27.9 C
Padang
Senin, April 19, 2021
Beritasumbar.com

Dilaporkan LSM Ke Kejaksaan,PT.IMP,PT Trifillia Karya Bantah Tudingan Pelapor
D

Kategori -

Tanah Datar,Beritasumbar.com – Dilaporkan LSM ke Kejaksaan Tanah Datar,PT.Ikhwan Mega Power (IMP),PT.Trifillia Karya selaku pengembang dan pelaksana Proyek PLTMH Kalo Kalo Nagari Lubuk Jantan Kecamatan Lintau Buo,bantah tudingan atas pelanggaran Undang-undang RI nomor 3 tahun 2020 tentang Minerba dan Perda Tanah Datar nomor 6 tahun 2011 tentang pajak Minerba serta merusak lingkungan hidup dan kerusakan jalan di Tanah Datar.

Elmi Yondra,Humas PT.Ikhwan Mega Power (IMP) kepada wartawan,Sabtu 09/01/2021 menyampaikan,perihal tudingan salah satu LSM yang dilaporkan terhadap kejaksaan Negeri Tanah Datar yang di muat di media online perlu kami sikapi lebih lanjut.

“Bahwasanya pelapor harus objektif dengan apa yang mereka laporkan,seperti pajak Minerba yang merugikan negara harus kami bayarkan sebesar Rp 570 juta yang di akibatkan galian C perusahaan untuk pembangunan Water Way dan turbin PLTMH,”pertanyaan kami, apakah selama ini pembangunan yang dilaksanakan proyek lainnya di Kabupaten Tanah Datar juga membayar pajak tersebut seandainya mereka membayar kemana mereka bayarkan.

“Kami selaku pengembang guna melaksanakan proyek yang di danai melalui Penanaman Modal Asing (PMA),sebelumnya juga telah mengkaji dampak yang akan di timbulkan proyek serta telah melengkapi prosedur perizinan melalui kementrian terkait dan juga bekerjasama dengan pemerintah daerah,guna melaksanakan pembebasanan lahan yang akan di pakai untuk pembangunan PLTMH.

“Tuntutan kerusakan puluhan kilometer jalan di Tanah Datar yang dibebani terhadap PT.IMP dan rekanan juga kami rasakan tidak objektif,”sejak dilaksanakannya pembangunan PLTMH,beberapa perusahaan BUMN yang melaksanakan proyek nasional juga turut menyumbangkan kerusakan jalan,kenapa mereka juga tidak dilaporkan.”katanya.

“Selain itu laporan pemberhentian proyek ke kejaksaan,sangat berimbas dari pengerjaan dilapangan,dikarenakan kita bersama rekanan dalam hal ini PT.Trifillia karya mempekerjakan sekitar 95% masyarakat setempat di proyek PLTMH dan sebagian telah mengetahui pelaporan itu”akhirnya.

Lebih lanjut,Nilting Haidor Proyek Manager PT.Trifillia karya mengatakan,kami selaku rekanan pengerjaan pembangunan proyek,juga keberatan dengan laporan LSM tersebut,”selaku pelaksana,segala aspek mengenai proyek yang di tinggalkan sebelumnya oleh dua rekanan terdahulu,telah kami pertimbangkan secara global. “bahkan dampak yang cukup besar telah kami rasakan mengenai pengadaan material yang terdapat di aliran Batang Sinamar.”beberapa staf dan pekerjaa kami ikut di tahan dalam permasalahan galian C.

“Terdapat beberapa hal pengaduan yang memberatkan kami,tentang permintaan pemberhentian pengerjaan proyek PLTMH,”setidaknya perlu LSM itu ketahui,ratusan anak nagari kami berdayakan dalam pengerjaan proyek,baik itu menjadi staf maupun pekerja bahkan terhadap puluhan masyarakat sekitar yang menyuplai material seperti sirtu yang akan kehilangan mata pencaharian seandainya pengerjaan proyek ini diberhentikan.

Salah seorang tokoh masyarakat Nagari Lubuk Jantan yang tidak ingin di sebutkan namanya berkata,tidak masuk akal segala sesuatu dampak kerusakan baik lingkungan maupun jalan yang rusak ditimpalkan terhadap proyek PLTMH,”kami sebagai masyarakat melihat,perusahaan banyak memberikan konstribusi dalam pembangunan di nagari.”banyaknya anak nagari dipekerjakan disini salah satunya,bahkan masyarakat yang meminta bantuan untuk perbaikan jalan mereka bantu.

“Kita berharap setelah PLTMH selesai di kerjakan, dapat mendatangkan hasil yang di kehendaki oleh kita bersama,seperti pemasukan untuk kas daerah dari pajak maupun penyerapan lapangan pekerjaan untuk anak nagari maupun warga Tanah Datar.(haries)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Wako Riza Harapkan ASN Jadi Contoh Bagi Masyarakat, Jaga Kinerja Demi Pelayanan Prima

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Wali Kota Riza Falepi mengatakan ASN harus menjadi pionir dan contoh bagi masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan saat menjalankan ibadah shalat berjemaah di mesjid selama bulan Ramadhan.
- Advertisement -

Untuk Tingkatkan Pelayanan, RSUD Sijunjung Tampung Kritik Dan Saran Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Pada usia yang relatif muda keberadaan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sijunjung memerlukan perbaikan dan peningkatan dari semua sisi,  guna memberikan...

