25.3 C
Padang
Kamis, September 23, 2021
Beritasumbar.com

Tujuh Kecamatan di Kabupaten Agam Akan DIlalui TDS 2015
T

Kategori -

Lubukbasung – Sebanyak tujuh dari 16 kecamatan di Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar), akan dilewati pebalap Tour de Singkarak (TdS) pada etape lima, enam dan delapan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Agam, Hadi Suryadi di Lubuk Basung, Minggu, mengatakan ketujuh kecamatan itu, yakni Lubuk Basung, Tanjung Raya, Matur, Baso, Tilatang Kamang, Ampek Koto dan Malalak.
“Ketujuh kecamatan ini masuk pada etape lima, enam dan delapan,” katanya.

Ia menambahkan, etape kelima pada Rabu (7/10), dengan rute dimulai dari Jam Gadang Kota Bukittinggi dan berakhir di Istano Basa Pagaruyung Kabupaten Tanah Datar.

Jalur yang harus ditempuh para peserta, yaitu Jam Gadang Bukittinggi-Kapau-Ngarai Sianok-Panta-Malalak-Sicincin-Lembah Anai-Padang Panjang-Rambatan-Tanah Datar.

Lalu, etape keenam pada Kamis (8/10), dengan rute dimulai dari Ngalau Indah, Payakumbuh dan berakhir di Harau Kabupaten Limapuluh.

Jalur yang harus ditempuh para peserta, yaitu Ngalau Indah Payakumbuh- akan Rabaa-Balai Tangah-Puncak Pato-Batusangkar-Baso-Payakumbuh-Harau Limapuluh Kota.

Sedangkan etape kedelapan pada Sabtu (10/10), dengan rute dimulai dari Simpang Ampek Kabupaten Pasaman Barat dan berakhir di Puncak Lawang Agam.

Jalur yang harus ditempuh para peserta, yaitu Simpang Ampat – Kinali-Lubuk Basung-Muko muko-Kelok 44-Puncak Lawang.

“Dalam waktu dekat ini panitia dari pusat akan meninjau rute yang akan dilalui pembalap. Pada TdS tahun ini Kabupaten Agam juga merupakan lokasi finis pada etape delapan,” katanya.

Pada TdS 2013, pebalap TdS melewati 10 kecamatan di Agam, yakni Kecamatan Tilatang Kamang, Palupuh, Tanjung Mutiara, Lubukbasung, Tanjung Raya, Matur, Ampek Koto, Banuhampu, Sungai Pua dan Baso.

Sementara TdS 2014, pembalap melewati sebanyak enam kecamatan yakni, Baso, Lubuk Basung, Tanjung Raya, Matur, Banuhampu dan Sungai Pua.

“Ini merupakan keputusan dari panitia pusat, karena setiap tahun jalur yang dilalui selalu berbeda,” katanya.
Para peserta Tour de Singkarak (TdS) 2015, akan berlaga pada 3-11 Oktober 2015 dengan panjang sekitar 1.300 kilometer.

Grand start etape satu dilakukan di Pesisir Selatan, Sabtu (3/10), kemudian para pebalap akan melewati Padang dan berakhir di Pariaman dengan rute yang dilalui sepanjang 136 kilometer.

Etape kedua, Minggu (4/10), TdS akan melalui rute sepanjang 120 kilometer dimulai dari Pantai Tiram, Padang Pariaman dan berakhir di Danau Singkarak, Solok. Jalur yang harus ditempuh para peserta, yaitu Pantai Tiram-Lubuk Alung-Padang-Sitinjau Laut-Lubuk Selasih-Solok Kota-Sumani-Dermaga Danau Singkarak.

Pada etape ketiga, Senin (5/10), TdS akan melalui rute sepanjang 157 kilometer. Rute dimulai dari Desa Wisata, Sijunjung dan berakhir di Koto Baru, Dharmasraya. Jalur yang harus ditempuh para peserta, yaitu Sijunjung-Air Paneh-Maloro-Kamang-Kiliranjao-Pulau Punjung-Koto Baru.

Etape empat, Selasa (6/10), TdS akan melalui rute sepanjang 160 kilometer. Rute dimulai dari Muara Labuh, Solok Selatan dan berakhir di Taman Wisata Kandi, Sawahlunto. Jalur yang harus ditempuh para peserta, yaitu Padang Aro-Muara Labuh-Surian-Danau Kembar Bukit Sileh-Solok-Muara Kalaban-Sawahlunto-Kandi.

