25.1 C
Padang
Rabu, September 29, 2021
Beritasumbar.com

Dosen Unand Beri Pelatihan Teknik Relaksasi benson Untuk Mengatasi Gangguan Tidur Pada Lansia
D

Penulis : Gusti Sumarsih Agoes

Dosen Universitas Andalas dari Fakultas Keperawatan, memberikan pelatihan tentang “Teknik Relaksasi Benson Untuk Mengatasi Gangguan Tidur Pada Lansia”  Kegiatan ini dilaksanakan di Panti jompo Wisma Cinta Kasih kota Padang. Dosen-dosen tersebut ialah Gusti Sumarsih Agoes, S.Kp, M.Biomed, Ns. Arif Rohman Mansur, M.Kep dan Ns. Windy Freska, M.Kep

Pelatihan diadakan pada Rabu, 1 September 2021. Pelatihan ini merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang didukung dan didanai oleh Fakultas Keperawatan Universitas Andalas, khususnya dalam rangka melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Gusti Sumarsih Agoes, yang akrab dipanggil dengan Bu Cici, Selaku Ketua Pengabdian kepada Masyarakat, menyatakan bahwa Pelatihan “Teknik Relaksasi Benson Bermanfaat untuk Mengatasi Gangguan Tidur Pada Lansia”

Kegiatan pelatihan dibuka oleh Ibu Gusti Sumarsih dengan mengucapkan salam dan menyapa seluruh lansia dengan akrab, menyanyi bersama dan menari (gerakan tangan) dan tidak lupa menyakan keluhan yang dialami para lansia (kenapa kakinya? “sahut Ibu Gusti sumarsih”. Acara pelatihan dimulai dengan pertanyaan kepada para lansia mengenai siapa yang susah tidur? Sebagian lansia menjawab saya, para lansia terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan pelatihan ini. Jumlah lansia di Panti jompo sebanyak 41 orang, tetapi sekitar 4 lansia sedang di rawat di rumahsakit karena mengalami infeksi Covid-19.

Metode pelatihan dimulai dengan ceramah, penyuluhan dan diskusi.  Metode ini bertujuan memberi pelatihan bagaimana cara melakukan : latihan relaksasi Benson. Metode Pelatihan dilanjutkan melalui demonstrasi,  pelatihan dan partisipasi aktif lansia.  Metode demonstrasi diterapkan pada tiga sesi pada masing masing permasalahan, setelah itu diadakan metode re-demontrasi dimana lansia diharapkan sudah mampu melakukan latihan Teknik Relaksasi benson secara mandiri. 

Pelatihan ini juga dihadiri oleh semua pengurus panti dan perawat lansia , sehingga diharapkan setelah kegiatan dilakukan para perawat dapat memotivasi dan  menerapkan pada metode “Teknik Relaksasi Benson” setelah mempelajari semua pelatihan keterampilan keseimbangan ini baik teori maupun praktek, mitra dapat melakukan setiap hari yang dipastikan akan dapat meningkatan derajat kesehatan lansia. Evaluasi dilakukan dengan metode tanya jawab dan observasi, dikarenakan para lansia sudah sulit untuk membaca dan menulis.

Para lansia terlihat sangat antusias dalam mengikuti kegiatan, dan sebagai bentuk apresiasi dosen pengabdi memberikan bingkisan dan kudapan untuk semua lansia di Panti Jompo Wisma Cinta. Pengurus panti mengucapkan terimakasih atas pengabdian yang diberikan kepada para lansia dan berharap kegiatan semacam ini dapat berlanjut di masa yang akan datang.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang Gelar Praktek Penyelenggaraan Jenazah Covid-19

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,-Kauman Muhammadiyah Padang Panjang_Untuk memberikan edukasi penyelenggaran jezanah Covid-19, sebanyak 77 Santri Kelas XII Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang ikuti pelatihan di Aula Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) Padang Panjang, Jumat (24/09/2021).
- Advertisement -

Pasar Online Dibahas di Pasaman Barat, Ini Tips UMKM Bertahan Saat Pandemi

Pasaman Barat,BeritaSumbar.com, — Wirausahawan Kuliner Kopi Tarik Ulur, Agung Pramudya Wijaya menjelaskan akibat pandemi Covid-19, pelaku UMKM mengalami penurunan pendapatan. Cara bertahan yang paling ampuh yaitu dengan mengoptimalkan pasar online.

Lapas Sijunjung Gelar Simulasi Cegah kebakaran

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk mencegah terjadinya kebakaran Jajaran Lembaga Permasyarakatan Kelas ll B Muaro Sijunjung bekerjasama dengan Dinas Damkar setempat melakukan simulasi memadamkan kebakaran di...
- Advertisement -

Pasar Online Dibahas di Pasaman Barat, Ini Tips UMKM Bertahan Saat Pandemi

Pasaman Barat,BeritaSumbar.com, — Wirausahawan Kuliner Kopi Tarik Ulur, Agung Pramudya Wijaya menjelaskan akibat pandemi Covid-19, pelaku UMKM mengalami penurunan pendapatan. Cara bertahan yang paling ampuh yaitu dengan mengoptimalkan pasar online.

