25 C
Padang
Jumat, September 17, 2021
Beritasumbar.com

DPRD Padang Desak Disdukcapil Tuntaskan Persoalan E-KTP
D

Kategori -

Padang – DPRD Padang Sumatera Barat (Sumbar) mendesak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempat agar segera menuntaskan persoalan 100 ribu penduduk kota itu yang belum mendapatkan elektronik KTP atau e-KTP.

“Sudah masuk pengaduan dari masyarakat yang belum mendapatkan e-KTP meskipun sebagian besar telah melakukan perekaman data sejak 2013 lalu, perlu segera adanya tindak lanjut dari pihak terkait ” kata Anggota Komisi I DPRD Kota Padang Faisal Nasir, di Padang, Kamis.

Kader Partai PAN ini menyayangkan kurang tangkasnya dinas tersebut dalam menyelesaikan persoalan itu, ditambah tahun ini masyarakat Padang akan menghadapi Pemilihan Gubernur (Pilgub).

Menurutnya, persoalan ini tidak bisa dianggap enteng, sehingga melambatkan penyelesaianya, dan Disdukcapil harus bertanggungjawab dalam penyelesaian persoalan itu.

“Kita sudah menganggarkan dalam APBD terkait operasional dinas yang menangani e-KTP ini, mulai dari tintanya hingga bahan pembuatannya,” ungkapnya.

Dia mempertanyakan alasan Disdukcapil yang mengatakan bahwa persoalan masih banyaknya warga Padang belum mendapatkan e-KTP tersebut, dikarenakan adanya kerusakan pada sistem pencetakannya.

“Itu alasan klasik untuk melemparkan kesalahan,dan itu tidak dibenarkan,sistem dan perangkat yang tersedia semuanya baru,” katanya.

Dia menegaskan persoalan ini akan menjadi fokus bagi DPRD Padang,serta akan terus berupaya menindaklanjuti dengan pemantauan ke Disdukcapil oleh Komisi I.

“Kalau perlu pegawai yang tidak berkompeten dalam pemasukkan data penduduk ke sistem, kami sarankan diganti, sehingga kerjanya optimal,”katanya.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Kota Padang, Wedistral mengatakan bahwa masih tertundanya penyerahan e-KTP kepada warga Padang itu akibat persoalan rekam data ganda.

Saat ini pihaknya tengah melakukan perencanaan kerjasama dengan Disdukcapil daerah lain, dalam hal mengatasi permasalahan rekam data ganda tersebut.

“Saya sudah merencanakan program kerjasama dengan Disdukcapil daerah lain, dan insyallah akan dapat di aplikasikan tahun depan,” Ucapnya di Kantor Disdukcapil.

Dia menganalisa persoalan e-KTP masyarakat tidak keluar, akibat dari masyarakat melakukan rekam data ganda di daerah berbeda, sehingga sistem yang sudah terintegrasi itu secara otomatis menolak data itu.

Untuk itu, lanjutnya, dia menyarankan kepada masyarakat yang mempunyai masalah e-KTP, untuk melaporkan ke Disdukcapil dengan memberikan kronologi permasalahan kepada petugas.

 

Sumber: Antara/Oleh M R Denya Utama
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Gubernur Mahyeldi Instruksikan Percepatan Pembangunan TPA Regional Payakumbuh

Bukittinggi,BeritaSumbar.com,-Menindaklanjuti over capacity yang dialami Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Regional Payakumbuh, Gubernur Mahyeldi tengah mempersiapkan eksekusi perluasan sell landfill baru guna memenuhi kebutuhan penampungan dan pengolahan sampah.
- Advertisement -

Komitmen Raih Zona Integritas, Kalapas Padang Tekankan Ini kepada Seluruh Petugas !!!

Padang,BeritaSumbar.com, - Seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Padang ikuti Monitoring dan Evaluasi Tugas dan Fungsi bersama Kepala Lapas (Kalapas) Era Wiharto di aula Lapas Kelas IIA Padang. Tampak hadir dalam kegiatan ini seluruh pejabat struktural eselon IV, eselon V, staf administrasi dan regu pengamanan.

