31 C
Padang
Selasa, Desember 7, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Didampingi Dosen UNAND Hidroponik 55 siap menjadi kawasan Wisata Edukasi dan Petik Sayur Terbaru di Kota Padang
D

Kategori -
- Advertisement -

Penulis: Ns. Fitri Mailani, M.Kep
(Ketua Tim Pelaksana, Dosen Fakultas Keperawatan Universitas Andalas).

Padang,BeritaSumbar.com,-Hidroponik 55 yang didirikan oleh Brian Permana, SP (alumni Fakultas Pertanian UNAND) pada tahun 2017 dan sekarang mulai berkembang menuju kawasan wisata edukasi. Saat ini Hidroponik 55 mendapat kesempatan didampingi oleh beberapa dosen Universitas Andalas yaitu Ns. Fitri Mailani, M.Kep, Eli Ratni, S.Pt, MP, Donny Eros, S.S., M.A, Jauharry, SE., MM, Ns. .Mulyanti Roberto Muliantino, M.Kep, melalui program berkelanjutan membantu usaha berkembang yang difasilitasi oleh lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat Universitas Andalas.

Melalui pendampingan yang diberikan, saat ini kawasan hidroponik 55 mulai berbenah dengan membuat green house sederhana dan penataan yang artistik, sehingga mumpuni untuk dijadikan kawasan wisata edukasi yang bisa dikunjungi oleh anak sekolah seperti siswa TK, SD, SMP, SMA maupun masyarakat umum. Brian Permana, SP sebagai pemilik hidroponik 55 juga merupakan petani muda yang sukses yang sudah berhasil meracik nutrisi sayuran untuk kawasan pertanian nya sendiri, sehingga beliau juga sudah sering diundang sebagai pembicara mengenai hidroponik di sekitar daerah Sumatera Barat. Dan saat ini Hidroponik 55 juga menerima mahasiswa magang sebanyak 4 orang yang berasal dari politani Payakumbuh.

Saat ini kawasan pertanian hidroponik 55 telah menghasilkan Sawi Pakchoy, sawi Chaisin, Kangkung, Daun Mint,  Selada dan kale curly. Selain memproduksi sayur segar, hidroponik juga berinovasi menghasilkan produk olahan sehat yang berkualitas tinggi, dengan bahan baku sayuran hidroponik. Adapun makanan olahan tersebut adalah bakso sayur, teh maroko, teh telang, jus sayur, mie sayur, kripik sayur, puding telang dan nasi uduk telang yang juga sangat lezat. Dengan pengembangan produk yang berbahan dasar sayuran sehat, diharapkan anak-anak yang tidak suka makan sayur secara langsung bisa digantikan dengan makanan olahan yang berbahan dasar sayur dengan rasa yang lezat dan gurih.

Proses pembuatan green house sedang berlangsung dan sudah hampir selesai, kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian yang disusun oleh tim pelaksana pengabdian dosen Universitas Andalas dalam membantu usaha berkembang. Adapun kegiatan tersebut antara lain: 1) merancang pembuatan green-house di kawasan pertanian, 2) meningkatkan promosi dan edukasi secara online dan offline, 3) mengajukan proposal kerja sama dengan restaurant, café, rumah sakit, dan swalayan di kota Padang, 4) mengembangkan usaha Hidroponik 55, dalam mengolah makanan sehat yang berasal dari sayuran hidroponik, 5) mengembangkan kawasan pertanian menjadi kawasan Eco-Eduwisata, 6) membuka jasa pelatihan intensif bagi masyarakat umum yang ingin mempelajari hidroponik.

Pandemic yang terjadi dua tahun terakhir, tentu saja mempengaruhi pemasaran sayuran Hidroponik 55, untuk itu perlu inovasi dan kreativitas untuk terus bertahan mengembangkan usaha sayuran sehat ini. Pendampingan yang dilakukan oleh dosen Universitas Andalas dan bekerja sama dengan Koperasi Mandiri Dan Merdeka (KMDM) diharapkan membuat usaha ini dapat terus maju dan berkembang. Setelah menjalani serangkaian kegiatan pendampingan, Hidroponik 55 akhir tahun ini siap membuka wisata edukasi dan petik sayur langsung dikawasan pertanian.

Lokasi Hidroponik 55 saat ini di Jln. Sungai Balang Cupak Tangah, Kec. Pauh, Kota Padang, lokasi tapat di belakang sekretariat Pasar Rabu Tani. Hidroponik 55 siap menerima pesanan makanan sehat dan sayuran sehat bagi masyarakat di Kota Padang, dan dapat dipesan melalui pasar rabu tani atau wa +62 813-7200-2141. Lokasi yang strategis dan terjangkau dari pusat kota diharapkan menjadi salah satu keunggulan Hidroponik 55 ini. Kedepan nya ada beberapa kegiatan yang akan dikembangkan seperti membuat pelatihan intensif secara professional yang ditawarkan kepada masyarakat umum yang tertarik bercocok tanam dengan hidroponik/aeroponik, dan tentunya pengembangan kawasan wisata edukasi yang lebih menarik. Diharapkan melalui pendampingan dosen Universitas Andalas Hidroponik55 mampu unggul dan berkembang dalam skala besar serta mampu menjadi penghasilan utama bagi pemilik dan menjadi sumber lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img