24.7 C
Padang
Sabtu, Juli 31, 2021
Beritasumbar.com

Rakor Ketahanan Pangan Kota Padang Tahun 2014
R

Kategori -

Kantor Ketahanan Pangan Kota Padang melaksanakan rapat koordinasi dewan ketahanan pangan Kota Padang tahun 2014. Rapat tersebut menghadirkan tiga orang nara sumber Dr.Ir.feri Arlius, M.Sc dari Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Andalas. Ir. Efendi, MS Kepala Badan Tahanan Pangan Sumbar, Ir. Heriyanto Rustam Kepala Dinas Pertanian Peternakan Perkebunan dan Kehutanan Kota Padang. Tujuan rapat koordinasi Dewan Ketahanan Pangan adalah mengoptimalkan keberadaan kelembagaan structural ketahanan pangan dan kelembagaan dewan Ketahanan Pangan di Kota Padang.

Demikian disampaikan Kepala Badan Ketahanan Pangan Kota Padang Tarmizi Ismail di hotel Bumi Minang, Rabu (26/11). Sekaligus menyamakan persepsi , gerak dan langkah dalam pemantapan ketahanan pangan Padang Kota tercinta ini. Meningkatkan koordinasi, integrasi dan singkronisasi serta mengevaluasi program atau kegiatan yang telah dilaksanakan serta permasalahan yang dihadapi dan ini sebagai implementasi hasil kesepakatan Walikota selaku ketua Dewan Ketahanan Pangan Kota Padang.

Sasaran yang ingin dicapai, yakni menghasilkan rumusan kebijakan untuk menjawab permasalahan kegiatan pangan dilapangan. Menghasilkan konsep revitalisasi dewan Ketahanan dalam koordinasi dengan Dinas/instansi terkait. Peserta rapat sebanyak 50 orang utusan, dari SKPD terkait.

Sedangkan Ir. Efendi, MS Kepala Badan Tahanan Pangan Sumbar mengemukakan tentang singkronisasi pembangunan ketahanan pangan dengan mengembangkan gerakan kesejahteraan pertanian dan agrowisata dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat. Tujuan pertamanya pembangunan pertanian adalah memperbaiki taraf hidup masyarakat. Dan Agrowisata itu dapat memunculkan peluang bagi petani local untuk meningkatkan pendapatan dan meningkatkan taraf hidup serta kelangsungan operasionalnya.

Setelah menjadikan sarana yang baik untuk mendidik orang banyak/masyarakat tentang pentingnya pertanian dan kontribusinya untuk perekonomian secara luas dan meningkatkan mutu hidup. Manfaat angrowisata bagi yang melihat dan berkunjung adalah menjalin hubungan kekeluargaan dengan petani atau masyarakat local. Meningkatkan kesehatan dan kesegaran tubuh. Beristirahat dan menghilangkan kejenuhan. Memperoleh makanan yang benar-benar alami (Organic Food).

Dr. Ir. Feri Arlius,M.Sc dari Fakultas Teknologi Pertanian Unand menyampaikan “Pengembangan Pertenian Perkotaan” dan manfaat pertanian perkotaan adalah penyelamatan lingkungan dengan pengelolaan sampah Reuse dan Recycle. Menciptakan kota yang bersih dengan pelaksanaan 3 R ( Reuse, Reduse, Recycle) untuk mengelola sampah kota. Menghasilkan O2 dan meningkatkan kualitas lingkungan Kota. Meningkatkan estetika kota. Bahan pangan lebih segar pada saat sampai ke konsumen yang merupakan orang kota. Menjadi penghasilan tambahan bagi penduduk kota.

Sedangkan keuntungan pertanian Kota, kata Feri Arlius adalah meningkatkan persediaan pangan. Meningkatkan nutrisi yang banyak kaum miskin kota. Meningkatkan kesehatan masyarakat. Membuka lapangan kerja/mengurangi pengangguran. Meningkatkan solidaritas komunitas dan mengurangi kemungkinan konflik social.

Peningkatan penghasilan masyarakat , meningkat jumlah wiraswasta dan meningkat produktivitas lingkungan kota. Modelnya adalah memanfaatkan lahan tidur dan lahan kritis. Memanfaatkan ruang terbuka hijau. Mengoptimalkan kebun dan pekarangan sekitar rumah dan kantor. Menggunakan ruang terbatas/sempit.

Ir. Heriyanto Rustam Kepala Dinas Pertanian Peternakan Perkebunan dan Kehutanan Kota Padang mengekukan konsep pertanian perkotaan berbasis pertanian organic, mampu menciptakan pangan yang sehat dan aman untuk dikonsumsi. Program ini potensial untuk dikembangkan karena saling mendukung tercapainya Indonesia hijau juga merupakan wujud gerakan pemberdayaan masyarakat yang dimotori kaum perempuan sebagai garda terdepan dalam mendukung ketahanan pangan dan ketahanan ekonomi rumah tangga. Semakin berkiprah dalam pelestarian lingkungan. Sehingga kesadaran tentang lingkungan inlah yang menjadi kata kunci dari kesuksesan program ini.

