26 C
Padang
Selasa, Januari 19, 2021
Beritasumbar.com

DPD-RI Gelar FGD Himpun Aspirasi
D

Kategori -

Padang – Komite IV bidang Ekonomi dan Anggaran DPD RI menggelar Fokus Grup Diskusi (FGD) bersama pemerintah daerah dan akademisi dalam rangka menghimpun aspirasi publik daerah Sumatera Barat (Sumbar), terkait RAPBN 2016 di Kampus Universitas Andalas (UNand) Padang Sumbar Kamis .

“Untuk mendukung fungsi pertimbangan dan pengawasan serta perimbangan keuangan pusat dan daerah, maka kami bersama Budged Office DPD RI, menggelar FGD ini,” ujar Pimpinan Komite IV DPD RI, Ghazali Abbas, di Padang.

Dia menyampaikan fungsi dari FGD tersebut, yakni untuk mendapatkan pandangan dan masukan yang komprehensif sesuai dengan aspirasi publik dan daerah dalam penyusunan pertimbangan terhadap RUU dan RAPBN.

Sehingga, lanjutnya, rancangan rencana anggaran tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat dan daerah, sekaligus tidak menyebabkan silfa atau pembangunan yang tidak tepat sasaran.

Menurutnya banyak program daerah yang masuk dalam RAPBN tanpa ada perimbangan dan analisis kebutuhan dari pemerintah, dan hasilnya dianggarkan dalam APBN, sehingga aplikasinya tidak bermanfaat bagi masyarakat.

“Ironis sekali, membangun bangunan dengan anggaran triliunan namun tidak ada manfaat bagi masyarakat, akibatnya bangunan tidak berfungsi dan terbengkalai,” ujarnya.

Oleh sebab itu katanya, Komite IV dan Budget Office DPD RI menyelenggarakan FGD ini, dengan tema pokok-pokok pikiran dalam penyusunan RAPBN 2016.

Sementara itu Gubernur Sumbar yang diwakilkan oleh Staf Ahli Gubernur bidang Ekonomi dan Keuangan, Hansasri mengapresiasi FGD yang diselenggarakan DPD RI, Ia mengatakan DPD RI sebagai lembaga negara mengemban tanggungjawab memperjuangkan aspirasi rakyat dan daerah sesuai dengan perkembangan kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Seperti di Sumbar, yang memiliki karakter kebutuhan ekonomi yang berbeda dengan daerah lain, dimana 98 persen usaha mikro berkembang dengan lebih pesat ketimbang usaha makronya sehingga anggaran yang dibutuhkan tentunya sesuai dengan kebutuhan Sumbar,” katanya.

Sebelumnya Sekretariat Bidang Kerjasama Unand melaporkan bahwa dalam FGD tersebut, dihadiri oleh instansi pemerintahan provinsi dan kabupaten, dan staf dosen Unand.

Adapun narasumber yang tampil pada FGD tersebut antara lain Kepala Bappeda Provinsi Sumbar Afriadi Laudin, Kepala Bappeda Sumatera Utara Arsyad, akademisi Unand Dr. Hefrizal Handral. M.Soc.Sc, dan Joan Marta, SE, M.SI dari Universitas Negeri Padang.

 

Sumber: Antara/Oleh M R Denya Utama
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Hadapi Pemberian Vaksin, Payakumbuh Siapkan 49 Vaksinator

Payakumbuh, beritasumbar.com - Menghadap pemberian vaksin, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat meyiapkan 49 tenaga vaksin. Petugas tersebut yang akan memberikan vaksin...
- Advertisement -

Hadapi Pemberian Vaksin, Payakumbuh Siapkan 49 Vaksinator

Payakumbuh, beritasumbar.com - Menghadap pemberian vaksin, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat meyiapkan 49 tenaga vaksin. Petugas tersebut yang akan memberikan vaksin...

Polres Payakumbuh Rekonstruksi Pembunuhan Di Situjuah, 40 Adegan Diperagakan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan di Jorong Bumbuang, Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota yang terjadi saat hari H...
- Advertisement -

Silaturahmi Dengan Paguyuban Jawa Di Payakumbuh, Ini Kata Walikota

Wali Kota Riza Falepi menerima kunjungan dari perwakilan masyarakat suku jawa yang berada di Kota Payakumbuh yang dikenal dengan nama Paguyuban Saduluran Ngapak dan Paguyuban Pakuwojo di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Payakumbuh, Minggu (17/1).

