29 C
Padang
Senin, Januari 25, 2021
Beritasumbar.com

Panwaslu Sawhlunto Tetapkan PPL Pilgub
P

Kategori -

Sawahlunto – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Sawahlunto, Sumatera Barat (Sumbar), pada Sabtu (8/8) telah menetapkan sebanyak 37 orang Panitia Pengawas Lapangan (PPL) untuk pemilihan gubernur.

Ketua Panwaslu setempat, Arlin Junaidi di Sawahlunto, Minggu, mengatakan, seluruh anggota PPL tersebut akan disebar untuk mengawasi seluruh tahapan pemilihan gubernur Sumbar tahun 2015 di setiap desa dan kelurahan yang ada.

“Secara kewenangan perekrutan mereka adalah domainnya Panitia Pengawas Kecamatan, saat ini kami masih menunggu salinan hasil pleno penetapan perekrutan tersebut, yang sudah dilaksanakan tahapannya sejak 1 Agustus 2015,” kata dia.

Terkait pengawasan pihaknya terhadap tahapan pemutakhiran data oleh pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, dia mengatakan, sejauh ini seluruh proses sudah berjalan sesuai aturan yang berlaku dan tidak ditemukan unsur pelanggaran Pemilu.

Namun pihaknya akan terus melakukan pengawasan secara melekat sembari menerbitkan rekomendasi apabila ditemukan masyarakat yang sudah memiliki hak untuk memilih, belum terdata secara baik dan benar sebagai pemilih.

“Sudah ada beberapa rekomendasi yang diterbitkan dan semuanya sudah dikoreksi kembali oleh petugas Panitia Pemungutan Suara (PPS), tempat yang bersangkutan berdomisili,” katanya.

Menurut dia, dari hasil koordinasi dengan KPU Sawahlunto beserta jajarannya, pihaknya optimistis tahapan pemutakhiran data tersebut bisa tuntas hingga 18 Agustus 2015.

Sementara itu, Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Barangin, Ruhyat mengatakan, sejauh ini proses pemutakhiran data di wilayah kecamatan itu sudah mencapai angka di atas 75 persen.

Menurutnya, kendala yang sering dihadapi pihaknya adalah objek pendataan sedang tidak berada ditempat dan harus didatangi secara berulang oleh pihak PPS di jajarannya.

Selain itu, lanjutnya, tidak sinkronnya data kependudukan juga sering ditemukan, seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tercantum di KTP tidak sama dengan data dalam Model A-KWK yang menjadi acuan Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP).

“Namun secara umum semuanya bisa diatasi dan proses pencocokan serta penelitian data pemilih, bisa dituntaskan dalam sisa waktu hingga berakhirnya tahapan ini,” kata dia.

 

Sumber: Antara/Oleh Junisman
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

PDAM Payakumbuh Buka Loket Pembayaran Air Di MPP

Kabar gembira bagi warga Payakumbuh, dalam rangka meningkatkan pelayanan bagi masyarakat pelanggan, Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Sago Payakumbuh telah melaunching payment point (loket pembayaran-red) di Mal Pelayanan Publik (MPP) Balai Kota Payakumbuh.
- Advertisement -

Jemput Bola, Sijunjung Adakan Samsat Keliling

Mobil Samsat keliling mempermudah dan meningkatkan gairah masyarakat untuk membayar pajak kendaraan mereka, kata Kepala Samsat Sijunjung, Masri, diruang kerja, Kamis (21/1).

Covid-19 Merambah Tenaga Pendidik, Dinkes Payakumbuh Prediksi Kasus Bakal Meningkat

Dalam seminggu terakhir, di Kota Payakumbuh telah ditemukan sebanyak 42 orang guru terpapar Virus Corona (Covid-19), 8 diantaranya berdomisili di luar daerah atau daerah tetangga. Mulai dari guru TK, SD, SMP, dan SMK.
- Advertisement -

Ketum DPP PAN H.Zulkifli Hasan, buka Musda V PAN serentak secara virtual

Partai Amanat Nasional menggelar MUSDA DPD PAN ke V yang dilaksanakan serentak secara virtual Sekabupaten/kota Sumatera Barat. Salah satunya DPD PAN, Kabupaten Pesisir Selatan ini.

