24 C
Padang
Selasa, Januari 26, 2021
Beritasumbar.com

Ke Payakumbuh Gubernur Sumbar Bawa Bantuan Rp.5 Milyar Lebih
K

Kategori -

Payakumbuh – Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, didepan seribuan petani dan peternak dari berbagai kelompok tani di Payakumbuh, minta seluruhnya punya komitmen yang tinggi terhadap peningkatan produksi pertanian. Perhatian pemerintah, tak akan pernah terputus dalam bidang pertanian, dan seyogianya, perhatian itu diaplikasikan dengan peningkatan produksi, agar Payakumbuh menjadi kota terdepan dalam mewujudkan swasembada pangan di tingkat nasional.

Demikian ditegaskan Gubernur Irwan Prayitno, dalam acara silaturahim dengan petani dan peternak di GOR Serbaguna M. Yamin Payakumbuh, Jum’at (6/8). Dalam pertemuan itu, gubernur membawa bantuan total Rp5 Miliyar lebih kepada petani dan peternak di kota ini. Bantuan terbesar dialokasikan kepada Dinas Tanaman Pangan Perkebunan dan Kehutanan lebih kurang Rp3,4 Miliyar, disusul buat Dinas Peternakan dan Perikanan Rp2 M,

Selama di Payakumbuh, gubernur didampingi anggota DPRD Sumbar H. Irsyad Safar, dan sejumlah pejabat terkait Walikota Riza Falepi, Sekdako H. Benni Warlis, Ketua TP-PKK Ny. Henny Riza Falepi serta sejumlah pimpinan SKPD Payakumbuh.

Bantuan buat Dinas Tanaman Pangan, di antaranya berupa belasan handtractor, pengembangan jaringan irigasi tersier yang akan mengaliri 1.400 hektar sawah, bantuan pupuk, bantuan pupuk buat pengembangan upsus jagung, swasembada padi, benih padi, serta bantuan gerakan tanam cabe pada musim kemarau.

Sedangkan, terhadap Dinas Peternakan dan Perikanan, diperuntukkan buat pengembanganbudi daya sapi pera, sapi potong, sapi indukan dan budidaya kambing. Pengembangan budidaya sapi pera diperuntukkan buat Kelompok Baliak Saiyo Kelurahan Payolasek, Kelompok Horiza Padang Sikabu, masing-masing 15 ekor. Sedangkan sapi potong buat Kelompok Makmur Cubadak Air, sebanyak 28 ekor.

Sedangkan, penerima sapi indukan jenis braman cross buat Kelompok Telaga Kelurahan Ompang Tanah Sirah, 23 ekor, kemudian budidaya kambing untuk Kelompok Ingin Maju Bulakan Balai Kandi dan Kelompok Belimbing Seberang Betung, masing-masing 60 ekor.

Sedangkan, petani binaan Kantor Ketahanan Pangan, diberi penghargaan oleh Gubernur sebagai juara pertama Sumbar dalam Lomba Adikarya Pangan Nusantara, yang diraih KWT Bunga Melati Padang Alai. Sebagai juara Sumbar KWT yang dibina Ketua TP-PKK Ny. Henny Riza Falepi ini, memperoleh hadiah Rp6,5 juta.

Gubernur Irwan Prayitno, mengungkapkan, pemko bersama pelaku tani agar ada sama-sama punya komitmen dalam menggali potensi lahan yang tersedia dan mengetahui masalah yang ada di lapangan. Menurutnya, dibutuhkan sinergi antar pemerintah dengan keltan guna pencapaian swasembada pangan.

Dibagian lain gubernur mengatakan, ongkos pertanian dapat ditekan, jika seluruh petani merubah prilaku dari sistem tradisional menjadi modern. “Mengganti sistem pertanian tradisional menjadi sistem modern akan mempersingkat waktu penanaman dan menurunkan biaya produksi,” tegasnya.

Walikota Riza Falepi dalam sambutannya mengaku lega dengan kepedulian Pemprov Sumatera Barat dengan Payakumbuh, dalam upaya meningkatkan kesejahteraan petani dan peternak di Payakumbuh. Menurutnya, kucuran dana dari pemprov dan pemerintah pusat yang kian meningkat, harus disyukuri dengan peningkatan kinerja oleh SKPD terkait dan masyarakat petani,” simpulnya.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Akui Kesalahan Staf, Kepala SMKN 2 Padang Minta Maaf

Menindaklanjuti santernya kabar mengenai pemaksaan penggunaan kerudung bagi siswi non muslim di SMKN 2 Padang, Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Barat, Adib Alfikri, menggelar jumpa pers, Jumat (22/1/2021) malam.
- Advertisement -

Rezka Oktoberia Lantik Ketua Unit Kerja Srikandi PP Se Kota Sawahlunto

Ketua Unit Kerja Srikandi Pemuda Pancasila Sawahlunto dilantik pada Minggu 24/01 kemaren. Menariknya, yang melantik lansung ketua DPW Srikandi PP Sumbar. Hal ini merupakan pertama di SumbarPelantikan Unit Kerja Kecamatan Srikandi PP Dilantik lansung ketua DPW.

