32 C
Padang
Senin, Januari 18, 2021
Beritasumbar.com

Ekspor Sawit Mulai Membaik pada Oktober
E

Kategori -

Kinerja industri sawit nasional mengalami pembalikan positif pada Oktober 2014 setelah mengalami penurunan ekspor selama sembilan bulan sebelumnya. Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) mencatat volume ekspor sawit Indonesia selama Januari-Oktober sebesar 17,53 ton, meningkat 350 ribu ton (2 persen) dibandingkan dengan pencapaian periode yang sama tahun lalu 17,18 juta ton.

“Kami terbantu oleh ekspor di bulan Oktober yang meningkat tipis. Kendati demikian secara umum masih stagnan karena harga jualnya masih rendah,” jelas Direktur Eksekutif Gapki Fadhil Hasan kepada CNN Indonesia, Rabu malam (26/11).

Fadhil mengungkapkan permintaan sawit pada Oktober meningkat signifikan, dengan volume ekspor mencapai 2,4 juta ton atau naik dari bulan sebelumnya 1,69 juta ton. “China dan India yang sebelumnya melemah, pada Oktober meningkat. Terutama ke India yang meningkat tajam dari 205 ribu ton pada September menjadi 733 ribu ton pada Oktober,” jelas Fadhil.

Demikian pula dari sisi harga, lanjut Fadhil, terjadi kenaikan tipis dari rata-rata US$ 712 per metrik ton menjadi US$ 717 per metrik ton. “Kenaikan harga sangat tipis, kemungkinan karena aksi jual-beli atau karena bea keluar kita yang nol (persen),” katanya.

Secara umum, Gapki memperkirakan stagnasi masih akan terjadi pada industri sawit pda tahun ini. Peluang ekspor sawit untuk tumbuh atau turun pad atahun ini sama besar, tergantung dari kinerja pedagangan November dan Desember 2014.

“November-Desember tahun lalu itu di atas 2 juta ton, kalau melihat siklusnya pada November-Desember memang tinggi,” katanya.

Peluang dan Tantangan 2015

Fadhil Hasan menambahkan stagnasi kemungkinan masih akan terjadi pada tahun depan jika melihat tren permintaan dan harga komoditas di pasar global yang belum membaik. Namun, ada peluang dari dalam negeri untuk bisa mengompensasi penurunan ekspor, yakni dari kebijakan pemerintah mendorong penggunaan biofuel.

“Kalau pemerintah melalui program biodieselnya bisa menyerap sesuai target yang diinginkan, maka akan mendorong peningkatan harga sawit,” katanya.

Intinya, lanjut Fadhil, dari sisi harga jual sawit akan sangat dipengaruhi oleh faktor permintaan dan harga komoditas, terutam aharga minyak mentah dunia. Sementara dari sisi produksi akan lebih banyak dipengaruhi oleh kebijakan penggunaan biofuel dan larangan penggunaan lahan gambut sebagai areal perkebunan.

“Tantangannya dari dalam negeri yaitu Peraturan Pemerintah (PP) No.17 tahun 2014 soal moratorium pembukaan izin lahan gambut masih akan menjadi tantangan,” katanya.

Sebagai informasi, PP No.17 tahun 2014 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Ekosistem Gambut mewajibkan Menteri Lingkungan Hidup menetapkan fungsi lindung ekosistem gambut paling sedikit 30 persen dari seluruh luas kesatuan hidrologis.

Beleid tersebut juga melarang setiap orang untuk membuka lahan di ekosistem gambut dengan fungsi lindung, membuat saluran drainase yang mengakibatkan gambut menjadi kering, membakar lahan gambut, sert amelakukan kegiatan lain yang mengakibatkan terlampauinya kriteria baku kerusakan Ekosistem Gambut.

Dalam menyikapi dinamika dan tantangan yang akan terjadi, Gapki kembali menggelar Konferensi Minyak Kelapa Sawit (IPOC) 2015 di The Trans Luxury Hotel, Jalan Gatot Subroto, Bandung. Presiden joko Widodo dijadwalkan hadir pada acara yang berlangsung sejak kemarin (26/11) sampai dengan lusa (28/11).

(ags/ags/cnn indonesia)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Irfendi Arbi Serahkan APD Bantuan Donatur

Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi menyerahkan bantuan mesin hand sprayer, cairan desinfektan, masker dan hand sanitizer serta vitamin bagi sekolah-sekolah, kantor wali nagari, kantor camat dan lainnya di Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Limapuluh Kota. Ia berharap bantuan donatur yang disalurkan melalui forum peduli Sumatera Barat itu mampu mencegah penyebaran Covid-19 di daerah ini.
- Advertisement -

Asrama Putri Pesantren Cahaya Islam Payakumbuh Terbakar

Kebakaran hebat terjadi di Lingkungan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara, Sabtu (16/1) dini hari. Gedung Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam terbakar sekitar pukul 01.10 WIB.

