30 C
Padang
Kamis, Agustus 5, 2021
Beritasumbar.com

Ekspor Sawit Mulai Membaik pada Oktober
E

Kategori -

Kinerja industri sawit nasional mengalami pembalikan positif pada Oktober 2014 setelah mengalami penurunan ekspor selama sembilan bulan sebelumnya. Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) mencatat volume ekspor sawit Indonesia selama Januari-Oktober sebesar 17,53 ton, meningkat 350 ribu ton (2 persen) dibandingkan dengan pencapaian periode yang sama tahun lalu 17,18 juta ton.

“Kami terbantu oleh ekspor di bulan Oktober yang meningkat tipis. Kendati demikian secara umum masih stagnan karena harga jualnya masih rendah,” jelas Direktur Eksekutif Gapki Fadhil Hasan kepada CNN Indonesia, Rabu malam (26/11).

Fadhil mengungkapkan permintaan sawit pada Oktober meningkat signifikan, dengan volume ekspor mencapai 2,4 juta ton atau naik dari bulan sebelumnya 1,69 juta ton. “China dan India yang sebelumnya melemah, pada Oktober meningkat. Terutama ke India yang meningkat tajam dari 205 ribu ton pada September menjadi 733 ribu ton pada Oktober,” jelas Fadhil.

Demikian pula dari sisi harga, lanjut Fadhil, terjadi kenaikan tipis dari rata-rata US$ 712 per metrik ton menjadi US$ 717 per metrik ton. “Kenaikan harga sangat tipis, kemungkinan karena aksi jual-beli atau karena bea keluar kita yang nol (persen),” katanya.

Secara umum, Gapki memperkirakan stagnasi masih akan terjadi pada industri sawit pda tahun ini. Peluang ekspor sawit untuk tumbuh atau turun pad atahun ini sama besar, tergantung dari kinerja pedagangan November dan Desember 2014.

“November-Desember tahun lalu itu di atas 2 juta ton, kalau melihat siklusnya pada November-Desember memang tinggi,” katanya.

Peluang dan Tantangan 2015

Fadhil Hasan menambahkan stagnasi kemungkinan masih akan terjadi pada tahun depan jika melihat tren permintaan dan harga komoditas di pasar global yang belum membaik. Namun, ada peluang dari dalam negeri untuk bisa mengompensasi penurunan ekspor, yakni dari kebijakan pemerintah mendorong penggunaan biofuel.

“Kalau pemerintah melalui program biodieselnya bisa menyerap sesuai target yang diinginkan, maka akan mendorong peningkatan harga sawit,” katanya.

Intinya, lanjut Fadhil, dari sisi harga jual sawit akan sangat dipengaruhi oleh faktor permintaan dan harga komoditas, terutam aharga minyak mentah dunia. Sementara dari sisi produksi akan lebih banyak dipengaruhi oleh kebijakan penggunaan biofuel dan larangan penggunaan lahan gambut sebagai areal perkebunan.

“Tantangannya dari dalam negeri yaitu Peraturan Pemerintah (PP) No.17 tahun 2014 soal moratorium pembukaan izin lahan gambut masih akan menjadi tantangan,” katanya.

Sebagai informasi, PP No.17 tahun 2014 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Ekosistem Gambut mewajibkan Menteri Lingkungan Hidup menetapkan fungsi lindung ekosistem gambut paling sedikit 30 persen dari seluruh luas kesatuan hidrologis.

Beleid tersebut juga melarang setiap orang untuk membuka lahan di ekosistem gambut dengan fungsi lindung, membuat saluran drainase yang mengakibatkan gambut menjadi kering, membakar lahan gambut, sert amelakukan kegiatan lain yang mengakibatkan terlampauinya kriteria baku kerusakan Ekosistem Gambut.

Dalam menyikapi dinamika dan tantangan yang akan terjadi, Gapki kembali menggelar Konferensi Minyak Kelapa Sawit (IPOC) 2015 di The Trans Luxury Hotel, Jalan Gatot Subroto, Bandung. Presiden joko Widodo dijadwalkan hadir pada acara yang berlangsung sejak kemarin (26/11) sampai dengan lusa (28/11).

(ags/ags/cnn indonesia)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Happy Neldy Ketua DPC Gerindra Padang Pariaman Galang Dana Bantuan Untuk Gilang Penderita Kanker Hati

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com,-Kepedulian Partai Gerindra terhadap masyarakat kurang mampu terkhusus kepada warga yang menderita penyakit terus mengalir bantuan, setidaknya dapat meringankan kehidupan mereka.
- Advertisement -

Mewujudkan Zona Integritas, Kakankemenag Lakukan Pembinaan ASN

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Selesai acara Pelantikan Pejabat dan Serah Terima Jabatan Kepala Seksi Penmad Kankemenag Kota Padang Panjang, acara dilanjutkan dengan Pembinaan ASN dilingkungan Kemenag Kota Padang Panjang tentang Zona Integritas (ZI) oleh Kakankemenag H.Gusman Piliang didampingi oleh Kasubbag TU H. Bustami di Aula Kankemenag, Senin, (02/08/2021)