Kadis Kominfo Payakumbuh Positif Covid-19 Bersama 15 Orang Lainnya

Di akhir pekan ini, Sabtu (23/1), Kota Payakumbuh kembali mengumumkan penambahan kasus Positif Covid-19. Sebanyak 16 orang dikonfirmasi terpapar virus corona. Diantaranya adalah satu pejabat di pemerintah daerah setempat, yakni Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Payakumbuh.
- Advertisement -

Sekolah TK dan Paud Dimasa Pandemi, Ini Komentar Bunda Paud Payakumbuh

Guna memutus mata rantai penyebaran wabah Covid 19 dan aktifitas masyarakat bisa berjalan, Pemerintah telah membolehkan masyarakat beraktifitas dengan ketentuan tetap menjalani protokol kesehatan.

Erwin Yunaz Hadiri Pelantikan Pengurus Hipmi 3 Daerah

Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz hadir dalam hari yang teristimewa bagi organisasi Himpinan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) 3 daerah di Sumbar. Yakni Kota Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota, dan Kota Sawahlunto.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

FPL Pasbar Rilis Buku Antologi Puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ Karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat

Sejak Forum Pegiat Literasi Pasaman Barat (FPL Pasbar) berdiri, aktivitas literasi di Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat makin kelihatan, terutama pada generasimudanya. Terbukti dengan peluncuran buku antologi puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat yang dirilis oleh FPL Pasbar lewat sebuah acara yang digelar pada Sabtu sore (23/1) di Cafe Seven, Simpang Empat, Pasaman Barat.

KPU Limapuluh Kota Tunjuk Pengacara Untuk Menghadapi Sidang PHP Di MK

Tanjung Pati, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota menunjuk pengacara Sudi Prayitno,S.H., LL.M. sebagai perwakilannya menghadapi sidang gugatan dari pasangan calon Darman Sahladi-Maskar...

Kunjungi Maek, Anggota DPRD Sumbar Siap Bantu Proses Pemekaran Nagari

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Muhammad Ridwan kunjungi Nagari Maek, Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat (22/1). Kunjungan itu dalam rangka menjemput aspirasi masyarakat...

Hadir MPP Payakumbuh, PAM Tirta Sago Siap Maksimalkan Pelayanan Kepada Pelanggan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Perumda Air Minum Tirta Sago (PAM Tigo) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat telah hadir di Mal Pelayanan Publik (MPP) daerah setempat sehingga...

Lima Kantor Hukum Ajukan Diri Mewakili KPU Lima Puluh Kota di Sidang MK

Tanjung Pati, beritasumbar.com - Menhhadapi sidang persengketaan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Kostitusi, lima kantor hukum mengajukan proposal untuk mewakil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...

Sidang Di Lokasi Perkara, PN Batusangkar Periksa Objek Sengketa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Guna menentukan dan pemeriksaan Objek sengketa,Pengadilan Negeri Batusangkar melakukan sidang di lahan perkara yang terletak di Pinggang Bukik Gunung Seribu...

77 Pejabat Baru Dilantik, Ini Tuntutan Wako Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano melantik 77 pejabat struktural daerah itu di Hall Lantai III...

Disnakerin Payakumbuh: 51 Paket Pelatihan Akan Diselenggarakan Pada 2021

Payakumbuh, beritasumbar.com- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, mengemukakan pada tahun 2021 akan  ada 51 pelatihan keterampilan dari berbagai bidang yang akan...

Polres Payakumbuh Rekonstruksi Pembunuhan Di Situjuah, 40 Adegan Diperagakan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan di Jorong Bumbuang, Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota yang terjadi saat hari H...

Jalan Puncak Pato Lintau Berubah Menjadi Objek Wisata Dadakan

Tanah Datar, beritasumbar.com- Puluhan warga masyarakat sekitar Kecamatan Lintau Buo Utara dengan Kecamatan Sungayang ramai mendatangi Jalan Puncak Pato karena menjadi objek wisata dadakan...
- Advertisement -