Padang – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Irwan Prayitno mengatakan bahwa terpilihnya kota Padang sebagai tuan rumah pelaksanaan Konferensi yang melibatkan negara di Samudera Hindia atau “IORA” dapat memotivasi masyarakat untuk maju.

“Pelaksanaan IORA di Padang dapat menggugah masyarakat untuk bergiat menggali potensi daerahnya serta menanamkan rasa bangga atas kepercayaan yang diberikan dunia kepada Sumbar,” katanya, di Padang, Kamis.

Dia menjelaskan salah satu bentuk motivasi yang dapat dimiliki masyarakat Sumbar yakni mengutamakan potensi pariwisata.

Menurutnya mulai saat ini masyarakat sudah mulai mengembangkan beberapa objek wisata seperti halnya Mandeh.
Selain itu masyarakat juga sudah bisa mempromosikan kebudayaan dan kuliner khas asli Minang.

Atau mulai melakukan pelestarian alam di sekitar pantai sehingga menimbulkan estetika dan keindahan, imbuhnya.

Kesemua hal tersebut kata Irwan dapat menjadi modal bagi masyarakat untuk menawarkan kepada investor yang akan berkunjung ke Sumbar nantinya.

“IORA harus dimanfaatkan sebaik mungkin oleh masyarakat mengingat saat ini Sumbar dan daerah pesisir barat Sumatera lainnya masih terbilang terbelakang,” ucapnya.

Irwan memaparkan bahwa selama ini masyarakat yang tinggal di pesisir barat Sumatera termasuk Sumbar kalah maju dari yang berada di pesisir timur.

Terutama katanya dalam bidang ekonomi dan kepadatan lalu lintas perdagangan.

Namun dengan adanya IORA ini dunia internasional akan melihat sejauh mana potensi yang ada di Pesisir Barat tersebut, katanya.

Dia berharap dari konferensi dan keberhasilan Indonesia menjadi ketua IORA menjadikan adanya peluang yang besar bagi masyarakat untuk memajukan potensinya di segala bidang, ujarnya.

Sementara itu Direktur Bidang Kerjasama Intra Kawasan Asia Pasifik Afrika Kemlu-RI, Benjamin Carnadi menilai bahwa penunjukkan Padang sebagai tuan rumah IORA adalah tepat.

Sebab menurutnya Padang merupakan kota paling maju di antara Pesisir Barat Sumatera.

Selain itu lokasi Padang yang dekat dengan Cincin Api dunia juga menjadikan kegiatan Konferensi IORA mendatang sangatlah pas dengan isu dunia terkini.

“Tinggal saja masyarakat dapat memaksimalkan potensinya dalam momen IORA tersebut,” ucapnya.

 

Sumber: Antara/Oleh M R Denya Utama
loading...