Instruksi Gubernur Sumbar Dalam Memperingati HUT ke-76 Kemerdekaan RI

Padang,BeritaSumbar.com,-Gubernur Sumatera Barat secara resmi menginstruksikan jajaran pemerintahan dan seluruh masyarakat di Sumbar untuk turut serta dalam peringatan HUT Kemerdekaan ke-76 RI.
- Advertisement -

Mewujudkan Zona Integritas, Kakankemenag Lakukan Pembinaan ASN

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Selesai acara Pelantikan Pejabat dan Serah Terima Jabatan Kepala Seksi Penmad Kankemenag Kota Padang Panjang, acara dilanjutkan dengan Pembinaan ASN dilingkungan Kemenag Kota Padang Panjang tentang Zona Integritas (ZI) oleh Kakankemenag H.Gusman Piliang didampingi oleh Kasubbag TU H. Bustami di Aula Kankemenag, Senin, (02/08/2021)

Kuliah Daring, Belajar Sambil Bekerja Di Masa Pandemi

Penerapan Kuliah Daring berawal sejak pandemi Covid-19 pada bulan Maret tahun 2020 di Indonesia, dimana segala aktivitas perkuliahan di lakukan melalui Program Daring, adapun beragam fitur media sosial di gunakan untuk bertatap muka guna kegiatan tersebut antara lain ; Zoom Meeting, Google Meet, WAG, E-Learning,serta aplikasi media lainnya.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

School of Randang Sebagai Wisata Gastronomi Kota Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Tantangan kedepan dari kepala daerah adalah bagaimana membangun network dan komunikasi, tetapi yang perlu digaris bawahi adalah sumber daya manusia (SDM) di dalam tentu perlu untuk mereka benahi.

Investasi Cryptocurrency Naik Signifikan

Padang,- Investasi beberapa Cryptocurrency mengalami Kenaikan signifikan pada 2021, Triliunan Rupiah terserap dalam investasi ini

Padang Pariaman Bantu Alsintan Untuk 22 Kelompok Tani

Pariaman, beritasumbar.com - Dalam rangka meningkatkan produktifitas para petani, Pemkab Kabupaten Padang Pariaman memberikan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan). Penyerahan bantuan alat pertanian kepada 20...

Bukittinggi Siap Menuju Pusat Kuliner dengan Konsep Malioboro

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Sebagai pusat kunjungan wisatawan di Sumatera Barat, Kota Bukittinggi terus berbenah. Tidak hanya pada objek wisatanya, pusat kuliner juga menjadi perhatian...

DPRD Lima Puluh Kota Dorong Pemda Tangkap Peluang Ekonomi Yang Ditawarkan Gubernur Jawa Barat

Lima Puluh Kota,  - Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota Deni Asra mendorong pemerintah daerah setempat agar segera mengambil peluang ekonomi yang ditawarkan Gubernur...

Terkait Kebijakan Impor Beras, ini Komentar PPI

Jakarta,-Pemerintah baru saja memutuskan untuk melakukan impor beras 1 juta ton dan menugaskan Bulog untuk melaksanakan kebijakan impor tersebut. Terkait dengan kebijakan tersebut, PPI merasa perlu untuk menyampaikan pandangan

Permata Bank dan Astra Life Luncurkan AVA iFamily Protection

Produk e-bancassurance inovatif hasil kolaborasi PermataBank dan Astra Life yang memberikan santunan rawat inap hingga Rp3jt per hari, hadirkan produk perlindungan dan layanan terbaik yang terdigitalisasi bagi keluarga Indonesia

NYALA | OCBC NISP Luncurkan Solusi Finansial Fitness Guna Membangun Generasi Indonesia yang Financially Fit

Solusi Financial Fitness by NYALA OCBC NISP fokus membangun generasi Indonesia agar memiliki pengetahuan, kebiasaan dan mindset finansial yang tepat. Solusi Financial Fitness hadirkan lebih dari sekadar produk keuangan, ini adalah program pendampingan keuangan untuk membawa Indonesia melaju jauh menjadi salah satu kekuatan ekonomi terbesar di dunia pada tahun 2045.

Wujudkan Transaksi di Sumbar Berbasis Syariah, Ini Harapan Mahyeldi dan Wako Payakumbuh

Payakumbuh, beritasumbar.com - Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Sumatera Barat mengharapkan masyarakat lebih paham dengan ekonomi syariah serta ke depannya semua transaksi keuangan di daerah...

DEREKSI hadir di Padang

Hallo Sumbar. YEAY!! 🤗 DEREKSI hadir di Padang niiih 😍😍 Khawatir tidak efektif? Dengerin dulu testimoni dari alumni kita 😊
- Advertisement -