Jelang ANBK Tahun 2021, Kemenag Padang Panjang Gelar Rapat Finalisasi Teknis Bersama Proktor

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang Buya H. Alizar Datuak Sindo Nan Tongga memberikan arahan dan motivasi terhadap Proktor ANBK dalam Rapat Persiapan Finalisasi Teknis Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Tahun 2021 bersama seluruh Froktor ANBK dari Madrasah Negeri/Swasta se Kota Padang Panjang di Aula Kankemenag, Rabu Siang (22/09/2021)
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Edukasi Universal Precaution Pada Masyarakat Oleh Fakultas Keperawatan Universitas Andalas

Sejak kemunculan infeksi coronavirus novel (2019-nCoV) pada bulan Desember tahun 2019 di Wuhan, infeksi ini menyebar dengan cepat ke seluruh Cina dan banyak negara lain. Penyakit 2019-nCoV dan telah menjadi masalah kesehatan global utama di dunia

Pengenalan dan Demontrasi Pestisida Nabati Ramah Lingkungan di Nagari Campago, Kampung Dalam

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com,-Nagari Campago adalah nagari yang berada di Kecamatan V Koto Kampung Dalam, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatra Barat, Indonesia. Nagari ini terdiri dari 12 korong, yaitu Toboh, Bukik Gonggang, Kampung Dalam, Anjung, Kampung Tanjung, Sungai Jilatang, Kajai, Bayua, Campago, Bukim Caliak, Padang Manih, Kampung Pauah. Luas nagari : 9,86 km2 dari luas wilayah Kec. V Koto Kampung Dalam.

Lapas Kelas IIA Padang Lakukan Perang Terhadap Alat-alat Illegal

Padang,BeritaSumbar.com,- Musibah kebakaran yang menewaskan puluhan warga binaan beberapa waktu lalu di Lapas Kelas 1 Tangerang masih meninggalkan duka yang mendalam. Untuk mengantisipasi terjadi kejadian serupa, Kementerian Hukum dan HAM RI melakukan langkah langkah pencegahan diseluruh lapas dan rutan diindonesia.

Benarkah Masa Pandemi Covid-19 itu Ibarat Pisau Bermata Dua dan Berkah Bagi Sektor Pertanian” Kita ?

Berbicara tentang pandemi Covid-19, hampir pasti di semua kita langsung tersirat makna negatif setelah mendengar kata “Covid” tersebut. Padahal kenyataannya tidak. Masa pandemi Covid-19 ibaratkan seperti pisau bermata dua. Bagaimana tidak? Ingin tahu kenapa..padahal artikel ini akan kita kupas mengenai itu.

Lapas Padang dan Polresta Padang Sinergi Dalam Ungkap Jaringan Peredaran Narkoba

Padang,BeritaSumbar.com,-- Dalam rangka wujudkan komitmen Zero Narkoba, Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Padang Era Wiharto lakukan sinergi bersama Sat Narkoba Kepolisian Resor Kota (Polresta) Padang mengungkap jaringan peredaran narkoba yang melibatkan warga binaan pemasyarakatan (WBP).

LPPKI diterima Gubernur Sumatera Barat

Padang,BeritaSumbar.com,- Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Lembaga Perlindungan dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia (DPN-LPPKI ) Azwar Siri.SH beserta unsur pengurus lainya diterima Gubernur Sumatera Barat Buya Mahyeldi Ansharullah di istana Gubernur Jalan Jendral Sudirman No 51 Padang, pada hari Rabu tanggal 14 September 2021.

Lapas Padang Terus Berbenah Antisipasi Gangguan Kamtib dan Penanggulangan Bencana

Padang,Beritasumbar.com,– Menindaklanjuti arahan Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjenpas) Reynhard Silitonga terkait peningkatan pengawasan dan pengamanan di Lapas dan Rutan, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Padang

Komitmen Raih Zona Integritas, Kalapas Padang Tekankan Ini kepada Seluruh Petugas !!!

Padang,BeritaSumbar.com, - Seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Padang ikuti Monitoring dan Evaluasi Tugas dan Fungsi bersama Kepala Lapas (Kalapas) Era Wiharto di aula Lapas Kelas IIA Padang. Tampak hadir dalam kegiatan ini seluruh pejabat struktural eselon IV, eselon V, staf administrasi dan regu pengamanan.

Reido Deskumar Pimpin Gema Keadilan Sumatera Barat : Sumatera Barat Adalah Otaknya Indonesia

Padang,BeritaSumbar.com,- Gema Keadilan (GK) Sumatera Barat melaksanakan pelantikan Ketua dan Pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Periode 2021-2026. Kegiatan ini dilaksanakan secara virtual.

Jabatan Itu Amanah, Jangan Kau Minta Apalagi Beli

Rasulullah Nabi Muhammad SAW dalam sebuah hadis melarang umatnya untuk meminta jabatan. Rasulullah juga enggan memberikan jabatan kepada orang yang meminta jabatan dan rakus.
- Advertisement -