28 C
Padang
Senin, Juli 15, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Cegah Stunting, Ini Program Dosen FPK UNP Ditengah Masyarakat
C

- Advertisement -

“Dosen FPK UNP Gelar Pelatihan Endorphin Message Dan Pemeriksaan Tafsiran Berat Janin Pada Ibu Hamil Trimester III Sebagai Upaya Pencegahan Stunting Secara Dini Di Korong Koto Buruk Kecamatan Lubuk Alung”

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com,– Team Dosen Fakultas Psikologi dan Kesehatan Universitas Negeri Padang (FPK UNP) Maidawillis, Mike asmaria, dan Debby Sivia Dewi melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat tentang message untuk ibu hamil trimester III. Berbagai masalah yang timbul pada kehamilan trimester III merupakan masalah psikologis yang sering dikeluhkan pada ibu hamil, seperti kecemasan dan nyeri.

Di antara keluhan tersebut, nyeri punggung bawah yang paling umum dilaporkan, terjadi pada 60%-90% ibu hamil, dan merupakan salah satu penyebab angka kejadian persalinan sesar.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ibu yang melahirkan bayi dengan berat badan rendah mengalami depresi 2,8 kali lebih tinggi dibandingkan ibu yang melahirkan bayi dengan berat badan normal. Ibu dengan tingkat kecemasan dan depresi yang tinggi mungkin melahirkan bayi prematur dengan berat badan rendah dan panjang badan yang lebih pendek dari bayi rata-rata. Mengingat dampak tersebut maka perlu dilakukan inovasi selain terapi yang sudah ada. Melalui terapi non farmakologis pada ibu hamil trimester III yaitu Endorphin Message Dan Pemeriksaan Tafsiran Berat Janin.

Kegiatan dilaksanakan 3 tahapan , dimanan tahap pertama dilakukan Penyuluhan endorphin message pada kader dan keluarga ibu hamil trimester III. Kegiatan ini dilakukan dengan terlebih dahulu menentukan tempat pelaksanaan kegiatan, dan pelaksanaan kegiatan disepakati dengan wali korong yaitu Bapak Landi Efendi S.AP, bidan desa dan kader. Lokasi tempat pelaksanaan Di korong koto buruk, sebelum kegiatan dimulai di pasang spanduk kegiatan. Kegiatan secara keseluruhan dilaksanakan di Balai-balai desa Korong Koto buruk, dengan mendatangkan nara sumber Ibu Prof DR.Wilda Welis, M.Kes dengan materi gizi pada ibu hamil dan Dra. Darmi, MPd dengan materi masase pada ibu hamil.

Kegiatan selanjutnya yaitu melakukan pelatihan edorpin message pada ibu hamil, tempat pelaksanaan kegiatan dilaksanakan di Balai-balai Desa Korong Koto buruk, pelaksanaan kegiatan inti terlebih dahulu meminta kesepakatan dengan keluarga Ibu hamil dan menetapkan lokasi kegiatan. Pelaksanaan kegiatan didukung dengan alat dan sarana yang sudah di siapkan sebelumnya yaitu berupa spanduk, infokus, birthing ball dan tempat pemeriksaan ibu hamil, peralatan medis, spanduk kegiatan, pelatihan oleh nara sumber dimulai dengan mencontohkan pada salah satu peserta kegiatan yaitu ibu hamil trimester III yang sudah di lakukan pemeriksaan tekanan darah dan tinggi badan sebelumnya, Setelah itu peserta di ajarkan untuk menggunakan birthing ball dengan kondisi dan posisi badan relaks.

Selanjutnya narasumber bersama kader melakukan endorphin message pada peserta sambil mendengarkan musik relaksasi. Selama dilakukan praktik endorphin message kader dan keluarga peserta diminta memeperhatikan secara seksama dan diminta nanti untuk mempraktekkan ulang kepada peserta. Kegiatan Tahap perizinan yang dilakukan adalah dengan mengajukan izin ke Puskesmas Lubuk Alung, setelah izin didapatkan team Menyiapkan alat pengukuran tafsiran berat janin dan Mengukur tafsiran janin ibu hamil dengan nara sumber ibu bidan yang sudah terlati bekerjasam dengan bidan desa,

Evaluasi kegiatan ini dilakukan dengan pemantauan dan pendampingan Kader dan bidan desa. Pada saat pelaksanaan evaluasi, para peserta yang memiliki tafsiaran janin masih belum sesuai dengan berat badan normal janin maka diberikan penyuluhan gizi ibu hamil kembali agar ibu hamil mampu memenuhi kebutuhan nutrisi janin untuk mencegah terjadinya stunting.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img