29 C
Padang
Minggu, April 11, 2021
Beritasumbar.com

Cuaca Ekstrim, Wako Ajak Warga Waspada Bencana
C

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,— Tingginya bencana yang terjadi dalam beberapa minggu terakhir di Payakumbuh, Wali Kota Riza Falepi menginginkan agar ada kesiapan armada dan personil Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) serta Pemadam Kebakaran (Damkar) bila terjadi peristiwa merugikan itu di daerahnya, (21/8).
“Kesiapan armada dan personil kita tentu menjadi salah satu poin penting, sekarang kita rasakan sudah banyak terjadi bencana yang merugikan meski tak ada yang menelan korban jiwa, apalagi bencana ini tidak bisa diprediksi,” kata Riza kepada awak media, di Balai Kota, Selasa (21/7).
Dikonfirmasi terpisah, Kasatpol PP dan Damkar Devitra didampingi Kabid Damkar Budy Kurniawan membenarkan sejauh ini, dari data sejak Januari 2020 hingga sekarang, telah terjadi setidaknya 21 kasus kebakaran di Kota Payakumbuh, sementara itu pembantuan Damkar Payakumbuh ke luar kota dengan kasus serupa sebanyak 18 kali.
“Kondisi armada damkar Payakumbuh selalu prima, termasuk petugas yang siap siaga di posko untuk menerima laporan. Petugas kita selalu bekerja dalam kondisi fit, dan juga paling penting fasilitas tempur mereka siap digunakan kapanpun, baik mobil Damkar, mesin pompa, dan segala peralatan lainnya. Nomor hotline selalu dapat dihubungi 24 jam di 0752-92913,” terang Devitra.
Selama ini, terjadi di lapangan bukan karena petugas Damkar yang telat datang ke lokasi kebakaran. Untuk kasus kebakaran di dalam kota saja, patokan waktu petugas datang ke lokasi maksimal adalah 15 menit, bahkan tak sampai selama itu, usai laporan diterima petugas langsung meluncur bak roket ke lokasi kejadian.
“Kejadian yang kita temui itu laporan baru masuk saat api sudah membesar dan menghanguskan bangunan rumah warga, mungkin saat kejadian karena panik warga jadi lambat melapor ke posko damkar,” ujar Devitra.
Diterangkan lagi, refleknya orang saat ada kebakaran mereka mencoba memadamkan sendiri, seperti kasus di Napar kemaren yang terbakar itu lokasi penyimpanan minyak, karena secara reflek warga menyiram minyak yang terbakar dengan air sehingga menyebar ke bangunan sebelahnya.
“Beruntung petugas damkar kita saat itu datang kurang dari 5 menit setelah menerima laporan, alhamdulillah rumah warga yang lain dapat kita selamatkan, 2 jam proses pemadaman dilakukan dengan 11 unit mobil damkar,” ujarnya.
Sementara itu, saat ditemui di Balaikota, Kalaksa BPBD Yufnani Away didampingi Kabid Rehab Rekon An Denitral mengatakan personil BPBD juga selalu siaga di posko BPBD 24 jam piket secara bergantian disamping standby memonitor aktifitas dan laporan tanggap darurat yang ada melalui grup-grup whatsapp, 24 jam, bersama semua stakeholder yang ada.
“Kemaren ada beberapa kasus pohon tumbang akibat hujan dan angin puting beliung, baru saja masuk laporan, beberapa menit petugas BPBD segera datang, ada juga laporan warga langsung ke BPBD, yang kemudian diinformasikan ke grup Team Reaksi Cepat (TRC),” kata Yufnani Away.
Dari sisi Lingkungan Hidup, Kadis LH Dafrul Pasi saat dihubungi via selulernya mengatakan Pemko dan stakeholder terkait telah mendata seluruh pohon pelindung di Payakumbuh. Apabila dibutuhkan peremajaan untuk antisipasi agar tidak merusak ke fasitilitas umum dan rumah warga saat terjadi angin kencang atau hujan deras, maka dilakukan pemangkasan. Kalau kondisi pohon sudah lapuk, maka ditebang dan nanti akan diganti lagi dengan tamanan pohon yang lebih kuat.
“Untuk pohon yang proses penebangannya bakal kena ke jaringan utilitas seperti kabel listrik dan di jalan raya, kita butuh kordinasi dulu bersama dinas dan instansi lainnya seperti PLN, Dishub, dan Satpol PP. Memang memakan waktu, namun demi kelancaran tentunya ini penting dilakukan, bertahap namun prioritas kita memangkas pohon yang berpotensi tinggi merusak bila terjadi bencana seperti angin puting beliung,” kata Dafrul Pasi.
Diakhir wawancara, Wako Riza Falepi juga menghimbau masyarakat agar lebih waspada akan hal-hal yang dapat menimbulkan musibah kebakaran, seperti tidak membakar sampah saat kondisi panas di siang hari begitu terik dan kering, termasuk warga yang apabila meninggalkan rumah harus memperhatikan tidak ada alat elektronik yang ditinggalkan hidup, berpotensi menimbulkan korsleting listrik.
“Kita semua harus awas dengan kondisi di lingkungan kita saat ini, saling tanggap dan peka dengan kondisi sekitar, dan yang paling penting apabila terjadi kebakaran, jangan panik, segera lapor petugas kita di posko, atau pencet tombol panik di Aplikasi Polisiku,” kata Riza. (Humas)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Pelaksanaan Ibadah Ramadhan Dibolehkan di Masjid Dan Mushola Dengan Terapkan Prokes

