24.2 C
Padang
Rabu, Januari 19, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Dinas Kehutanan Provinsi Memfasilitasi Pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Kehutanan di Univ Muhammadiyah Sumatera Barat
D

Kategori -
- Advertisement -

Padang,Provinsi Sumatera Barat mendapat “kehormatan” menjadi salah satu provinsi yang tergabung dalam 11 provinsi Prioritas Implentasi REDD+ dari 33 Provinsi yang ada di Indonesia dan saat ini sudah memasuki tahap implementasi program dan kegiatan setelah melalui beberapa tahap-tahap persiapan yang menyangkut kelengkapan administrasi, regulasi dan sosialisasi.

Kegiatan KKN Tematik Kehutanan merupakan salah satu kegiatan REDD+ pada tahun ini yang diusulkan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melalui SuratGubernur Sumatera Barat tentang PenyampaianMatrik Usulan Kegiatan REDD+ Provinsi Sumatera Barat.

Pembekalan KKN Tematik Kehutanan diikuti oleh 54 orang mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Pembekalan merupakan proses pengisian ilmu kepada mahasiswa tentang tujuan, proses hingga output yang harus mereka capai pada saat KKN berakhir.

Peserta KKN ini akan ditempatkan di 18 Nagari pada 8 Kabupaten/ Kota. Delapan Kebupaten/ Kota tersebut adalah Kab. Pdg Pariaman, Pasaman, Pasaman Barat, Solok, Solsel, Sijunjung, Pessel dan Kota Padang. Mahasiswa KKN juga akan dibimbing oleh 8 orang Dosen Pembimbing Lapangan, Penyuluh Kehutanan dan Kelompok Kerja REDD+ Sumatera Barat dengan target/ output adalah terusulkannya Nagari lokasi KKN sebagai Nagari Pengelola Hutan Berbasis Masyarakat.

Kegiatan pembekalan dilakukan di Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat pada tanggal 21 s/d 23 Agustus 2014 dengan metode pembelajaran orang dewasa. Para peserta KKN diajak untuk langsung mempraktekan bagaimana melakukan pertemuan kampung, melakukan pendekatan dan memecahkan berbagai masalah yang mungkin timbul dari masyarakat setempat.

Pada pembukaan pembekalan peserta KKN tematik kehutanan juga diserahkan MoU antara Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat dengan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) tentang Pelaksanaan Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Kehutanan Yang Diintegrasikan Dengan Materi Akademis Guna Menunjang Upaya Penurunan Emisi Dari Deforestasi Dan DegradasiHutan Serta Peningkatan Mutu Pendidikan Fakultas Kehutanan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat, Ir. Hendri Octavia, M.Si berharap agar Kegiatan KKN Tematik Kehutanan ini dapat terlaksana dengan baik dan mencapai target yang diharapkan dalam rangka upaya kita menekan emisi dari deforestasi dan degradasi hutan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (humas prov sumbar)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img