23 C
Padang
Rabu, Oktober 20, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Ganti Rugi Tuntas, Pembangunan Jalan Ke TPA Dimulai
G

Kategori -
- Advertisement -

Dana ganti rugi kerugian tanah dan bangunan total Rp1.039.000.000, untuk pelebaran jalan menuju tempat pemprosesan akhir sampah di Kelurahan Kapalo Koto dan Kelurahan Padang Karambia, Kecamatan Payakumbuh Selatan, tuntas. Dinas Prasjal Tarkim Sumatera Barat melalui Bendaharawan Kegiatan Pengadaan Infrastruktur Strategis, Rini Astuti menyerahkan dana tersebut kepada pemiliknya, dalam acara di Balaikota Payakumbuh, Kamis (22/5).

Penyerahan dana ganti kerugian itu, disaksikan Walikota Payakumbuh diwakili Asisten I Setdako Yoherman, SH, S.Sos, Kepala Dinas Tata Ruang dan Kebersihan Ir. Zulinda Kamal, dan sejumlah pimpinan SKPD terkait lainnya, serta Camat Payakumbuh Selatan Yunida Fatwa, S.Sos, M.Si. Dalam acara ini juga hadir Ketua Pengadilan Negeri diwakili Eva Khoerizqiah, SH.

Dari Rp1.039.000.000 dana yang dialokasikan untuk ini, tercatat Rp170.520.000 dititipkan di Pengadilan Negeri Payakumbuh. Pasalnya, tanah milik keluarga SM. Dt. Naro Anso nan Mangiang dan Burhanas ini, masih dalam persoalan internal keluarga. “Jika persoalan ini tuntas, pihak Pengadilan Negeri, akan mengeluarkannya buat keluarga yang berhak. Tapi, pembebasan tanah ini sudah klar, dan pembangunan fisiknya sudah bisa dilakukan,” sebut Asisten I Yoherman.

Melalui Yoherman, Walikota Payakumbuh Riza Falepi, memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pemilik tanah dan bangunan yang berjumlah 10 oran itu. “Kita puas dan lega, warga setempat memberikan partisipasi yang tinggi dengan menyerahkan tanah dan bangunannya, buat pelebaran jalan menuju TPA Regional ini,” sebut walikota.

Pembangunan jalan sepanjang lebih kurang 2 Km dengan lebar badan jalan 12 meter itu, sepenuhnya dikerjakan Dinas Prasjal Tarkim Sumatera Barat. Menurut rencana, dalam Juni atau Juli mendatang sudah dikerjakan rekanan pelaksananya.

TPA Regional di Kelurahan Kapalo Koto itu, bukan hanya menampung sampah Kota Payakumbuh saja, tapi juga buat menampung sampah dari lima kota dan kabupaten tetangga, Bukittinggi, Padangpanjang, Batusangkar, Agam dan Limapuluh Kota. Pihak UPT-TPA Provinsi Sumatera Barat, merencanakan akan melengkapi peralatan pembilahan sampah di TPA Regional Kapalo Koto dalam tahun anggaran berjalan ini.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img