22 C
Padang
Minggu, Januari 24, 2021
Beritasumbar.com

Wako Riza Canangkan BBGRM Tingkat Kota Payakumbuh Ke-12
W

Kategori -

Setelah Jumat kemarin (7/8), kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) tingkat Propinsi Sumatera Barat dicanangkan oleh Ny. Nevi Irwan Prayitno di lapangan Kantor Bupati 50 Kota, Sarilamak, hari ini Senin, (10/8) kegiatan yang sama juga dicanangkan oleh Walikota Payakumbuh Riza Falepi untuk tingkat Kota. Pencanangan BBGRM ke XII ditandai dengan pemukulan gong bersama Forkopimda, TP PKK Payakumbuh di lapangan Sari Bulan, Sawah Padang, Payakumbuh Selatan.

 Selain BBGRM, acara tersebut juga merupakan peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke 22, peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke 43 dan kegiatan Bhakti Sosial Ikatan Bidan Indonesia (IBI) KB Kesehatan 2015.

Dalam sambutannya, Wako Riza menekankan akan pentingnya sikap kegotong royongan dalam kehidupan bermasyarakat. Azas gotong royong mengajarkan untuk sama-sama membangun dan saling bahu membahu meningkatkan kualitas hidup.

“Diharapkan, kegiatan ini bukan hanya dijadikan sebagai agenda formalitas semata. Namun, diharapkan melalui kegiatan ini, mari kita bersama-sama memperkuat sinergisitas semangat kebersamaan dan kegotong royongan. Demi terwujudnya kemajuan menuju kemandirian masyarakat di Kota Payakumbuh” kata Wako Riza.

Selain itu, Walikota Riza Falepi mengimbau dan mengajak seluruh elemen masyarakat, PNS, jajaran pegawai  BUMN/BUMD, swastawan, serta organisasi wanita untuk terlibat aktif dalam kegiatan tahunan  ini.

Menurut Ketua TP PKK Payakumbuh, Ny. Henny Riza Falepi yang membacakan Sambutan Ketua TP PKK dalam HKG PKK ke 43, dr. Ny. Erni Guntari Tjahjo Kumolo, peringatan HKG tahun 2015 ini mengangkat tema “Kita Satukan Langkah Nyata dalam Upaya Meningkatkan Keluarga Indonesia yang Lebih Sejahtera”.

“HKG ke 43 tahun 2015 ini memantapkan PKK sebagai mitra kerja Pemerintah dalam melaksanakan program-program Pembangunan. Seluruh upaya yang dilakukan oleh Gerakan PKK harus diarahkan pada terwujudnya kehidupan keluarga yang lebih maju, mandiri, bahagia, sehat, dan sejahtera” ujar Dr. Henny.

Sementara itu, Kepala BPMP KB Kota Payakumbuh Yumardius selaku ketua panitia menyebutkan, kegiatan bulan bakti di Kota Payakumbuh dilaksanakan di masing-masing kelurahan selama 1 (satu) bulan dengan berbagai kegiatan. Kegiatan tersebut yakni gotong royong dengan SKPD dan Kecamatan bersama Babinsa, Babinmas, TP PKK dan organisasi wanita serta pembangunan dan rehab sarana prasarana baik fisik  maupun non fisik yang dipadukan dengan kegitan P2KP dan kegiatan lainnya.

“Kegiatan ini dilaksanakan dari swadaya masyarakat, dengan prinsip dari, oleh dan untuk masyarakat dengan dukungan pemerintah daerah dan swasta dalam upaya pelestarian nilai-nilai budaya gotong royong yang telag menjadi dasar nenek moyang kita dalam menjalin kehidupan yang sejahtera” kata Yumardius.

Dikatakan, kegiatan gotong royong akan dimulai dari Kec. Latina yang dilaksanakan di Kel. Koto Panjang Padang pada minggu ke II Agustus 2015. Selanjutnya berturut-turut Kec. Payakumbuh Utara di kel. Padang Keduduk, Kec. Payakumbuh Timur di Kel. Tiakar, Kec. Payakumbuh Barat di Kel. Tanjung Pauh, dan terakhir di Kec. Payakumbuh Selatan di Kel. Kapalo Koto Ampangan.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Kisruh Dana Covid- 19 TPA Annur Tanjung Bonai,Sebanyak 98 TPA Penerima Bantuan Lain Di Jadwalkan Rapat Bersama

Dugaan Dana Bantuan Covid- 19 Taman Pendidikan Al-qur'an (TPA) Surau Annur di Jorong Tanjung Tengah,Nagari Tanjung Bonai tidak transparan dan menimbulkan ke kisruhan penggunaan anggaran.sebanyak 98 TPA penerima bantuan lainnya dijadwalkan rapat bersama Camat Lintau Buo Utara.
- Advertisement -

Akui Kesalahan Staf, Kepala SMKN 2 Padang Minta Maaf

Menindaklanjuti santernya kabar mengenai pemaksaan penggunaan kerudung bagi siswi non muslim di SMKN 2 Padang, Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Barat, Adib Alfikri, menggelar jumpa pers, Jumat (22/1/2021) malam.

