25.9 C
Padang
Kamis, Januari 27, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Dosen Unand Beri Pelatihan Teknik Relaksasi benson Untuk Mengatasi Gangguan Tidur Pada Lansia
D

- Advertisement -

Penulis : Gusti Sumarsih Agoes

Dosen Universitas Andalas dari Fakultas Keperawatan, memberikan pelatihan tentang “Teknik Relaksasi Benson Untuk Mengatasi Gangguan Tidur Pada Lansia”  Kegiatan ini dilaksanakan di Panti jompo Wisma Cinta Kasih kota Padang. Dosen-dosen tersebut ialah Gusti Sumarsih Agoes, S.Kp, M.Biomed, Ns. Arif Rohman Mansur, M.Kep dan Ns. Windy Freska, M.Kep

Pelatihan diadakan pada Rabu, 1 September 2021. Pelatihan ini merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang didukung dan didanai oleh Fakultas Keperawatan Universitas Andalas, khususnya dalam rangka melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Gusti Sumarsih Agoes, yang akrab dipanggil dengan Bu Cici, Selaku Ketua Pengabdian kepada Masyarakat, menyatakan bahwa Pelatihan “Teknik Relaksasi Benson Bermanfaat untuk Mengatasi Gangguan Tidur Pada Lansia”

Kegiatan pelatihan dibuka oleh Ibu Gusti Sumarsih dengan mengucapkan salam dan menyapa seluruh lansia dengan akrab, menyanyi bersama dan menari (gerakan tangan) dan tidak lupa menyakan keluhan yang dialami para lansia (kenapa kakinya? “sahut Ibu Gusti sumarsih”. Acara pelatihan dimulai dengan pertanyaan kepada para lansia mengenai siapa yang susah tidur? Sebagian lansia menjawab saya, para lansia terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan pelatihan ini. Jumlah lansia di Panti jompo sebanyak 41 orang, tetapi sekitar 4 lansia sedang di rawat di rumahsakit karena mengalami infeksi Covid-19.

Metode pelatihan dimulai dengan ceramah, penyuluhan dan diskusi.  Metode ini bertujuan memberi pelatihan bagaimana cara melakukan : latihan relaksasi Benson. Metode Pelatihan dilanjutkan melalui demonstrasi,  pelatihan dan partisipasi aktif lansia.  Metode demonstrasi diterapkan pada tiga sesi pada masing masing permasalahan, setelah itu diadakan metode re-demontrasi dimana lansia diharapkan sudah mampu melakukan latihan Teknik Relaksasi benson secara mandiri. 

Pelatihan ini juga dihadiri oleh semua pengurus panti dan perawat lansia , sehingga diharapkan setelah kegiatan dilakukan para perawat dapat memotivasi dan  menerapkan pada metode “Teknik Relaksasi Benson” setelah mempelajari semua pelatihan keterampilan keseimbangan ini baik teori maupun praktek, mitra dapat melakukan setiap hari yang dipastikan akan dapat meningkatan derajat kesehatan lansia. Evaluasi dilakukan dengan metode tanya jawab dan observasi, dikarenakan para lansia sudah sulit untuk membaca dan menulis.

Para lansia terlihat sangat antusias dalam mengikuti kegiatan, dan sebagai bentuk apresiasi dosen pengabdi memberikan bingkisan dan kudapan untuk semua lansia di Panti Jompo Wisma Cinta. Pengurus panti mengucapkan terimakasih atas pengabdian yang diberikan kepada para lansia dan berharap kegiatan semacam ini dapat berlanjut di masa yang akan datang.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img