Nagari Koto Tuo Wakili Sijunjung Lomba Kampung Tangguh Tingkat Sumbar

Nagari Koto Tuo Kecamatan IV Nagari, Kabupaten Sijunjung dinilai Tim Kampung Tangguh Provinsi Sumatera Barat, Jumat (15/1). Nagari Koto Tuo mewakili kabupaten Sijunjung dalam penilaian Kampung Tangguh yang akan bersaing dengan nagari lain di Sumbar.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Polri Ambil Langkah Cepat Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) segera mengambil langkah cepat sebagai antisipasi melonjaknya jumlah kasus terkonfirmasi dan kematian akibat COVID-19 periode 1-14 Januari 2021.

Seleksi LTMPT Terbuka untuk Jalur Vokasi

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) siap mendukung seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi vokasi se-Indonesia. Selain Politeknik, perguruan tinggi yang memiliki jalur vokasi dapat bergabung pada seleksi yang khusus dibuka untuk jenjang Diploma IV atau Sarjana Terapan.

Ketua MPR RI Apresiasi, Ormas Surosowan Indonesia Bersatu, yang Peduli Adat dan Budaya Nusantara

Organisasi Masyarakat (Ormas) Surosowan Indonesia Bersatu menjalin silaturahmi dengan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menerima silaturahmi DPP Surosowan Indonesia Bersatu di Black Stone, Jl Proklamasi, Jakarta Pusat pada Kamis (14-01-2021)

Ini Pesan Dewan Kehormatan PWI Sumbar Didepan Peserta KLW

Sebanyak 35 orang wartawan muda Tanah datar mengikuti kegiatan karya latihan wartawan ( KLW) yang diselenggarakan oleh PWI Tanah datar di pendopo Indojalito Kamis (14/01) kemarin.

13 Paket Kecil Sabu Ditemukan Polres Pessel, 3 Tersangka Diamankan

Pesisir Selatan, beritasumbar.com- Tim Ospnal Satnarkoba Polres Pesisir Selatan kembali membekuk tiga orang tersangka penyalagunaan narkoba, berinisial RE (46) warga Pasar 60, Kecamatan Batang...

AMPERA, Komjen. Pol. Dr. Drs. Boy Rafli Amar, M.H Sosok yang tepat menjadi Kapolri

akarta,Minggu (3/1/21). Ditengah akan habisnya jabatan KAPOLRI Idham Aziz Bapak presiden Ir. Joko widodo meminta wakil komisi 3 DPR RI diminta memanggil Komjen. Pol. Dr.Drs. Boy Rafli Amar untuk menjalani ujian kelayakan sebagai KAPOLRI.

Di Hari Jadi Ke 46, Perumda Air Minum Kota Padang Luncurkan Air Minum Dalam Kemasan

Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Padang meluncurkan produk Air Minum Dalam Kemasan ( AMDK) pada momen hari jadinya yang ke-46 tahun, Rabu (30/12) kemaren.

Antisipasi Jadi Zona Merah, Wilayah Zona Oranye Diminta Perketat Penanganan Covid-19

Zona Oranye atau daerah berstatus risiko sedang penularan Covid-19 bukanlah zona yang aman untuk ditempati. Sayangnya, dalam zona ini diisi mayoritas kabupaten/kota di Indonesia. Satgas Penanganan Covid-19 menyoroti sejumlah daerah yang saat ini masih menghuni zona oranye, jumlahnya mencapai 378 kabupaten/kota berdasarkan data terakhir.

Antisipasi Varian Baru Covid-19, Pemerintah Tutup Sementara Perjalanan WNA ke Indonesia

Adanya informasi ditemukannya strain atau varian baru virus Covid-19, yang menurut berbagai data ilimiah memiliki tingkat penyebaran lebih cepat, Pemerintah memutuskan untuk menutup sementara masuknya warga negara asing ke Indonesia sebagai upaya pencegahan.

WMI Kecam Pelecehan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya

Ketua Umum Wahana Muda Indonesia (WMI), Handriansyah mengecam aksi pelecehan yang dilakukan oleh Nitizen Malaysia terhadap lagu Kebangsaan Indonesia Raya dalam sebuah content YouTube, menurutnya hal ini merupakan pelecehan terbesar terhadap harga diri dan Martabat Bangsa Indonesia yang berdaulat.
- Advertisement -