29 C
Padang
Selasa, Mei 21, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

F.Kep Unand Peduli Kesehatan di Pesantren
F

Kategori -
- Advertisement -

Oleh : Dosen Fakultas Keperawatan Unand
Ns. Sovia Susianty, M.Kep

Amanat Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 pasal 28 H Ayat 1 menyatakan bahwa setiap orang berhak untuk memperoleh pelayanan kesehatan, tidak terkecuali bagi masyarakat dilingkungan pesantren. Pemberdayaan masyarakat di Pondok Pesantren merupakan salah satu strategi mewujudkan Masyarakat yang Sehat, Mandiri, dan Berkeadilan.

Fakultas Keperawatan Universitas Andalas melalui kegiatan Pengabdian Masyarakat melakukan upaya  fasilitasi, agar warga pondok pesantren mengenal masalah yang dihadapi, merencanakan dan melakukan upaya pemecahannya dengan memanfaatkan potensi setempat sesuai situasi, kondisi dan kebutuhan setempat.

Dalam kunjungan Dosen Fakultas Keperawatan yang diketuai oleh ibu Ns. Sovia Susianty, M.Kep ke pesantren berjumpa dengan pimpinan pondok pesantren Buya Mahyudin Salif Tk. Sutan dikatakan  bahwa masalah kesehatan yang terjadi di pesantren sebagai salah satu hal yang menyebabkan terganggunya pencapaian para santri dalam belajar.

Buya Mahyudin Salif Tk Sutan menceritakan Pondok Pesantren Madrasah Tarbiyah Islamiyah (PPMTI) Batang kabung merupakan pondok pesantren yang berada di kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah merupakan salah satu lembaga pendidikan keagamaan swasta yang ada di kota padang. Pondok pesantren ini merupakan pengembangan dari Pondok Pesantren Umum dengan pola Salafiyah yang pada awalnya didirikan oleh dua orang ulama yaitu syeikh H. Salif Tuanku Sutan dan Syeikh. H. Imam Maulana pada tahun 1966 dengan system halaqah atau duduk bersila. Dari tahun ketahun pondok pesantren ini semakin berkembang.

Lebih jauh lagi bercerita tentang permasalah kesehatan yang sering dialami santri yang saat ini berjumlah +-600 orang, adalah gatal-gatal/ scabies, sakit perut, demam, pusing dan sakit kepala dan ISPA. Observasi keliling pesantren dengan pimpinan juga didapati permasalahan terkait sanitasi, ruangan dan bangunan, serta perilaku masyarakat di pesantren khususnya santri juga menjadi perhatian tim dosen untuk dapat menyusun rencana kerja pengabdian pada masyarakat pesantren Batang Kabung. Sebagai mitra dalam kegiatan pengabdian masyarakat, Prinsip pemberdayaan masyarakat pesantren menjadi acuan bagi fakultas keperawatan  Universitas Andalas dalam meningkatkan peran serta akademisi menjaga kesehatan masyarakat.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img