Konsep pertanian perkotaan dapat didefinisikan sebagai setiap bentuk usaha, komersial ataupun, yang berkaitan dengan produksi, distribusi, serta konsumsi dari bahan pangan atau hasil pertanian lainnya yang dilakukan di lingkungan perkotaan. Dan bentuk pertanian perkotaan yang lain adalah memanfaatkan kemajuan teknologi seperti hidropohik dan berbagai bentuk pertanian lainnya.Pertanian perkotaan, apabila dilakukan dengan baik dan memperhatikan aspek-aspek lingkungan mempunyai banyak keuntungan yakni keuntungan social, ekonomi dan lingkungan. (rfk/humas padang)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

617 Siswa SLTP Dan SLTA Dapat Bantuan Beasiswa Dari Program Sijunjung Cerdas

Sijunjung, Berita Sumbar--Sebanyak 617 Orang Siswa SLTP dan SLTA sekabupaten Sijunjung mendapat bantuan biaya pendidikan dari program Sijunjung Cerdas Tahap l tahun 2021, dana untuk Mustahik yang dikelola Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Sijunjung. Adapun nilai bantuan yang diserahkan hari ini senilai Rp. 186.850.000, (Seratus Delapan Puluh Enam Juta Delapan Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah), penyerahaan diberikan oleh Bupati secara simbolis kepada sekolah kata Ketua Baznas Sijunjung H. Hidayattullah, Muaro Sijunjung hari ini.
- Advertisement -

8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru

Cerita Berseri, Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 4/1000 cerita “8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru” Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Sebutan 8...

Tiga ASN Kankemenag Padang Panjang Mengikuti Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Pejabat Fungsional Penyuluh Agama Islam Melalui Jalur Penyesuaian/Inpassing

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Tiga ASN Kankemenag Kota Padang Panjang mengikuti Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Pejabat Fungsional Penyuluh Agama Islam melalui Jalur Penyesuaian/Inpassing, Selasa (27/07/2021).
- Advertisement -

Mahasiswa KKN Unand Padang Lakukan kegiatan bagi-bagi masker dan hand sanitizer buatan sendiri.

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Sebanyak 18 mahasiswa Universitas Andalas Padang angkatan 2018 yang dari berbagai jurusan melaksanakan bakti masyarakat di kelurahan Bulakan Balai Kandi kecamatan Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh.

ACT Cabang Pasaman Barat Salurkan 10 Ekor Sapi Qurban

Pasaman Barat. BeritaSumbar.com,- Aksi Cepat Tanggap ( ACT ) Cabang Pasaman Barat mendistribusikan 10 ekor sapi Qurban untuk masyarakat berbagai daerah di Pasaman Barat. Pendistribusian dilakukan dari tanggal 20 sampai 23 Juli 2021.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

School of Randang Sebagai Wisata Gastronomi Kota Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Tantangan kedepan dari kepala daerah adalah bagaimana membangun network dan komunikasi, tetapi yang perlu digaris bawahi adalah sumber daya manusia (SDM) di dalam tentu perlu untuk mereka benahi.

Investasi Cryptocurrency Naik Signifikan

Padang,- Investasi beberapa Cryptocurrency mengalami Kenaikan signifikan pada 2021, Triliunan Rupiah terserap dalam investasi ini

Padang Pariaman Bantu Alsintan Untuk 22 Kelompok Tani

Pariaman, beritasumbar.com - Dalam rangka meningkatkan produktifitas para petani, Pemkab Kabupaten Padang Pariaman memberikan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan). Penyerahan bantuan alat pertanian kepada 20...

Bukittinggi Siap Menuju Pusat Kuliner dengan Konsep Malioboro

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Sebagai pusat kunjungan wisatawan di Sumatera Barat, Kota Bukittinggi terus berbenah. Tidak hanya pada objek wisatanya, pusat kuliner juga menjadi perhatian...

DPRD Lima Puluh Kota Dorong Pemda Tangkap Peluang Ekonomi Yang Ditawarkan Gubernur Jawa Barat

Lima Puluh Kota,  - Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota Deni Asra mendorong pemerintah daerah setempat agar segera mengambil peluang ekonomi yang ditawarkan Gubernur...

Terkait Kebijakan Impor Beras, ini Komentar PPI

Jakarta,-Pemerintah baru saja memutuskan untuk melakukan impor beras 1 juta ton dan menugaskan Bulog untuk melaksanakan kebijakan impor tersebut. Terkait dengan kebijakan tersebut, PPI merasa perlu untuk menyampaikan pandangan

Permata Bank dan Astra Life Luncurkan AVA iFamily Protection

Produk e-bancassurance inovatif hasil kolaborasi PermataBank dan Astra Life yang memberikan santunan rawat inap hingga Rp3jt per hari, hadirkan produk perlindungan dan layanan terbaik yang terdigitalisasi bagi keluarga Indonesia

NYALA | OCBC NISP Luncurkan Solusi Finansial Fitness Guna Membangun Generasi Indonesia yang Financially Fit

Solusi Financial Fitness by NYALA OCBC NISP fokus membangun generasi Indonesia agar memiliki pengetahuan, kebiasaan dan mindset finansial yang tepat. Solusi Financial Fitness hadirkan lebih dari sekadar produk keuangan, ini adalah program pendampingan keuangan untuk membawa Indonesia melaju jauh menjadi salah satu kekuatan ekonomi terbesar di dunia pada tahun 2045.

Wujudkan Transaksi di Sumbar Berbasis Syariah, Ini Harapan Mahyeldi dan Wako Payakumbuh

Payakumbuh, beritasumbar.com - Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Sumatera Barat mengharapkan masyarakat lebih paham dengan ekonomi syariah serta ke depannya semua transaksi keuangan di daerah...

DEREKSI hadir di Padang

Hallo Sumbar. YEAY!! 🤗 DEREKSI hadir di Padang niiih 😍😍 Khawatir tidak efektif? Dengerin dulu testimoni dari alumni kita 😊
- Advertisement -