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Menyikapi surat edaran dari Kementrian Agama Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2021 tentang panduan ibadah Ramadhan dan Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh mengizinkan Masjid dan Mushalla untuk melaksanakan shalat tarawih berjamaah selama Ramadhan 1442 Hijriyah, namun harus tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.
- Advertisement -

Danlantamal II Teluk Bayur Siap Kerjasama Kembangkan Kampung Bahari Di Kawasan Mandeh

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Komandan Pangkalan Utama TNI AL/II Padang, Laksamana Pertama TNI Hargianto, S.E.,M.M.,M.Si memastikan siap jalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, dalam hal pengembangan potensi budidaya ikan kerapu di kawasan objek wisata bahari Mandeh, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan

Polres Sinjunjung Bekuk Dua Orang Pengedar Narkoba

Sijunjung, beritasumbar.com - Kepolisian Resos Sijunjung mengamankan dua orang pengedar dan pemakai nakorba jenis yang selama ini beroperasi di wilayah hukum polres tersebut. “Yang bersangkutan berhasil...
- Advertisement -

Pasca Bencana Angin Kencang, Kantor Wali Nagari Sungai Balantiak Belum Diperbaiki.

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Angin kencang yang terjadi beberapa hari yang lalu mengakibatkan rusaknya Kantor Walinagari Sungai Balantiak Kecamatan Akabiluru Kabupaten 50Kota. Sebagian atap kantor tersebut terbang dibawa angin dan salah satu gonjongnya patah.

Polres Sijunjung Beri Penghargaan Untuk Personil-Masyarakat Yang Penanganan Tindak Kejahatan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan SIK.M.Hum memberikan apresiasi berupa reward/penghargaan berupa sertifikat kepada enam orang masyarakat dan 29 personel polres setempat atas...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Wali Kota Riza Falepi Tutup Objek Wisata Selama Balimau Dan Libur Lebaran

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Menyambut bulan Suci Ramadhan setiap tahunannya, ada adat istiadat dan budaya yang berkembang ditengah-tengah masyarakat, namanya ”Potang Balimau” yang dilaksanakan di lokasi-lokasi objek wisata sebagai bentuk mensucikan diri sebelum menjalankan ibadah puasa. Ada juga tradisi pulang basamo untuk merayakan hari lebaran bersama saudara dan kerabat.

Pemko Payakumbuh Kembali Sukses Gelar Lomba Karya Inovasi dan Teknologi Tepat Guna

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Untuk kedua kalinya, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) kembali menggelar Lomba Karya Inovasi dan Teknologi Tepat Guna Tingkat Kota Tahun 2021.

Disdukcapil Kota Payakumbuh Disambangi Tim Penilai Tingkat Provinsi

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Payakumbuh disambangi Tim penilai Disdukcapil kabupaten/kota terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Kota Payakumbuh kembali Raih Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2021

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,– Kota Payakumbuh berhasil meraih juara II Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2021 yang diserahkan langsung oleh Gubernur Provinsi Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah kepada Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi pada acara Musrenbang RKPD tingkat provinsi tahun 2021 di Hotel Grand Inna, Jumat(9/4).

Pemko Payakumbuh Berduka, Roza Thomas Wafat Usai Tabrakan Dengan Truk Colt Diesel

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Kabar duka datang dari lingkungan Pemerintah Kota Payakumbuh. Pasalnya Roza Thomas (40), ASN di Kecamatan Payakumbuh Selatan mengalami kecelakaan lalu lintas setelah bertabrakan hebat dengan mobil colt diesel pada Kamis (8/4), pukul 22.30 WIB malam.

Asisten 1 Pemko Payakumbuh Buka Mukerda LPM

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,- Wali Kota Payakumbuh yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Yufnani Away membuka secara resmi musyawarah kerja daerah (mukerda) Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kota Payakumbuh tahun 2021, di Aula Ngalau Indah Lt. III Balai Kota Payakumbuh, Kamis (08/04).

Kadisnakerin Wal Asri : Generasi Milenial Adalah Potensi Duta Informasi Dan Media Promosi

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Beberapa hari ini, banyak aktifitas yang dilaksanakan Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Payakumbuh bersama insan pendidikan, mulai dari kunjungan studi tur, sosialisasi bursa kerja, sampai kepada kegiatan penguatan sumber daya manusia lainnya.

BPBD Kota Payakumbuh Berangkatkan KSB Pelatihan Di Padang

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Bencana dapat terjadi kapan saja, dan masyarakat harus selalu siap dan siaga terhadap segala kemungkinan. Kelompok Siaga Bencana (KSB) merupakan organisasi masyarakat di kelurahan yang dibentuk pemerintah agar masyarakat ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan penanggulangan bencana.

Polres Sijunjung Beri Penghargaan Untuk Personil-Masyarakat Yang Penanganan Tindak Kejahatan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan SIK.M.Hum memberikan apresiasi berupa reward/penghargaan berupa sertifikat kepada enam orang masyarakat dan 29 personel polres setempat atas...

Ridwan Kamil Tepati Janji, Hadiah Motor Buat THL Pemko Payakumbuh Akhirnya Datang

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menepati janjinya kepada salahsatu Tenaga Harian Lepas (THL) Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh, Adi Ironi.
- Advertisement -