Etape lima, Rabu (7/10), TdS akan melalui rute sepanjang 145 kilometer. Rute dimulai dari Jam Gadang, Bukittinggi dan berakhir di Istano Basa Pagaruyung, Tanah Datar. Jalur yang harus ditempuh para peserta, yaitu Jam Gadang Bukittinggi-Kapau-Ngarai Sianok-Panta-Malalak-Sicincin-Lembah Anai-Padang Panjang-Rambatan-Tanah Datar.

Pada etape keenam, Kamis (8/10), TdS akan melalui rute sepanjang 135 kilometer. Rute dimulai dari Ngalau Indah, Payakumbuh dan berakhir di Harau, Limapuluh. Jalur yang harus ditempuh para peserta, yaitu Ngalau Indah Payakumbuh-Pakan Rabaa-Balai Tangah-Puncak Pato-Batusangkar-Baso-Payakumbuh-Harau Limapuluh Kota.

Kemudian etape tujuh, Jumat (9/10), TdS akan melalui rute sepanjang 98 kilometer. Rute dimulai dari Equator Bonjol, Pasaman dan berakhir di Simpang Ampat, Pasaman Barat. Jalur yang harus ditempuh para peserta yaitu, Equator Bonjol-Lubuk Sikaping-Rimbo Panti-Talu-Simpang Ampat.

Etape delapan, Sabtu (10/10), TdS akan melalui rute sepanjang 121 kilometer. Rute dimulai dari Simpang Ampek, Pasaman Barat dan berakhir di Puncak Lawang, Agam. Jalur yang harus ditempuh para peserta, yaitu Simpang Ampat-Kinali-Lubuk Basung-Muko muko-Kelok 44-Puncak Lawang.

Etape terakhir, Minggu (11/10), TdS akan melalui rute sepanjang 110 kilometer. Rute dimulai dari Secata, Padang Panjang dan berakhir di Pantai Padang. Jalur yang harus ditempuh para peserta, yaitu Padang Panjang-Lembah Anai-Sicincin-Padang-Universitas Andalas (Unand)-Pantai Padang.

 

Sumber: Antara/Oleh Eko Fajri
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Pelantikan Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Padang Pariaman

Padang Pariaman, beritasumbar.com - Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Padang Pariaman mengadakan pelantikan pengurus baru di Hall Saiyo Sakato, Senin, 20/09 atau 13 Shafar 1433...
- Advertisement -

Lima Positif Covid-19 dan Empat Bebas Isolasi Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Perkembangan kasus Covid-19 Kota Payakumbuh terus melandai dari hari kehari. Dimana sampai Jumat(17/09) kasus aktif virus corona tinggal 49 kasus.

Benarkah Masa Pandemi Covid-19 itu Ibarat Pisau Bermata Dua dan Berkah Bagi Sektor Pertanian” Kita ?

Berbicara tentang pandemi Covid-19, hampir pasti di semua kita langsung tersirat makna negatif setelah mendengar kata “Covid” tersebut. Padahal kenyataannya tidak. Masa pandemi Covid-19 ibaratkan seperti pisau bermata dua. Bagaimana tidak? Ingin tahu kenapa..padahal artikel ini akan kita kupas mengenai itu.
- Advertisement -

Seksi PHU Kemenag Padang Panjang Gelar Rakor Bersama Camat dan Lurah se Kota Padang Panjang

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,- Kankemenag Kota Padang Panjang Gelar Rapat Koordinasi dengan Camat dan Lurah se Kota Padang Panjang tentang Petunjuk Pelaksana Pelimpahan Porsi Jemaah Haji Meninggal Dunia atau Sakit Permanen berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag RI Nomor 130 Tahun 2020 di Aula Kankemenag Kota Padang Panjang, Kamis (16/09/2021)

30 Guru Madrasah Padang Panjang Ikuti PDWK

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang Buya H. Alizar Datuak Sindo Nan Tongga didampingi perwakilan dari BDK Padang Emi Arbi, Pengawas Madrasah Agus Nasution, dan Kepala MAN 3 Padang Panjang Dariman membuka secara resmi kegiatan Pelatihan Di Wilayah Kerja (PDWK) dengan tema Pelatihan Penilaian Pembelajaran Berbasis HOTS tanggal 20 s.d 25 September 2021 di MAN 3 Padang Panjang, Senin (20/09/2021)
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Pelatihan Bahasa Isyarat di MKS, Marfendi: Mungkin Pertama di Indonesia

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pelatihan bahasa isyarat dilaksanakan di Kecamatan Mandiangin Koto Selayan, Kota Bukittinggi diikuti berbagai kalangan, seperti dari pemerintahan kota, kepolisian dan perbankan. Wakil...

