gn.Pangilun-Padang, LAZIS Caturbakti Sumatera Barat mengadakan program Sebarkan Barokah Ramadhan (SABAR) perdana pada Jumat pertama Ramadhan 1442 H hari ini (16/4/2021), kegiatan berlangsung...

Luncurkan Program Lumbung Air Wakaf, Wako Payakumbuh Apresiasi ACT

Payakumbuh, beritasumbar.com - Aksi Cepat Tanggap (ACT) meluncurkan program Lumbung Air Wakaf di Halaman PT. Multi Rezeki Selaras, di Kelurahan Padang Data Tanah Mati, Kecamatan...

Untuk Tingkatkan Pelayanan, RSUD Sijunjung Tampung Kritik Dan Saran Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Pada usia yang relatif muda keberadaan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sijunjung memerlukan perbaikan dan peningkatan dari semua sisi,  guna memberikan...

Polres Sijunjung Beri Penghargaan Untuk Personil-Masyarakat Yang Penanganan Tindak Kejahatan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan SIK.M.Hum memberikan apresiasi berupa reward/penghargaan berupa sertifikat kepada enam orang masyarakat dan 29 personel polres setempat atas...

Mengintip Pemilihan Legislatif Tingkat Nagari Di Simpang Kapuak Dalam Kabupaten Lima Puluh Kota

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Pada Rabu (7/4) puluhan warga Jorong Lobuah Tunggang Nagari Simpang Kapuak berbondong-bondong menuju bangunan Taman Kanak-kanak (TK) yang terletak...

Saat Rampungkam RPJMD, Bupati Minta OPD Sijunjung Himpun Data Ril Ke Lapangan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Sijunjung diberi waktu selama dua minggu untuk turun ke lapangan dan menyusun langkah strategis untuk...

Polres Payakumbuh Amankan Tiga Tersangka Terduga Penggelapan Dana Koperasi

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat mengamankan tiga orang tersangka terduga penggelapan dana Koperasi Serba Usaha (KSU) Sutra Ketinggian Sarilamak, Kabupaten Limapuluh Kota. Kasat...

Polres Sinjunjung Bekuk Dua Orang Pengedar Narkoba

Sijunjung, beritasumbar.com - Kepolisian Resos Sijunjung mengamankan dua orang pengedar dan pemakai nakorba jenis yang selama ini beroperasi di wilayah hukum polres tersebut. “Yang bersangkutan berhasil...

Mahyeldi Dukung Pemajuan Kebudayaan Koto Gadang Koto Anau untuk Jadi Destinasi Wisata Dunia

Peninggalan sejarah memiliki potensi besar bagi kemakmuran masyarakatnya. Jika tidak dijadikan cagar budaya, keberadaannya akan mengalami kepunahan. Menyikapi hal tersebut, Dra. Zusneli Zubir, M.Hum., Peneliti di Balai Pelestarian Nilai Budaya Provinsi Sumatera Barat (BPNB Sumbar) memprakarsai Penyusunan Grand Design Pemajuan Kebudayaan Nagari Koto Gadang Koto Anau yang digelar pada 3 - 4 April 2021 di Depan Balai Adat Nagari Koto Gadang Koto Anau, Kabupaten Solok, Kecamatan Lembang Jaya, Provinsi Sumatera Barat.

Tak Sampai 24 Jam Polres Sinjujung Bekuk Sindikat Pencuri Antar Provinsi, Korban Rugi Puluhan Juta

Sijunjung, beritasumbar.com - Sekitar 12 jam setelah kejadian jajaran Polres Sijunjung berhasil membekuk enam orang pelaku pencurian dengan modus gembos ban dan pecah kaca mobil. “Pelaku...
- Advertisement -