25 C
Padang
Sabtu, April 17, 2021
Beritasumbar.com

Ardinis Arbain : Sumbar Potensial Jadi Provinsi Biokonservasi
A

Kategori -

Padang – Pakar dan peneliti lingkungan hidup Dr Ardinis Arbain menilai Sumbar dalam beberapa tahun ke depan memiliki potensi untuk menjadi provinsi perlindungan makhluk hidup atau biokonservasi.

“Konsep biokonservasi adalah memanfaatkan Sumber Daya Alam (SDA) dan menggali potensinya secara berkelanjutan tanpa harus melakukan perusakan atau eksploitasi berlebihan,” katanya di Padang, Senin.

Sebagai contoh, katanya, melakukan eksploitasi tambang berlebihan dapat mengganggu kestabilan lingkungan, khususnya hutan.

Agar kestabilan tidak terganggu, katanya, sebaiknya hutan dimanfaatkan oleh masyarakat yang hasilnya memberikan keuntungan.

“Saat ini Sumbar memiliki banyak kawasan lindung dan hutan yang cukup potensial bukan hanya untuk perlindungan hewan dan tanaman, namun juga menguntungkan secara ekonomi,” katanya.

Dia menyebutkan Sumbar memiliki banyak cagar alam antara lain Rimbo Panti, Lembah Anai juga memiliki Taman Nasional Kerinci Sibelat (TNKS) bersama dengan Provinsi Jambi.

Selain itu, katanya, Sumbar juga memiliki banyak hutan dan wilayah yang berpotensi dikembangkan sebagai daerah biokonservasi.

“Upaya menjadikan sebagai provinsi biokonservasi ini juga dapat berupa jasa ekowisata, perdagangan karbon, perkebunan rakyat,” katanya.

Dia mengatakan kawasan lindung seperti cagar alam memiliki beragam makhluk hidup dimulai dari tumbuhan yang berumur ribuan tahun, hewan yang dilindungi, yang bisa menarik masyarakat untuk berwisata ke daerah tersebut.

Dari hasil itu, katanya, dapat meningkatkan pendapatan provinsi, terutama pada bidang pariwisata.

“Penanaman dengan tanaman yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi sangat menguntungkan provinsi,” katanya.

Dia mengatakan dalam hal ini selain dilindungi dan tidak dieksploitasi, hutan juga perlu dilestarikan
Dia menjelaskan adanya penebangan hutan berdampak pada pengurangan jumlah spesies dengan usaha menanam kembali dengan tanaman baru yang lebih bernilai ekonomis untuk penambahan pendapatan provinsi.

“Perdagangan karbon juga bisa menjadi sesuatu yang menguntungkan,” katanya.

Dia mengatakan Pemerintah bisa menggalakkan penanaman pohon di sekitar areal industri untuk menyerap emisi dan polutan lain yang dihasilkan industri tersebut.

Pohon menyerap Karbondioksida yang keluar dan mengubahnya menjadi oksigen, dalam hal ini pemerintah bisa menarik biaya dari industri. Keuntungannya, Pemerintah dapat meningkatkan pendapatan, sedangkan industri bisa mereduksi emisi dan limbahnya.

“Jika terlaksana ini bisa mendukung misi Pemda untuk menjadikan Sumbar sebagai daerah yang asri dan lestari,” katanya.

Sebelumnya, Presiden Assembly Chair Of Council Global Green Growth Institut (GGGI) Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan upaya konservasi merupakan bagian dari pembangunan berkelanjutan.

Menurut dia, dalam melakukan pembangunan perlu menggunakan tiga prinsip pembangunan berkelanjutan yang disebut dengan trilogi pembangunan yakni tumbuh, seimbang, dan berkelanjutan.

Dengan demikian bila suatu daerah akan menerapkan prinsip pembangunan berkelanjutan salah satunya melakukan upaya biokonservasi, ketiga prinsip tersebut perlu diperhatikan, imbuhnya. (Ant/Oleh M R Denya Utama)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Diusia 180 Tahun Usung Perwujudan Limapuluh Kota Yang Madani,Beradar dan Berbudaya Dengan Mematuhi Protokol Kesehatan

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Kabupaten Lima Puluh Kota merupakan satu dari sembilan belas Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Sumatera Barat yang memiliki luas wilayah 3.354,30 Km² . Kabupaten Lima Puluh kota terdiri dari 13 Kecamatan, 79 Nagari, dan 401 Jorong.
- Advertisement -

Polres Pessel tangkap 5 orang Penyalahgunaan Narkoba

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Selama operasi antik 2021 digelar, tim dari satreskrim Polres Pesisir Selatan ungkap 5 kasus narkoba. Hasil ini disampaikan Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Sri Wibowo. S.IK.MM melalui Kasat Narkoba Polres Pessel AKP. Hidup Mulia, SH.

