25.1 C
Padang
Wednesday, October 28, 2020

Ke Payakumbuh Gubernur Sumbar Bawa Bantuan Rp.5 Milyar Lebih

Payakumbuh – Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, didepan seribuan petani dan peternak dari berbagai kelompok tani di Payakumbuh, minta seluruhnya punya komitmen yang tinggi terhadap peningkatan produksi pertanian. Perhatian pemerintah, tak akan pernah terputus dalam bidang pertanian, dan seyogianya, perhatian itu diaplikasikan dengan peningkatan produksi, agar Payakumbuh menjadi kota terdepan dalam mewujudkan swasembada pangan di tingkat nasional.

Demikian ditegaskan Gubernur Irwan Prayitno, dalam acara silaturahim dengan petani dan peternak di GOR Serbaguna M. Yamin Payakumbuh, Jum’at (6/8). Dalam pertemuan itu, gubernur membawa bantuan total Rp5 Miliyar lebih kepada petani dan peternak di kota ini. Bantuan terbesar dialokasikan kepada Dinas Tanaman Pangan Perkebunan dan Kehutanan lebih kurang Rp3,4 Miliyar, disusul buat Dinas Peternakan dan Perikanan Rp2 M,

Selama di Payakumbuh, gubernur didampingi anggota DPRD Sumbar H. Irsyad Safar, dan sejumlah pejabat terkait Walikota Riza Falepi, Sekdako H. Benni Warlis, Ketua TP-PKK Ny. Henny Riza Falepi serta sejumlah pimpinan SKPD Payakumbuh.

Bantuan buat Dinas Tanaman Pangan, di antaranya berupa belasan handtractor, pengembangan jaringan irigasi tersier yang akan mengaliri 1.400 hektar sawah, bantuan pupuk, bantuan pupuk buat pengembangan upsus jagung, swasembada padi, benih padi, serta bantuan gerakan tanam cabe pada musim kemarau.

Sedangkan, terhadap Dinas Peternakan dan Perikanan, diperuntukkan buat pengembanganbudi daya sapi pera, sapi potong, sapi indukan dan budidaya kambing. Pengembangan budidaya sapi pera diperuntukkan buat Kelompok Baliak Saiyo Kelurahan Payolasek, Kelompok Horiza Padang Sikabu, masing-masing 15 ekor. Sedangkan sapi potong buat Kelompok Makmur Cubadak Air, sebanyak 28 ekor.

Sedangkan, penerima sapi indukan jenis braman cross buat Kelompok Telaga Kelurahan Ompang Tanah Sirah, 23 ekor, kemudian budidaya kambing untuk Kelompok Ingin Maju Bulakan Balai Kandi dan Kelompok Belimbing Seberang Betung, masing-masing 60 ekor.

Sedangkan, petani binaan Kantor Ketahanan Pangan, diberi penghargaan oleh Gubernur sebagai juara pertama Sumbar dalam Lomba Adikarya Pangan Nusantara, yang diraih KWT Bunga Melati Padang Alai. Sebagai juara Sumbar KWT yang dibina Ketua TP-PKK Ny. Henny Riza Falepi ini, memperoleh hadiah Rp6,5 juta.

Gubernur Irwan Prayitno, mengungkapkan, pemko bersama pelaku tani agar ada sama-sama punya komitmen dalam menggali potensi lahan yang tersedia dan mengetahui masalah yang ada di lapangan. Menurutnya, dibutuhkan sinergi antar pemerintah dengan keltan guna pencapaian swasembada pangan.

Dibagian lain gubernur mengatakan, ongkos pertanian dapat ditekan, jika seluruh petani merubah prilaku dari sistem tradisional menjadi modern. “Mengganti sistem pertanian tradisional menjadi sistem modern akan mempersingkat waktu penanaman dan menurunkan biaya produksi,” tegasnya.

Walikota Riza Falepi dalam sambutannya mengaku lega dengan kepedulian Pemprov Sumatera Barat dengan Payakumbuh, dalam upaya meningkatkan kesejahteraan petani dan peternak di Payakumbuh. Menurutnya, kucuran dana dari pemprov dan pemerintah pusat yang kian meningkat, harus disyukuri dengan peningkatan kinerja oleh SKPD terkait dan masyarakat petani,” simpulnya.

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Polres Inhil Ungkap Narkoba, 50 KG Sabu Berhasil Diamankan

Riau, - Sat Narkoba Polres Inhil patut diapresiasi karena berhasil menggagalkan peredaran narkotika jenis shabu seberat 50 kilo, di Perkebunan milik PT...

Sempat Bersitegang Dengan Pendemo,DPRD Tanah Datar Terima Aspirasi Mahasiswa

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Aliansi Mahasiswa seluruh Tanah Datar sempat bersitegang dengan aparat kepolisian saat melakukan demo di kantor DPRD Tanah Datar,Rabu 21/10/2020.

Penyegaran Komitmen PPK Pilkada 2020

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padang Pariaman melakukan kegiatan penyegaran komitmen profesionalitas, dan integritas kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK)...

Geger Penemuan Mayat Didasar Jurang kelok 9

Limapuluh Kota, Minggu Sore kelok Sembilan Kecamatan Harau Kabupaten Limapuluh Kota digegerkan dengan ditemukan seseorang yang jatuh ke jurang. 
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Keripik Karamunting Cemilan Kaya Antioksidan

Padang,- Pandemi Covid-19 tak hanya menghentikan kegiatan perkuliahan mahasiswa secara tatap muka di kampus. Pandemi ini juga memaksa program kreativitas mahasiswa (PKM)...

Polling Pilkada Kota Bukittinggi 2020

Mari semangati calon Walikota - Wakil Walikota Bukittinggi pilihan pembaca dengan klik dukungan di polling di bawah ini.

Polling Pilgub Sumbar 2020

Mari dukung dan semangati kandidat calon Gubernur Sumbar di Pilkada serentak 2020 pilihan pembaca dengan klik polling berikut ini.

Sabar AS, Kearifan Lokal Harus Terus Dijaga

Pasaman,-Bakal calon Wakil Bupati Pasaman SABAR AS beserta rombongan hadiri tradisi buka ikan larangan di Jorong 5 Pertemuan Pasaman, Minggu, 30/8/2020
- Advertisement -