26 C
Padang
Sabtu, Juli 27, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Gowes Bareng di Rute Danau Biru Kamang Baru Sijunjung
G

Kategori -
- Advertisement -

Sijunjung,Beritasumbar.com,– Hari minggu tanggal 24 September 2023,ASRI(Asosiasi Sepeda Rekreasi Indonesia) provinsi Sumbar dan Disparpora (Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga)kabupaten Sijunjung serta kenagarian Kunangan Parit Rantang berkolaborasi di Kamang Baru kabupaten Sijunjung mengadakan event Sepeda Rekreasi dengan tema Gowes Bareng Explore Danau Biru Minang Geopark Cycling.

Acara ini diadakan dalam rangka lebih memperkenalkan potensi pariwisata di kabupaten Sijunjung.Objek Danau Biru ini terletak di kecamatan Kamang baru nagari Kunangan Parik Rantang.Danau Biru ini termasuk kedalam Geosep Geopark Silokek Sijunjung.Geopark adalah suatu konsep wisata dimana terdapat edukasi,budaya,alam flora dan faunanya terpadu pada satu Destinasi wisata.Terkhusus untuk Geopark Silokek sekarang dalam proses untuk menjadi Warisan Dunia Unesco.

Pelepasan peserta dilepas oleh Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir di tempat Start Wahana Wisata Telabang Sakti sekaligus juga tempat Finish yang dimiliki oleh Syahbudin Datuak Abu yang Juga Wali Nagari Kunangan Parik Rantang.

Bupati Benny sebelumnya mengatakan apresiasinya pada event ini,karena cukup banyak peminat dari Cycling ini,terlebih dengan rute yang dilalui sangat menantang dan memikat mata dengan pemandangan indah danau Biru yang terjadi oleh bekas tambang batubara.Sebanyak 567 orang dari 52 komunitas sepeda yang terdaftar di panitia untuk mengikuti acara sepeda rekreasi ini yang berasal dari 3 provinsi Sumbar, Riau dan Jambi.

Untuk menambah meriahnya acara ini peserta mendapatkan Dorprize berupa dua buah sepeda motor Mio keluaran terbaru,kulkas,mesin cuci dan puluhan hadiah lainnya,yang didapatkan melalui pengundian.

Saat di tanya pandangannya dari acara ini Kadis Parpora Sijunjung Afrineldi,SH,mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta.Danau biru ini adalah salah satu entry yang baru di geosep Geopark Sijunjung.Semoga kita bisa bertemu pada tahun depan dan terima kasih untuk sponsorsip yang menanggulangi pendanaan acara ini,sehingga acara ini bisa terlaksana.semoga tahun depan bisa lebih baik lagi dari yang sekarang.

hampir senada dengan yang dikatakan oleh Ketua ASRI Delmiwardi kita akan menjadikan ini event tahunan karena antusias peserta juga rute nya yang bagus.

Kapolsek Kamang Baru yang turut ikut sebagai peserta dalam bincang bincangnya setelah sampai digaris Finish mengatakan rutenya sangat menantang dengan jalan tanah yang berbatu serta tanjakan dan turunan yang terjal,juga tikungan extrim sangat menguras tenaga imbuh beliau dengan ekspresi puas akan rute cycling ini.

Hadiah utama sepeda motor matic didapatkan oleh peserta dari tuan rumah Kunangan Parit Rantang dan satunya lagi didapat oleh peserta dari Kerinci provinsi Jambi.

Acara ini dihadiri oleh Pjs Wali Kota Sawahlunto Zefnihan, yang sebelumnya adalah Sekda Kabupaten Sijunjung sekaligus Ketua Geopark Silokek.

Ketua ASRI provinsi Delmiwardi.Ketua Formi Sijunjung Doni Novriedi.Adapun Kapolres Sijunjung diwakili oleh Kabag Ops AKP Efendi.Dandim diwakili Danramil 09 SSD Letda Akmal.Kapolsek Kamang Baru AKP Syafrudin Arif, Camat Kamang Baru Afrizal (Zalmendra)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img