32 C
Padang
Senin, Maret 1, 2021
Beritasumbar.com

Tujuh Kecamatan di Kabupaten Agam Akan DIlalui TDS 2015
T

Kategori -

Lubukbasung – Sebanyak tujuh dari 16 kecamatan di Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar), akan dilewati pebalap Tour de Singkarak (TdS) pada etape lima, enam dan delapan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Agam, Hadi Suryadi di Lubuk Basung, Minggu, mengatakan ketujuh kecamatan itu, yakni Lubuk Basung, Tanjung Raya, Matur, Baso, Tilatang Kamang, Ampek Koto dan Malalak.
“Ketujuh kecamatan ini masuk pada etape lima, enam dan delapan,” katanya.

Ia menambahkan, etape kelima pada Rabu (7/10), dengan rute dimulai dari Jam Gadang Kota Bukittinggi dan berakhir di Istano Basa Pagaruyung Kabupaten Tanah Datar.

Jalur yang harus ditempuh para peserta, yaitu Jam Gadang Bukittinggi-Kapau-Ngarai Sianok-Panta-Malalak-Sicincin-Lembah Anai-Padang Panjang-Rambatan-Tanah Datar.

Lalu, etape keenam pada Kamis (8/10), dengan rute dimulai dari Ngalau Indah, Payakumbuh dan berakhir di Harau Kabupaten Limapuluh.

Jalur yang harus ditempuh para peserta, yaitu Ngalau Indah Payakumbuh- akan Rabaa-Balai Tangah-Puncak Pato-Batusangkar-Baso-Payakumbuh-Harau Limapuluh Kota.

Sedangkan etape kedelapan pada Sabtu (10/10), dengan rute dimulai dari Simpang Ampek Kabupaten Pasaman Barat dan berakhir di Puncak Lawang Agam.

Jalur yang harus ditempuh para peserta, yaitu Simpang Ampat – Kinali-Lubuk Basung-Muko muko-Kelok 44-Puncak Lawang.

“Dalam waktu dekat ini panitia dari pusat akan meninjau rute yang akan dilalui pembalap. Pada TdS tahun ini Kabupaten Agam juga merupakan lokasi finis pada etape delapan,” katanya.

Pada TdS 2013, pebalap TdS melewati 10 kecamatan di Agam, yakni Kecamatan Tilatang Kamang, Palupuh, Tanjung Mutiara, Lubukbasung, Tanjung Raya, Matur, Ampek Koto, Banuhampu, Sungai Pua dan Baso.

Sementara TdS 2014, pembalap melewati sebanyak enam kecamatan yakni, Baso, Lubuk Basung, Tanjung Raya, Matur, Banuhampu dan Sungai Pua.

“Ini merupakan keputusan dari panitia pusat, karena setiap tahun jalur yang dilalui selalu berbeda,” katanya.
Para peserta Tour de Singkarak (TdS) 2015, akan berlaga pada 3-11 Oktober 2015 dengan panjang sekitar 1.300 kilometer.

Grand start etape satu dilakukan di Pesisir Selatan, Sabtu (3/10), kemudian para pebalap akan melewati Padang dan berakhir di Pariaman dengan rute yang dilalui sepanjang 136 kilometer.

Etape kedua, Minggu (4/10), TdS akan melalui rute sepanjang 120 kilometer dimulai dari Pantai Tiram, Padang Pariaman dan berakhir di Danau Singkarak, Solok. Jalur yang harus ditempuh para peserta, yaitu Pantai Tiram-Lubuk Alung-Padang-Sitinjau Laut-Lubuk Selasih-Solok Kota-Sumani-Dermaga Danau Singkarak.

Pada etape ketiga, Senin (5/10), TdS akan melalui rute sepanjang 157 kilometer. Rute dimulai dari Desa Wisata, Sijunjung dan berakhir di Koto Baru, Dharmasraya. Jalur yang harus ditempuh para peserta, yaitu Sijunjung-Air Paneh-Maloro-Kamang-Kiliranjao-Pulau Punjung-Koto Baru.

Etape empat, Selasa (6/10), TdS akan melalui rute sepanjang 160 kilometer. Rute dimulai dari Muara Labuh, Solok Selatan dan berakhir di Taman Wisata Kandi, Sawahlunto. Jalur yang harus ditempuh para peserta, yaitu Padang Aro-Muara Labuh-Surian-Danau Kembar Bukit Sileh-Solok-Muara Kalaban-Sawahlunto-Kandi.

Etape lima, Rabu (7/10), TdS akan melalui rute sepanjang 145 kilometer. Rute dimulai dari Jam Gadang, Bukittinggi dan berakhir di Istano Basa Pagaruyung, Tanah Datar. Jalur yang harus ditempuh para peserta, yaitu Jam Gadang Bukittinggi-Kapau-Ngarai Sianok-Panta-Malalak-Sicincin-Lembah Anai-Padang Panjang-Rambatan-Tanah Datar.

Pada etape keenam, Kamis (8/10), TdS akan melalui rute sepanjang 135 kilometer. Rute dimulai dari Ngalau Indah, Payakumbuh dan berakhir di Harau, Limapuluh. Jalur yang harus ditempuh para peserta, yaitu Ngalau Indah Payakumbuh-Pakan Rabaa-Balai Tangah-Puncak Pato-Batusangkar-Baso-Payakumbuh-Harau Limapuluh Kota.

Kemudian etape tujuh, Jumat (9/10), TdS akan melalui rute sepanjang 98 kilometer. Rute dimulai dari Equator Bonjol, Pasaman dan berakhir di Simpang Ampat, Pasaman Barat. Jalur yang harus ditempuh para peserta yaitu, Equator Bonjol-Lubuk Sikaping-Rimbo Panti-Talu-Simpang Ampat.

