25.5 C
Padang
Senin, Oktober 18, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Calon Haji Kota Padang Ikuti Manasik Haji
C

Kategori -
- Advertisement -

Padang – Calon Jamaah Haji (CJH)) pada beberapa Kecamatan di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) melaksanakan manasik haji yang digelar pemerintah guna melengkapi persiapan untuk ibadah haji pada 8 hingga 16 Agustus.

“Sesuai jadwal yang telah ditentukan setiap tahun pemerintah rutin menggelar manasik haji bagi calon jamaah beberapa minggu menjelang keberangkatan,” kata Kepala Seksi Urusan Haji dan Umroh Kementerian Agama Kota Padang Eri Iswandi, di Padang, Minggu.

Dia menyebutkan khusus kota Padang manasik ini dilakukan CJH pada awal tahun berupa pengenalan manasik yang pelaksanaannya serentak seluruh kecamatan di beberapa tempat seperti Asrama Haji dan Mesjid Nurul Iman.

Sedangkan pada dua minggu menjelang keberangkatan ke Tanah suci tersebut, calon haji kembali mengikuti kegiatan manasik dalam bentuk pemantapan dan arahan persiapan saat keberangkatan, imbuhnya.

Hal yang berbeda pada manasik kali ini dilakukan di kecamatannya masing-masing.

Dengan jadwal yang dipadatkan hingga satu minggu penuh, ucapnya.

“Hal ini bertujuan untuk memudahkan jamaah untuk persiapan dan melakukan ibadah haji nantinya,” kata Eri.

Sebab katanya, bisa dipastikan para calon haji tersebut telah mulai melakukan persiapan menjelang keberangkatan yang rencananya untuk kloter pertama pada 21 Agustus mendatang.

“Manasik ini tentunya sedikit berbeda dari manasik yang diselenggarakan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH),” katanya.

Perbedaanya pada pelaksanaan yang dipadatkan dalam satu minggu serta juga ada arahan resmi tentang tata cara keberangkatan haji.

Sementara salah satu cjh Padang Nurjani, mengeluhkan adanya jadwal manasik pemerintah ini bersamaan dengan kegiatan rutin di KBIH.

Menurutnya hal ini sedikit membingungkan bagi jamaah yang telah membayar untuk ikut KBIH
“Di satu sis manasik KBIH telah memasuki tahap akhir, sementara manasik ini juga harus dilakukan, hal ini membingungkan,” ucapnya.

 

Sumber: Antara/Oleh M R Denya Utama
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img