Padang, BeritaSumbar.com – Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda yang ke 91, Pemuda Tani Sumbar menyampaikan aspirasi ke Gedung DPRD Provinsi Sumatera Barat, Senin (28/10). Pemuda Tani tersebut diterima dengan baik oleh sekretaris komisi II Nurkhalis, S.Pt Dt. Bijo Dirajo di ruangan rapat komisi.

Aspirasi yang disampaiakan dari kawan – kawan Pemuda Tani Sumbar itu adalah terkait masalah, bagaimana ke depan petani Sumbar mendapat perhatian lebih dari pemerintah, “kami meminta pemerintah provinsi melalui wakil rakyat untuk membuat Peraturan Daerah (Perda) tentang turunan UU NO 19 TH 13, tentang perlindungan petani dan pemberdayaan petani,” kata Koordinator Pemuda Tani Nurkhalis Kanti kepada media ini.

Nurkhalis yang juga merupakan Ketua Gempita Sumbar itu menjelaskan, “dengan adanya Perda ini kita berharap kedepan petani terlindungi, mulai dari peningkatan kwalitas petani, permodalan petani dan juga hilirnya terkait tentang jaminan harga hasil komoditi dari seluruh petani Sumbar,” katanya di halaman gedung DPRD Sumbar.

Ia menambahkan, “harga dari hasil – hasil kebun patani harus menguntungkan petani dan juga kalau ada program pemerintah, tentang bibit – bibit bantuan untuk petani harus ada garansi. Jika petani gagal pemerintah harus ikut bertanggung jawab untuk membantu minimal kerugian petani tersebut. Juga masalah modal kredit untuk petani jangan di minta boroh atau jangka waktu, kita mohon ke pemerintah supaya petani bisa bayar setelah panen.”

Ia juga berharap setiap lahan yang dikerjakan petani, pemerintah bantu usahakan asuransi buat lahan – lahan tersebut, juga ternak petani. Dalam penyampaian aspirasi ini turut dihadiri oleh 11 perwakilan Pemuda Tani Sumatera Barat. (FRP)

loading...