Lagi Patroli, Polsek Pancung Soal Temukan Warga Asyik Main Judi

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Anggota Polsek Pancung Soal saat itu sedang melaksanakan patroli mendapatkan beberapa orang sedang asik bermain judi song atau remi disebuah warung. Tiga pelaku berhasil kabur sedangkan 2 pelaku ditangkap
- Advertisement -

Erman Safar Larang Tempat Hiburan Beroperasi di Bulan Ramadhan

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi, mengimbau seluruh kegiatan yang berhubungan dengan hiburan, agar dihentikan pada waktu ibadah puasa dan shalat tarawih di...

Sarang Tawon Di Depan SPBU Ngalau Dibasmi Damkar Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Keberadaan sarang tawon di pohon pelindung tepatnya di depan SPBU Ngalau, Jalan Soekarno Hatta sangat meresahkan warga. Hal itu diketahui berawal dari postingan di grup facebook Informasi Payakumbuh dan Limapuluh Kota, ada warga yang mengingatkan pengendara untuk hati-hati dengan adanya keberadaan sarang tawon tersebut pada Sabtu, 10 April 2021 sore.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Cuaca Ekstrim Akibatkan Puluhan Rumah Warga Di Kabupaten Tanah Datar Rusak Ringan Hingga Berat

Tanah Datar Beritasumbar.com - Cuaca Ekstrim sejak kemaren siang hingga,Kamis 01/04/2021 mengakibatkan puluhan rumah di Kabupaten Tanah Datar,Rusak ringan hingga berat tertimpa pohon yang tumbang serta diterpa angin kencang.

Di Lalap Si Jago Merah,Rumah Siti Lena Warga Tembok Hitam Hangus Terbakar

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Rumah Siti Lena warga Lanjut Usia (Lansia) di Tembok Hitam,Jorong Cempaka,Nagari Lubuk Jantan Kecamatan Lintau Buo Utara hangus terbakar di lalap si jago merah,Senin 29/03/2021.

Peletakan Batu Pertama Proyek PDAM,Tokoh Masyarakat Lintau IX Koto Harapkan Kebutuhan Air Bersih Terpenuhi

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Dalam Rangka peletakan batu pertama pembangunan sarana dan prasarana air bersih dengan sistem penangkapan air baku ( Intek) proyek PDAM Kabupaten Tanah Datar,Senin 29/03/2021 di Jorong Seroja,tokoh masyarakat Lintau IX Koto harapkan kebutuhan Air bersih terpenuhi ke rumah - rumah penduduk.

Diduga Lakukan Hipnotis Terhadap Lima Orang Warga Di Tanah Datar,Polsek Lintau Buo Utara Amankan Pelaku

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Diduga melakukan Tindak pidana penipuan (hipnotis) terhadap warga Tanah Datar di Kecamatan Lintau Buo Utara,pelaku yang merupakan warga Kecamatan Sumpur Kudus,Kabupaten Sijunjung diringkus Polisi,Rabu 24/03/2021 di sebuah warung milik warga.

Merasa Tidak Dilibatkan Saat Peresmian Rumah Data Kependudukan Kampung KB-Pansimas, Masyarakat Kecewa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Peresmian rumah data kependudukan kampung KB percontohan dan Pamsimas di Jorong Koto Godang, Nagari Pangian oleh Bupati Tanah Datar, Rabu...

Tambal Sulam Tidak Efektif,Jalan Raya Penghubung Lintau Batusangkar Butuh Perbaikan Serius.

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Tambal Sulam dirasakan tidak efektif,Jalan raya penghubung Lintau Batusangkar via Nagari Atar Kecamatan Padang Ganting butuh perbaikan serius dari pemerintah.

Dualisme Pengurus KAN Nagari Lima Kaum, Berujung Gugatan Ke Pengadilan Negeri

Tanah Datar,Beritasumbar.com - kisruh dualisme kepengurusan Kerapatan Adat Nagari (KAN) Lima Kaum Kecamatan Lima Kaum,berujung gugatan ke Pengadilan Negeri Batusangkar Kabupaten Tanah Datar.

Hadiri Perayaan Khatam Alquran, Wakil Bupati Tanah Datar Apresiasi Wali Murid

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Wakil Bupati Tanah Datar terpilih,apresiasi wali murid TPA/TPSA Masjid Raya Limo Kaum saat menghadiri perayaan Khatam Alqur'an di Nagari Lima Kaum,Kecamatan Lima Kaum,Minggu 07/03/2021.

Dua Belas Personil Polri Polsek Lintau Buo Dan Lintau Buo Utara Di Vaksin Sinovac Perdana

Tanah Datar,Beritasumbar.com -Sebanyak dua belas personil Polri Polsek Lintau Buo dan Lintau Buo Utara di Vaksin Sinovac hari ini Kamis,04/03/2021.di Puskesmas Lintau Buo Nagari Tigo Jangko.

Walinagari Serta Perangkat Di Tanah Datar Belum Menerima Gaji Selama Tiga Bulan

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Sebanyak 75 orang Walinagari beserta Perangkat pemerintahan nagari di wilayah Kabupaten Tanah Datar belum menerima gaji selama tiga bulan terakhir dari Pemerintah Daerah setempat.
- Advertisement -