Bukittinggi Dukung Pemprov Sumbar Melakukan Perluasan TPA Regional Payakumbuh

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi mendukung penuh rencana Pemerintah Provinsi (Pemrov) Sumatera Barat untuk melakukan perluasan "Sell Landfill" Tempat Pembuangan Akhir (TPA)...
- Advertisement -

Gubernur Mahyeldi Instruksikan Percepatan Pembangunan TPA Regional Payakumbuh

Bukittinggi,BeritaSumbar.com,-Menindaklanjuti over capacity yang dialami Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Regional Payakumbuh, Gubernur Mahyeldi tengah mempersiapkan eksekusi perluasan sell landfill baru guna memenuhi kebutuhan penampungan dan pengolahan sampah.

Hadiri Evaluasi PPKM Level 3, Begini Persiapan MTQ XXXIX Di Kota Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Kota Padang Panjang Alizar Datuak Sindo Nan Tongga menghadiri Rapat Evaluasi Penanganan Covid-19 di...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...

Besok, Belajar Tatap Muka Akan Dimulai Di Kabupaten Sijunjung

Sijunjung,  - Kegiatan proses belajar mengajar tatap muka di Kabupaten Sijunjung akan dimulai pada Senin (12/7), akan tetapi belajar tatap muka akan dilangsungkan 50...

Audiensi Dengan Kepala Sekolah, DPRD Sijunjung Tampung Aspirasi Masalah Pendidikan

Sijunjung, beritasumbar.com - Banyak aspirasi dan permasalahan di dunia pendidikan yang belum terwujud selama ini, maka Kepala Sekolah Paud/TK, SD, dan SLTP se-Kecamatan Koto Vll...

Disdukcapil Lima Puluh Kota Imbau Masyarakat Proaktif Urus Administrasi Kependudukan

Sarilamak, beritasumbar.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lima Puluh Kota mengimbau masyarakat setempat agar proaktif mengurus administrasi kependudukan. Kadis Dukcapil Kabupaten Lima...

Buka Akses Unggan-Pamusian, Jarak Kabupaten Sijunjung-Tanah Datar Bisa Dipangkas

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam waktu dekat ini diperkirakan, hubungan Kabupaten Sijunjung dengan Kabupaten Tanah Datar lewat jalur Unggan ke Pamusian akan terhubung. Perbatasan kedua daerah yang...

Sambut HUT RI ke-76, DHD-BPK 45 Sumbar Buka Pendaftaran Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan

Sebagai salah satu bentuk upaya berkesinambungan dalam penanaman nilai-nilai kejuangan 45 pada generasi muda, Dewan Harian Daerah Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Provinsi Sumatera Barat (DHD BPK 45 Sumbar) mengadakan Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, pendaftaran calon pesertanya resmi dibuka pada Jumat, 2 Juli 2021.

Bantu Para Petani, Pemkab Sijunjung Salurkan 114 Alsintan

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk mempermudah pekerjaan lahan usaha pertanian, mulai dari kegiatan pengolahan lahan dan perawatan tanaman pertanian, maka Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung menyalurkan sebanyak...

Mangombang Nan Talipek, Rang Kampai Nagari Simpang Kapuak Bapanghulu

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Setelah belasan tahun gelar penghulu Datuak Monti Bosa talipek atau tidak dipakainya, Warga Suku Kampai Nagari Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka,...

Pimpin Rapat Percepatan Pembangunan Infrastruktur, Wabup Sijunjung Minta Camat-Walnag Jalin Komunikasi Dengan Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Iraddatillah memimpin rapat kerja usaha percepatan penanganan dan pembangunan infrastruktur di wilayah tersebut, Rabu, 30/6. Raker tersebut melibatkan...

Kapolres Padang Pariaman Semprot Disinfektan di Seputar Rumah Warga Isolasi Mandiri

Padang Pariaman,   - Mendengar laporan terkait adanya satu keluarga sedang isolasi mandiri melanggar protokol kesehatan, Kapolres Padang Pariaman AKBP. Dian Nugraha HBWPS. SH. SIK,...
- Advertisement -