27 C
Padang
Sabtu, Agustus 13, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Wako Riza Canangkan BBGRM Tingkat Kota Payakumbuh Ke-12
W

Kategori -
- Advertisement -

Setelah Jumat kemarin (7/8), kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) tingkat Propinsi Sumatera Barat dicanangkan oleh Ny. Nevi Irwan Prayitno di lapangan Kantor Bupati 50 Kota, Sarilamak, hari ini Senin, (10/8) kegiatan yang sama juga dicanangkan oleh Walikota Payakumbuh Riza Falepi untuk tingkat Kota. Pencanangan BBGRM ke XII ditandai dengan pemukulan gong bersama Forkopimda, TP PKK Payakumbuh di lapangan Sari Bulan, Sawah Padang, Payakumbuh Selatan.

 Selain BBGRM, acara tersebut juga merupakan peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke 22, peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke 43 dan kegiatan Bhakti Sosial Ikatan Bidan Indonesia (IBI) KB Kesehatan 2015.

Dalam sambutannya, Wako Riza menekankan akan pentingnya sikap kegotong royongan dalam kehidupan bermasyarakat. Azas gotong royong mengajarkan untuk sama-sama membangun dan saling bahu membahu meningkatkan kualitas hidup.

“Diharapkan, kegiatan ini bukan hanya dijadikan sebagai agenda formalitas semata. Namun, diharapkan melalui kegiatan ini, mari kita bersama-sama memperkuat sinergisitas semangat kebersamaan dan kegotong royongan. Demi terwujudnya kemajuan menuju kemandirian masyarakat di Kota Payakumbuh” kata Wako Riza.

Selain itu, Walikota Riza Falepi mengimbau dan mengajak seluruh elemen masyarakat, PNS, jajaran pegawai  BUMN/BUMD, swastawan, serta organisasi wanita untuk terlibat aktif dalam kegiatan tahunan  ini.

Menurut Ketua TP PKK Payakumbuh, Ny. Henny Riza Falepi yang membacakan Sambutan Ketua TP PKK dalam HKG PKK ke 43, dr. Ny. Erni Guntari Tjahjo Kumolo, peringatan HKG tahun 2015 ini mengangkat tema “Kita Satukan Langkah Nyata dalam Upaya Meningkatkan Keluarga Indonesia yang Lebih Sejahtera”.

“HKG ke 43 tahun 2015 ini memantapkan PKK sebagai mitra kerja Pemerintah dalam melaksanakan program-program Pembangunan. Seluruh upaya yang dilakukan oleh Gerakan PKK harus diarahkan pada terwujudnya kehidupan keluarga yang lebih maju, mandiri, bahagia, sehat, dan sejahtera” ujar Dr. Henny.

Sementara itu, Kepala BPMP KB Kota Payakumbuh Yumardius selaku ketua panitia menyebutkan, kegiatan bulan bakti di Kota Payakumbuh dilaksanakan di masing-masing kelurahan selama 1 (satu) bulan dengan berbagai kegiatan. Kegiatan tersebut yakni gotong royong dengan SKPD dan Kecamatan bersama Babinsa, Babinmas, TP PKK dan organisasi wanita serta pembangunan dan rehab sarana prasarana baik fisik  maupun non fisik yang dipadukan dengan kegitan P2KP dan kegiatan lainnya.

“Kegiatan ini dilaksanakan dari swadaya masyarakat, dengan prinsip dari, oleh dan untuk masyarakat dengan dukungan pemerintah daerah dan swasta dalam upaya pelestarian nilai-nilai budaya gotong royong yang telag menjadi dasar nenek moyang kita dalam menjalin kehidupan yang sejahtera” kata Yumardius.

Dikatakan, kegiatan gotong royong akan dimulai dari Kec. Latina yang dilaksanakan di Kel. Koto Panjang Padang pada minggu ke II Agustus 2015. Selanjutnya berturut-turut Kec. Payakumbuh Utara di kel. Padang Keduduk, Kec. Payakumbuh Timur di Kel. Tiakar, Kec. Payakumbuh Barat di Kel. Tanjung Pauh, dan terakhir di Kec. Payakumbuh Selatan di Kel. Kapalo Koto Ampangan.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img