Etape delapan, Sabtu (10/10), TdS akan melalui rute sepanjang 121 kilometer. Rute dimulai dari Simpang Ampek, Pasaman Barat dan berakhir di Puncak Lawang, Agam. Jalur yang harus ditempuh para peserta, yaitu Simpang Ampat-Kinali-Lubuk Basung-Muko muko-Kelok 44-Puncak Lawang.

Etape terakhir, Minggu (11/10), TdS akan melalui rute sepanjang 110 kilometer. Rute dimulai dari Secata, Padang Panjang dan berakhir di Pantai Padang. Jalur yang harus ditempuh para peserta, yaitu Padang Panjang-Lembah Anai-Sicincin-Padang-Universitas Andalas (Unand)-Pantai Padang.

 

Sumber: Antara/Oleh Eko Fajri
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

37 Kandidat Bertarung Di Pilwanag Serentak Sijunjung 2021 Ikuti Tes Tertulis

Sijunjung, beritasumbar.com - Sebanyak 37 ( tiga puluh tujuh) orang putra terbaik  5 (lima) Nagari di Kabupaten Sijunjung berebut tiket untuk masuk 5 (lima) bursa...
- Advertisement -

CURHAT NYI BLORO; RATU LAUT KIJING

“Berani karena benar, takut karena salah,Rajin pangkal pandai (pintar), bisa karena biasa,Hemat pangkal kaya, boros pangkal miskin,Maka pelajarilah sebab musababnya itu,& berharaplah takdir bisa...

Rida Ananda : Wanita Fokus Jangan Rawat Wajah Saja

Kesehatan organ kewanitaan untuk pencegahan kanker serviks menjadi topik utama dalam Webinar Inspirasi Sehat yang digelar Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Payakumbuh secara daring di Aula Ngalau Indah Lantai III Balai Kota Payakumbuh, Selasa (23/2).
- Advertisement -

PD PII Padang Dilantik; SKB 3 Menteri Kembali Menuai Tantangan

Polemik SKB tiga Menteri kembali menuai tantangan berat dari berbagai elemen di Sumatera Barat, selain tokoh ulama dan tokoh adat; saat ini juga di...

Chris Noel Peraih Rekor MURI Direkrut Indonesia Records

Chris Noel, remaja kelahiran Jakarta 26 Januari 2006 tak sekadar memiliki wajah yang tampan
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Selama Menjabat Bupati dan Wakil Bupati Lima Puluh, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo-Rizki Kurniawan Nakasri Janji tak Akan Terpecah

Sarilamak, beritasumbar.com - Selama menjabat Bupati dan Wakil Bupati Lima Puluh Kota, Sumatera Barat Safaruddin Dt. Bandaro Rajo dan Rizki Kurniawan Nakasri berjanji tidak akan...

Pemko Bukittinggi Programkan Subuh Berjamaah Setiap Jumat

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota Bukittinggi, memprogramkan setiap hari Jumat hingga tahun 2024 nanti, waji menyelenggarakan subuh berjemaah. Hal itu disampaikan Wali Kota Bukittinggi, Erman...

PD PII Padang Dilantik; SKB 3 Menteri Kembali Menuai Tantangan

Polemik SKB tiga Menteri kembali menuai tantangan berat dari berbagai elemen di Sumatera Barat, selain tokoh ulama dan tokoh adat; saat ini juga di...

Wako Bukittinggi Erman Safar Buktikan Janji dan Komitmennya

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Sering memang, seseorang setelah duduk di tahta yang telah didapat, bakal banyak lupa apa yang telah dijanjikan. Penyakit lupa, terkadang harus...

Dilantik Jadi Wako dan Wawako Bukittinggi, Erman Safar – Marfendi Minta Doa Masyarakat

Padang, beritasumbar.com -- Hari ini, Bukittinggi telah resmi memiliki wali kota dan wakil wali kota baru. Dilantik langsung Gubernur Sumbar, Erman Safar - Marfendi...

Presiden Jokowi Lantik Mahyeldi-Audi bersama Dua Gubernur dan Wagub lainnya, Masa Bakti Hingga 2024

Jakarta, beritasumbar.com - Presiden Joko Widodo melantik tiga pasang gubernur dan wakil gubernur terpilih pada Kamis, (25/2), dimana pelantikan tersebut berlangsung di Istana Negara,...

Dirujuk ke RS M Djamil, Pasien Lutut Besar Dibezuk Danlantamal Padang

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Bintang Herlambang (18), pasien lutut membesar sebesar bola kaki karena kanker stadium 4, akhirnya dirujuk ke Rumah Sakit M. Djamil Padang...

BNPT Angkat Novel ‘Si Doel Anak Jakarta’ Versi Original Jadi Webseries untuk Media Pendidikan Toleransi

Novel Si Doel Anak Jakarta versi original yang ditulis oleh Aman Datuk Madjoindo yang diterbitkan oleh Balai Pustaka pada tahun 1932 akan dijadikan webseries oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Pesan webseries tersebut lebih menitikberatkan pada kesalehan, jiwa sosial, dan toleransi anak-anak Betawi.

Lutut Membesar Sebesar Bola Kaki, Ini Penyebabnya

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Miris, rupanya lutut membesar sebesar bola kaki dialami Bintang Herlambang (18), yang kini tengah dirawat di Rumah Sakit Yarsi Bukittinggi, karena...

Kecelakaan di Pendakian Kodok Palupuh, 20 Penumpang Nyaris Tewas

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Sebanyak 20 penumpang bus PO Family BA 7983 DU nyaris tewas, setelah bus hilang kendali di Simpang Pendakian Kodok, Jorong Batang...
- Advertisement -