Wako Riza Harapkan ASN Jadi Contoh Bagi Masyarakat, Jaga Kinerja Demi Pelayanan Prima

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Wali Kota Riza Falepi mengatakan ASN harus menjadi pionir dan contoh bagi masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan saat menjalankan ibadah shalat berjemaah di mesjid selama bulan Ramadhan.
- Advertisement -

Erman Safar Larang Tempat Hiburan Beroperasi di Bulan Ramadhan

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi, mengimbau seluruh kegiatan yang berhubungan dengan hiburan, agar dihentikan pada waktu ibadah puasa dan shalat tarawih di...

Sarang Tawon Di Depan SPBU Ngalau Dibasmi Damkar Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Keberadaan sarang tawon di pohon pelindung tepatnya di depan SPBU Ngalau, Jalan Soekarno Hatta sangat meresahkan warga. Hal itu diketahui berawal dari postingan di grup facebook Informasi Payakumbuh dan Limapuluh Kota, ada warga yang mengingatkan pengendara untuk hati-hati dengan adanya keberadaan sarang tawon tersebut pada Sabtu, 10 April 2021 sore.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

LAZIS Caturbakti Sumatera Barat Luncurkan Launching Event di Ramadhan 1442 H

Gn.Pangilun-Padang, LAZIS Caturbakti Sumatera Barat mengadakan program Sebarkan Barokah Ramadhan (SABAR) perdana pada Jumat pertama Ramadhan 1442 H hari ini (16/4/2021), kegiatan berlangsung...

Luncurkan Program Lumbung Air Wakaf, Wako Payakumbuh Apresiasi ACT

Payakumbuh, beritasumbar.com - Aksi Cepat Tanggap (ACT) meluncurkan program Lumbung Air Wakaf di Halaman PT. Multi Rezeki Selaras, di Kelurahan Padang Data Tanah Mati, Kecamatan...

Untuk Tingkatkan Pelayanan, RSUD Sijunjung Tampung Kritik Dan Saran Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Pada usia yang relatif muda keberadaan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sijunjung memerlukan perbaikan dan peningkatan dari semua sisi,  guna memberikan...

Polres Sijunjung Beri Penghargaan Untuk Personil-Masyarakat Yang Penanganan Tindak Kejahatan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan SIK.M.Hum memberikan apresiasi berupa reward/penghargaan berupa sertifikat kepada enam orang masyarakat dan 29 personel polres setempat atas...

Mengintip Pemilihan Legislatif Tingkat Nagari Di Simpang Kapuak Dalam Kabupaten Lima Puluh Kota

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Pada Rabu (7/4) puluhan warga Jorong Lobuah Tunggang Nagari Simpang Kapuak berbondong-bondong menuju bangunan Taman Kanak-kanak (TK) yang terletak...

Saat Rampungkam RPJMD, Bupati Minta OPD Sijunjung Himpun Data Ril Ke Lapangan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Sijunjung diberi waktu selama dua minggu untuk turun ke lapangan dan menyusun langkah strategis untuk...

Polres Payakumbuh Amankan Tiga Tersangka Terduga Penggelapan Dana Koperasi

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat mengamankan tiga orang tersangka terduga penggelapan dana Koperasi Serba Usaha (KSU) Sutra Ketinggian Sarilamak, Kabupaten Limapuluh Kota. Kasat...

Polres Sinjunjung Bekuk Dua Orang Pengedar Narkoba

Sijunjung, beritasumbar.com - Kepolisian Resos Sijunjung mengamankan dua orang pengedar dan pemakai nakorba jenis yang selama ini beroperasi di wilayah hukum polres tersebut. “Yang bersangkutan berhasil...

Mahyeldi Dukung Pemajuan Kebudayaan Koto Gadang Koto Anau untuk Jadi Destinasi Wisata Dunia

Peninggalan sejarah memiliki potensi besar bagi kemakmuran masyarakatnya. Jika tidak dijadikan cagar budaya, keberadaannya akan mengalami kepunahan. Menyikapi hal tersebut, Dra. Zusneli Zubir, M.Hum., Peneliti di Balai Pelestarian Nilai Budaya Provinsi Sumatera Barat (BPNB Sumbar) memprakarsai Penyusunan Grand Design Pemajuan Kebudayaan Nagari Koto Gadang Koto Anau yang digelar pada 3 - 4 April 2021 di Depan Balai Adat Nagari Koto Gadang Koto Anau, Kabupaten Solok, Kecamatan Lembang Jaya, Provinsi Sumatera Barat.

Tak Sampai 24 Jam Polres Sinjujung Bekuk Sindikat Pencuri Antar Provinsi, Korban Rugi Puluhan Juta

Sijunjung, beritasumbar.com - Sekitar 12 jam setelah kejadian jajaran Polres Sijunjung berhasil membekuk enam orang pelaku pencurian dengan modus gembos ban dan pecah kaca mobil. “Pelaku...
- Advertisement -