26.6 C
Padang
Sunday, October 25, 2020

Gelar Simulasi Penanganan Covid-19, Bupati Jadi Pasien

Agam,BeritaSumbar.com,-Bupati Agam, Dr. H. Indra Catri kembali melakukan peninjauan ke beberapa puskesmas di daerah itu, untuk melihat secara langsung kesiapan tenaga medis dalam menangani pasien yang terpapar Covid-19, Senin (11/5).
Peninjauan ini diawali di Puskesmas Manggopoh, dilanjutkan Puskesmas Bawan kemudian Puskesmas Tiku dan terakhir Puskesmas Muaro Putuih.
Dikesempatan ini, Indra Catri yang didampingi beberapa pimpinan OPD sekaligus melakukan simulasi penanganan terhadap pasien yang terpapar Covid-19 bersama tenaga medis.
Bahkan Indra Catri sendiri bertindak selaku pasien yang diukur suhu badannya. Lalu disekrening riwayat perjalanannya oleh tenaga medis yang membidangi dengan APD lengkap. Kemudian pasien diarahkan ke ruangan selanjutnya.
“Tenaga medis dan petugas lain tidak perlu takut menangani pasien, tetapi harus tetap waspada. Apabila ada pasien yang datang diduga terpapar Covid-19, maka kita harus ada langkah yang akan dilakukan,” ujar Indra Catri.
Langkah dimaksud, menurut Indra Catri tenaga medis atau petugas lain seperti satpam harus memperhatikan pasien itu. Perhatikan kemana dan apa saja yang kontak dengannya, setiap yang kontak dengan pasien harus dilakukan cleaning atau isolasi.
“Jika ini tidak dilakukan, virus akan mudah menyebar, baik kepada tenaga medis maupun pasien lain dan sebagainya. Maka kita minta kewaspadaan tenaga medis dalam hal ini,” sebutnya.
Indra Catri terus mensupport tenaga medis agar lebih kuat dalam menjalani tugas kemanusiaan ini. Ia juga terus berupaya untuk melengkapi APD bagi tenaga medis, supaya dapat mengatasi pasien terpapar tanpa terpapar, apalagi memaparkan.
“Untuk itu kita mengharapkan Puskesmas selalu melakukan simulasi, agar saat terjadi kasus tenaga medis tidak terlalu panik manangani pasien,”(humas)

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Wako Riza Harapkan ASN Berikan Pelayanan Bersih. Tolak Pungli Dan Gratifikasi

Payakumbuh --- Wali Kota Riza Falepi berharap setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kota Payakumbuh dapat menjunjung tinggi nilai-nilai dalam pelayanan yang...

Pengunjung Risih, Anjing Liar Masuki Taman Pagaruyung

Tanah Datar,- Beredar beberapa foto di media sosial menunjukkan bahwa mulai maraknya binatang "anjing" liar disekitar areal taman Pagaruyung Batusangkar.

Buayan Sayang Pak Kiai

Catatan kecil tentang KH Abdullah Syukri ZarkasyiOleh: A. Fuadi Saya seperti sekarang ini, antara lain karena pernah diayun-ayun di...

Irfendi Arbi inginkan masyarakat taati Aturan Protokol Kesehatan

Lima Puluh Kota,- Bupati Lima Puluh Kota Irfendi Arbi terus berupaya mensosialisasikan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Pakai masker bila keluar rumah,...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Kunjungi Banto Royo, Berwisata Sambil Beramal

Kabupaten Agam - BANTO ROYO Kamang Kabupaten Agam Sumatera Barat, merupakan objek wisata fenomenal dengan ciri khas yang berbeda dari objek wisata...

Keripik Karamunting Cemilan Kaya Antioksidan

Padang,- Pandemi Covid-19 tak hanya menghentikan kegiatan perkuliahan mahasiswa secara tatap muka di kampus. Pandemi ini juga memaksa program kreativitas mahasiswa (PKM)...

Polling Pilkada Kota Bukittinggi 2020

Mari semangati calon Walikota - Wakil Walikota Bukittinggi pilihan pembaca dengan klik dukungan di polling di bawah ini.

Polling Pilgub Sumbar 2020

Mari dukung dan semangati kandidat calon Gubernur Sumbar di Pilkada serentak 2020 pilihan pembaca dengan klik polling berikut ini.
- Advertisement -