Dalam Prokes Sekdako Payakumbuh Ke Sekolah, Kunjungi Siswa Dari Keluarga Tak Mampu

Dalam sidak protokol kesehatan ke berapa sekolah yang dilakukan Sekretaris Daerah Rida Ananda, Rabu (20/1), terungkap laporan dari Kepala SMPN 4 Payakumbuh Mardiyus kalau ada siswanya yang tinggal di rumah tidak layak huni, memperihatinkan, sehingga Sekda tersentuh dan ingin melihat langsung kondisinya.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Ingatkan Kemendikbud Soal Siswi Nonmuslim Diwajibkan Berjilbab, PKB Sumbar: Aturan Sekolah Merusak Persatuan Nasional Harus Ditindak

Viralnya sebuah video tentang dipanggilnya orang tua siswa bernama Elianu Hia karena menolak mengenakan jilbab menggegerkan publik sejak Kamis (21/1) kemaren.

Terkait Tambak Udang Dan Tarok City, mahasiswa Lingkar Piaman Datangi Kantor DPRD Padang Pariaman

Pariaman,BeritaSumbar.com,-Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam LIMAPIA bersama Himpunan Mahasiswa Islam komisariat Universitas Eka sakti, pemuda xtc kota Pariaman dan pemuda amal beramal berunjuk rasa...

Polri Ambil Langkah Cepat Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) segera mengambil langkah cepat sebagai antisipasi melonjaknya jumlah kasus terkonfirmasi dan kematian akibat COVID-19 periode 1-14 Januari 2021.

Seleksi LTMPT Terbuka untuk Jalur Vokasi

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) siap mendukung seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi vokasi se-Indonesia. Selain Politeknik, perguruan tinggi yang memiliki jalur vokasi dapat bergabung pada seleksi yang khusus dibuka untuk jenjang Diploma IV atau Sarjana Terapan.

Ketua MPR RI Apresiasi, Ormas Surosowan Indonesia Bersatu, yang Peduli Adat dan Budaya Nusantara

Organisasi Masyarakat (Ormas) Surosowan Indonesia Bersatu menjalin silaturahmi dengan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menerima silaturahmi DPP Surosowan Indonesia Bersatu di Black Stone, Jl Proklamasi, Jakarta Pusat pada Kamis (14-01-2021)

Ini Pesan Dewan Kehormatan PWI Sumbar Didepan Peserta KLW

Sebanyak 35 orang wartawan muda Tanah datar mengikuti kegiatan karya latihan wartawan ( KLW) yang diselenggarakan oleh PWI Tanah datar di pendopo Indojalito Kamis (14/01) kemarin.

13 Paket Kecil Sabu Ditemukan Polres Pessel, 3 Tersangka Diamankan

Pesisir Selatan, beritasumbar.com- Tim Ospnal Satnarkoba Polres Pesisir Selatan kembali membekuk tiga orang tersangka penyalagunaan narkoba, berinisial RE (46) warga Pasar 60, Kecamatan Batang...

AMPERA, Komjen. Pol. Dr. Drs. Boy Rafli Amar, M.H Sosok yang tepat menjadi Kapolri

akarta,Minggu (3/1/21). Ditengah akan habisnya jabatan KAPOLRI Idham Aziz Bapak presiden Ir. Joko widodo meminta wakil komisi 3 DPR RI diminta memanggil Komjen. Pol. Dr.Drs. Boy Rafli Amar untuk menjalani ujian kelayakan sebagai KAPOLRI.

Di Hari Jadi Ke 46, Perumda Air Minum Kota Padang Luncurkan Air Minum Dalam Kemasan

Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Padang meluncurkan produk Air Minum Dalam Kemasan ( AMDK) pada momen hari jadinya yang ke-46 tahun, Rabu (30/12) kemaren.

Antisipasi Jadi Zona Merah, Wilayah Zona Oranye Diminta Perketat Penanganan Covid-19

Zona Oranye atau daerah berstatus risiko sedang penularan Covid-19 bukanlah zona yang aman untuk ditempati. Sayangnya, dalam zona ini diisi mayoritas kabupaten/kota di Indonesia. Satgas Penanganan Covid-19 menyoroti sejumlah daerah yang saat ini masih menghuni zona oranye, jumlahnya mencapai 378 kabupaten/kota berdasarkan data terakhir.
- Advertisement -