Kinerja Penyelesaian Perkara Pengadilan Agama Tanjung Pati Di Tahun 2020 Alami Peningkatan

Selama tahun 2020,kinerja pengadilan agama Tanjung Pati di Kecamatan Harau Kabupaten Limapuluh Kota mengalami peningkatan.
- Advertisement -

Erwin Yunaz Pimpin Goro Di Gedung Asrama Ponpes CI Yang Terbakar

Wakil Wali Kota Erwin Yunaz memimpin gotong royong pembersihan dan pembenahan puing-puing bekas kebakaran yang menimpa Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam di Lingkungan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara Minggu (17/1) pagi.

Beny Dwifa Yuswir Terpilih Secara Aklamasi Sebagai Ketua DPD Golkar Sijunjung

Beny Dwifa Yuswir, Bupati terpilih,mendapat Amanah secara aklamasi menjadi Ketua Dewan Pimpinan Daerah ( DPD) Partai Golkar Kabupaten Sijunjung, priode 2020-2025, dalam Musyawarah Daerah ( Musda) X Partai Golkar Kabupaten Sijunjung, di Gedung Pancasila Muaro. Minggu ( 17/1).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Yakin diminati warga, MS Glow hadir di Payakumbuh

Payakumbuh, BeritaSumbar.com - Salah satu produk skin care dan kosmetik yang banyak digemari di pasar daring, toko MS Glow hadir di Kota Payakumbuh, Sumatera...

Ketua DPRD Sumbar Sebut Pasar Ekraf Geliatkan Ekonomi

Payakumbuh, BeritaSumbar.com - Ketua DPRD Sumbar Supardi menilai kehadiran pasar ekonomi kreatif (ekraf) merupakan salah satu upaya untuk menghidupkan kembali Usaha Mikro Kecil Menengah...

Nasrul Abit Apresiasi Pasar Ekraf di Payakumbuh

Payakumbuh BeritaSumbar.com - Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abid menilai Pasar Ekonomi Kreatif (Ekraf) yang digelar di Kota Payakumbuh merupakan salah satu langkah untuk kembali...

Gaji THL di Payakumbuh dipastikan berkurang pada 2021

Payakumbuh, BeritaSumbar.com - Meski sempat mendapatkan penolakan dari seluruh anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), gaji Tenaga Harian Lepas di Kota Payakumbuh dipastikan akan...

Pasar Ekraf Payakumbuh Berikan Peluang Bagi Pelaku Kuliner Tradisional Saat Pandemi Covid-19

Payakumbuh, Beritasumbar.com - Pasar ekonomi kreatif (ekraf) di Kota Payakumbuh, Sumatera Barat tidak hanya untuk promosi wisata, tapi juga berdampak kepada pelaku kuliner tradisional...

Menanam Bunga Krokot, Hobi Membawa Berkah Ditengah Pandemi Covid-19

Padang,BeritaSumbar.com,- Di masa pandemi Covid-19, banyak orang yang boring akan keadaan yang tak lazimnya seperti saat ini, hanya berdiam dan hampir semua aktivitas dilakukan...

Di Hari Pahlawan Para Kooperator Indonesia Gelar Diskusi Daring Dengan Tema “Inisiasi Pendirian dan Deklarasi Partai Koperasi di Indonesia”

Bertepatan dengan Hari Pahlawan pada Selasa, 10 November 2020, pukul 20.00-22.00 WIB, sejumlah aktivis koperasi atau yang biasanya disebut sebagai kooperator di Indonesia menyelenggarakan...

Padang Panjang Latih Koperasi Mengelola Pembiayaan Berbasis Syariah

Padang Panjang, www.beritasumbar.com - Pemerintah Kota Padang Panjang ke depannya akan menerapkan sistem perekonomian syariah, untuk itu Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM menggelar...

APBD Payakumbuh 2021 Defisit, Ini Penyebabnya

Payakumbuh , www.beritasumbar.com - Perintah Kota Payakumbuh mulai bahas Anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Tahun 2021 bersama dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) setempat dalam...

Kolaborasi Noka dan ALKO Berdayakan Petani Kerinci di Tengah Pandemi

Kedai kopi asal Bandung, Noka Coffee, meluncurkan outlet kedua mereka di kota Padang, Sumatera Barat Sabtu 9 Oktober 2020. Sebagai brand yang mengedepankan tema...
- Advertisement -