Pembalap TDS Meluncur di Jantung Kota Bukittinggi..berlatar Gunung Marapi Sedang Bergelut Awan di Pagi Hari

Lubukbasung – Sebanyak tujuh dari 16 kecamatan di Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar), akan dilewati pebalap Tour de Singkarak (TdS) pada etape lima, enam dan delapan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Agam, Hadi Suryadi di Lubuk Basung, Minggu, mengatakan ketujuh kecamatan itu, yakni Lubuk Basung, Tanjung Raya, Matur, Baso, Tilatang Kamang, Ampek Koto dan Malalak.
“Ketujuh kecamatan ini masuk pada etape lima, enam dan delapan,” katanya.

Ia menambahkan, etape kelima pada Rabu (7/10), dengan rute dimulai dari Jam Gadang Kota Bukittinggi dan berakhir di Istano Basa Pagaruyung Kabupaten Tanah Datar.

Jalur yang harus ditempuh para peserta, yaitu Jam Gadang Bukittinggi-Kapau-Ngarai Sianok-Panta-Malalak-Sicincin-Lembah Anai-Padang Panjang-Rambatan-Tanah Datar.

Lalu, etape keenam pada Kamis (8/10), dengan rute dimulai dari Ngalau Indah, Payakumbuh dan berakhir di Harau Kabupaten Limapuluh.

Jalur yang harus ditempuh para peserta, yaitu Ngalau Indah Payakumbuh- akan Rabaa-Balai Tangah-Puncak Pato-Batusangkar-Baso-Payakumbuh-Harau Limapuluh Kota.

Sedangkan etape kedelapan pada Sabtu (10/10), dengan rute dimulai dari Simpang Ampek Kabupaten Pasaman Barat dan berakhir di Puncak Lawang Agam.

Jalur yang harus ditempuh para peserta, yaitu Simpang Ampat – Kinali-Lubuk Basung-Muko muko-Kelok 44-Puncak Lawang.

“Dalam waktu dekat ini panitia dari pusat akan meninjau rute yang akan dilalui pembalap. Pada TdS tahun ini Kabupaten Agam juga merupakan lokasi finis pada etape delapan,” katanya.

Pada TdS 2013, pebalap TdS melewati 10 kecamatan di Agam, yakni Kecamatan Tilatang Kamang, Palupuh, Tanjung Mutiara, Lubukbasung, Tanjung Raya, Matur, Ampek Koto, Banuhampu, Sungai Pua dan Baso.

Sementara TdS 2014, pembalap melewati sebanyak enam kecamatan yakni, Baso, Lubuk Basung, Tanjung Raya, Matur, Banuhampu dan Sungai Pua.

“Ini merupakan keputusan dari panitia pusat, karena setiap tahun jalur yang dilalui selalu berbeda,” katanya.
Para peserta Tour de Singkarak (TdS) 2015, akan berlaga pada 3-11 Oktober 2015 dengan panjang sekitar 1.300 kilometer.

Grand start etape satu dilakukan di Pesisir Selatan, Sabtu (3/10), kemudian para pebalap akan melewati Padang dan berakhir di Pariaman dengan rute yang dilalui sepanjang 136 kilometer.

Etape kedua, Minggu (4/10), TdS akan melalui rute sepanjang 120 kilometer dimulai dari Pantai Tiram, Padang Pariaman dan berakhir di Danau Singkarak, Solok. Jalur yang harus ditempuh para peserta, yaitu Pantai Tiram-Lubuk Alung-Padang-Sitinjau Laut-Lubuk Selasih-Solok Kota-Sumani-Dermaga Danau Singkarak.

Pada etape ketiga, Senin (5/10), TdS akan melalui rute sepanjang 157 kilometer. Rute dimulai dari Desa Wisata, Sijunjung dan berakhir di Koto Baru, Dharmasraya. Jalur yang harus ditempuh para peserta, yaitu Sijunjung-Air Paneh-Maloro-Kamang-Kiliranjao-Pulau Punjung-Koto Baru.

Etape empat, Selasa (6/10), TdS akan melalui rute sepanjang 160 kilometer. Rute dimulai dari Muara Labuh, Solok Selatan dan berakhir di Taman Wisata Kandi, Sawahlunto. Jalur yang harus ditempuh para peserta, yaitu Padang Aro-Muara Labuh-Surian-Danau Kembar Bukit Sileh-Solok-Muara Kalaban-Sawahlunto-Kandi.

Etape lima, Rabu (7/10), TdS akan melalui rute sepanjang 145 kilometer. Rute dimulai dari Jam Gadang, Bukittinggi dan berakhir di Istano Basa Pagaruyung, Tanah Datar. Jalur yang harus ditempuh para peserta, yaitu Jam Gadang Bukittinggi-Kapau-Ngarai Sianok-Panta-Malalak-Sicincin-Lembah Anai-Padang Panjang-Rambatan-Tanah Datar.

Pada etape keenam, Kamis (8/10), TdS akan melalui rute sepanjang 135 kilometer. Rute dimulai dari Ngalau Indah, Payakumbuh dan berakhir di Harau, Limapuluh. Jalur yang harus ditempuh para peserta, yaitu Ngalau Indah Payakumbuh-Pakan Rabaa-Balai Tangah-Puncak Pato-Batusangkar-Baso-Payakumbuh-Harau Limapuluh Kota.

Kemudian etape tujuh, Jumat (9/10), TdS akan melalui rute sepanjang 98 kilometer. Rute dimulai dari Equator Bonjol, Pasaman dan berakhir di Simpang Ampat, Pasaman Barat. Jalur yang harus ditempuh para peserta yaitu, Equator Bonjol-Lubuk Sikaping-Rimbo Panti-Talu-Simpang Ampat.

Etape delapan, Sabtu (10/10), TdS akan melalui rute sepanjang 121 kilometer. Rute dimulai dari Simpang Ampek, Pasaman Barat dan berakhir di Puncak Lawang, Agam. Jalur yang harus ditempuh para peserta, yaitu Simpang Ampat-Kinali-Lubuk Basung-Muko muko-Kelok 44-Puncak Lawang.

Etape terakhir, Minggu (11/10), TdS akan melalui rute sepanjang 110 kilometer. Rute dimulai dari Secata, Padang Panjang dan berakhir di Pantai Padang. Jalur yang harus ditempuh para peserta, yaitu Padang Panjang-Lembah Anai-Sicincin-Padang-Universitas Andalas (Unand)-Pantai Padang.

 

Sumber: Antara/Oleh Eko Fajri
loading...