Mimpi bertemu sang Ayah, “Sang Datuk” nya anak-anak; Ceracau soal Wanita hingga Virus Corona

Lama tak berjempa dengan beliau, seingat kami sejak kasus Aksi Panas 4 Maret 2004 bersama Forum Aksi Demokrasi Arus Bawah Univ. Negeri Padang yang berujung di tahannya 20 aktivis UNP oleh sang Rektor waktu itu, beliau mangkat pas seminggu sebelum usai kami dibebas tahankan tepatnya 4 Mei 2004; baru sekali beliau datang dalam mimpi panjang. Entah apa hikmahnya gerangan, hanya Allah SWT yang lebih tahu.
- Advertisement -

Wawako Buka Open Turnamen Nusa Bersinar CUP

Masih dalam rangka peringangatan HUT Kota Payakumbuh yang ke 50, secara resmi Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz membuka open turnamen Nusa Bersinar CUP

Pemerintah Kota Payakumbuh Gelar FGD Payakumbuh Dalam Angka Tahun 2021.

Sehubungan dengan semakin dekatnya percepatan rilis Publikasi Payakumbuh. Dalam Angka 2021 yang jatuh pada akhir bulan Februari tahun 2021 mendatang, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Payakumbuh mengadakan Forum Group Discusion (FGD) yang dilaksanakan secara virtual via zoom meeting, Selasa(19/1).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

FPL Pasbar Rilis Buku Antologi Puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ Karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat

Sejak Forum Pegiat Literasi Pasaman Barat (FPL Pasbar) berdiri, aktivitas literasi di Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat makin kelihatan, terutama pada generasimudanya. Terbukti dengan peluncuran buku antologi puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat yang dirilis oleh FPL Pasbar lewat sebuah acara yang digelar pada Sabtu sore (23/1) di Cafe Seven, Simpang Empat, Pasaman Barat.

KPU Limapuluh Kota Tunjuk Pengacara Untuk Menghadapi Sidang PHP Di MK

Tanjung Pati, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota menunjuk pengacara Sudi Prayitno,S.H., LL.M. sebagai perwakilannya menghadapi sidang gugatan dari pasangan calon Darman Sahladi-Maskar...

Kunjungi Maek, Anggota DPRD Sumbar Siap Bantu Proses Pemekaran Nagari

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Muhammad Ridwan kunjungi Nagari Maek, Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat (22/1). Kunjungan itu dalam rangka menjemput aspirasi masyarakat...

Hadir MPP Payakumbuh, PAM Tirta Sago Siap Maksimalkan Pelayanan Kepada Pelanggan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Perumda Air Minum Tirta Sago (PAM Tigo) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat telah hadir di Mal Pelayanan Publik (MPP) daerah setempat sehingga...

Lima Kantor Hukum Ajukan Diri Mewakili KPU Lima Puluh Kota di Sidang MK

Tanjung Pati, beritasumbar.com - Menhhadapi sidang persengketaan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Kostitusi, lima kantor hukum mengajukan proposal untuk mewakil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...

Sidang Di Lokasi Perkara, PN Batusangkar Periksa Objek Sengketa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Guna menentukan dan pemeriksaan Objek sengketa,Pengadilan Negeri Batusangkar melakukan sidang di lahan perkara yang terletak di Pinggang Bukik Gunung Seribu...

77 Pejabat Baru Dilantik, Ini Tuntutan Wako Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano melantik 77 pejabat struktural daerah itu di Hall Lantai III...

Disnakerin Payakumbuh: 51 Paket Pelatihan Akan Diselenggarakan Pada 2021

Payakumbuh, beritasumbar.com- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, mengemukakan pada tahun 2021 akan  ada 51 pelatihan keterampilan dari berbagai bidang yang akan...

Polres Payakumbuh Rekonstruksi Pembunuhan Di Situjuah, 40 Adegan Diperagakan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan di Jorong Bumbuang, Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota yang terjadi saat hari H...

Jalan Puncak Pato Lintau Berubah Menjadi Objek Wisata Dadakan

Tanah Datar, beritasumbar.com- Puluhan warga masyarakat sekitar Kecamatan Lintau Buo Utara dengan Kecamatan Sungayang ramai mendatangi Jalan Puncak Pato karena menjadi objek wisata dadakan...
- Advertisement -