Tinjau Pelaksanaan Seleksi CPNS 2021, Bupati Lima Puluh Kota Ingatkan Prokes Covid 19 dan Motivasi Pada Peserta

Lima Puluh Kota,BeritaSumbar.com,-- Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo melakukan peninjauan secara langsung pelaksanaan Tes Sekeksi Kemampuan Dasar (SKD) hari pertama Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di SMPN 1 Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota pada, Rabu (15/9/2021)

Tinjau Belajar Tatap Muka di Sekolah, Bupati: Kolaborasi Pemda dan Satgas Covid-19

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Menyikapi kondisi pandemi Covid-19 dan pembelajaran di tahun ajaran baru 2021/2022 bersifat dinamis mengacu pada kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di masing-masing daerah, dan Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Datuak Bandaro Rajo meninjau dan langsung beberapa sekolah untuk memastikan penerapan protokol kesehatan di lingkungan sekolah.

Cara Aman Transaksi Elektronik, Ini Webinar Kemenkominfo RI di Limapuluh Kota

Limapuluh Kota ,BeritaSumbar.com,— Era digital ditandai dengan transaksi finansial yang tidak lagi menggunakan uang tunai. Melainkan menggunakan sarana elektronik, seperti transaksi melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM), kartu debet, kartu kredit, serta transaksi yang menggunakan teknologi tinggi seperti e-banking, e-commerce, atau epayment.

Bukittinggi Apresiasi Kerja Tim Pemadam yang Menjinakkan Api di Pasar Bawah

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi, mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran tim pemadam kebakaran, yang terjun menjinakkan api membakar los dan kios...

Polres Padang Pariaman Amankan Pencuri Besi Rel Kereta Api

Padang Pariaman, beritasumbar.com -Tim Gagak Hitam Sat Reskrim Polres Padang Pariaman gabungan dengan anggota Polsek Lubuk Alung telah menangkap tersangka pencurian besi padu rel...

dr. Reisa: Daftar Vaksin Sekarang Juga, Stok Vaksin Tersedia

Jakarta,- Juru Bicara Pemerintah, dr. Reisa Broto Asmoro, mendorong masyarakat yang belum mendapatkan vaksinasi Covid-19 untuk segera mendaftarkan dirinya. Menurutnya, Bio Farma telah menyatakan siap untuk mengirim 18 juta dosis vaksin Covid-19 ke seluruh Provinsi di Indonesia di bulan September ini.

Konsepsi: Harapan & Kecemasan

Artikel Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia (ABSAB) Seri 14/1000 “Konsepsi: Harapan & Kecemasan” ------------------------------------------------------------------------------------- Oleh : H. Nofrijal, MA  Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama/IV-e Sebuah ungkapan “kau datang, aku tunggu”, demikian...

Kadis Kominfo Padang Pariaman Beberkan Tips Produktif di Dunia Maya

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com, — Melalui webinar literasi digital yang digelar secara virtual baru-baru ini, Kepala Dinas Kominfo Padang Pariaman, Zahirman membeberkan tips memanfaatkan internet secara bijak dan produktif.

Sikapi Surat Bupati Padang Pariaman, Forkopimca Ulakan Tapakih Lakukan Pengawasan dan Penertiban Usaha Tambak di Wilayahnya.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- Menindaklanjuti Surat Bupati Padang Pariaman nomor 300/313/DPMPTP/VIII-2021 tentang Pengawasan dan Penertiban Pelaksanaan Kegiatan Usaha Tambak Udang, diperintahkan kepada Camat yang ada di wilayah pesisir untuk berkoordinasi dengan Forkopimca dan instansi terkait dalam pelaksanaan kegiatan.
- Advertisement -