27 C
Padang
Senin, Januari 18, 2021
Beritasumbar.com

BWS Sumatera V Gelar Rakor dan Pembahasan Hasil Inventarisasi Fisik dan Non Fisik Kegiatan POP Irigasi TA 2020
B

Kategori -

Padang,BeritaSumbar.com,-Dalam rangka melakukan upaya pengaturan irigasi dan pembuangannya serta menjaga dan mengamankan jaringan irigasi agar dapat berfungsi dengan baik, perlu dilakukan operasi dan pemeliharaan jaringan irigasi.

Sejalan dengan hal tersebut dalam rangka melaksanakan kegiatan operasi dan pemeliharaan jaringan irigasi serta berkaitan dengan Peraturan menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) nomor 30/PRT/M/2015 tentang Pengembangan dan pengelolaan Sistem irigasi, perlu dilakukan Persiapan Operasi dan pemeliharaan (POP) jaringan irigasi yang meliputi uji pengaliran, dan inventarisasi kelengkapan sarana pendukung pengelolaan irigasi.

Melalui kegiatan di Rapat Koordinasi Pembahasan hasil inventarisasi fisik dan non fisik kegiatan POP irigasi ini diharapkan pelaksanaan POP jaringan irigasi dapat dilaksanakan dengan baik guna mewujudkan kinerja layanan irigasi yang lebih baik pula dan menjaga serta mengamankan jaringan irigasi agar selalu dapat berfungsi dengan baik. Acara ini langsung di buka oleh Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera V Padang. Acara yang berlangsung di hotel Grand Zuri Padang yang di hadiri 50 peserta dan narasumber dari pusat yang mengikuti via Zoom Meeting.

“Pada hari ini tentunya kita akan membicarakan terkait daerah irigasi yang sudah terbangun ataupun yang terbangun secara parsial, bagaimana pengoperasian dan pemeliharaannya, dan bagaimana program tindak lanjut pembangunan, peningkatan, dan rehabilitasi, rencana penganggaran dan rencana pemantauan dan evaluasinya.
Untuk mendukung pelaksanaan POP perlu dilakukan inventarisasi kelengkapan sarana pendukung seperti peralatan dasar untuk pemeliharaan rutin, dan perlengkapan alat pengaman diri (APD). Khusus dimasa Pandemi ini kita perlu lebih memproteksi diri tidak hanya dengan jaket pelindung atau helm proyek, tetapi juga dengan masker dan handsanitizer. Masker dan Handsanitizer dapat dikatakan bagian dari APD di situasi seperti ini. Selain itu kami ingatkan kembali dalam setiap kegiatan kita baik dilapangan maupun di lingkungan Kantor, mohon selalu mematuhi protokol kesehatan yaitu menjaga jarak, mencuci tangan, dan sebagainya” Kata Dian Kamila,ST,MT selaku Kepala BWS S V Padang.

Disamping data fisik, juga diperlukan data non fisik untuk menilai pengoperasian suatu daerah irigasi secara bertahap maupun menyeluruh. Data non fisik tersebut diantaranya adalah organisasi dan personalia . Ketentuan mengenai jumlah organisasi dan personalia telah diatur dalam Permen PU Nomor 12/PRT/M/2015. Terakhir kepala BWS Sumatera V Padang menghimbau agar tetap menjaga dan memperhatikan protokol kesehatan terutama dalam setiap acara yang berlangsung.(rel)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Ide Sekolah Tangguh Covid-19, Erwin Yunaz Siapkan Pilot Proyek Di Kecamatan Payakumbuh Barat

Proses belajar mengajar (PBM) tatap muka sudah dimulai di Payakumbuh sejak awal tahun 2021. Namun kondisi pandemi Covid-19 membuat protokol kesehatan ketat harus diterapkan di sekolah. Seluruh warga sekolah seperti siswa, guru, dan tenaga kependidikan wajib memakai masker, mencuci tangan, dan mengecek suhu tubuh untuk bisa masuk ke lingkungan sekolah.
- Advertisement -

BPC. HIPMI Pessel Periode 2021 – 2024 dilantik

Para pengusaha muda di Kabupaten Pesisir Selatan diajak untuk lebih bersatu lagi dalam suatu wadah atau organisasi. Ini diperlukan untuk lebih memproteksi para pengusaha muda hingga meningkatkan kompetensinya.

Waspadai ! Perbudakan Intelektual dibalik Akreditasi Perguruan Tiggi

Perguruan Tinggi / Kampus adalah salah satu wadah pendidikan yang sangat berperan penting untuk kemajuan peradaban bangsa dengan mencetak para intelektual yang berkualitas. Melalui keilmuan yang dimilikinya mereka akan terjun kemasyarakat untuk menyelesaikan berbagai problem yang dihadapi.
- Advertisement -

Kerugian Capai Angka 600 Juta lebih, Pemko Siap Bantu Ponpes Cahaya Islami

Musibah kebakaran yang menimpa Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam di Lingkungan Padang Kaduduak Kelurahan Tigo Koto Diate yang terjadi pada Sabtu (16/1) dini hari sekitar pukul 01.10 WIB menyebabkan 124 santriwati dan 20 orang ustadzah harus dirumahkan.

Erwin Yunaz Pimpin Goro Di Gedung Asrama Ponpes CI Yang Terbakar

Wakil Wali Kota Erwin Yunaz memimpin gotong royong pembersihan dan pembenahan puing-puing bekas kebakaran yang menimpa Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam di Lingkungan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara Minggu (17/1) pagi.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Polri Ambil Langkah Cepat Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) segera mengambil langkah cepat sebagai antisipasi melonjaknya jumlah kasus terkonfirmasi dan kematian akibat COVID-19 periode 1-14 Januari 2021.

Seleksi LTMPT Terbuka untuk Jalur Vokasi

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) siap mendukung seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi vokasi se-Indonesia. Selain Politeknik, perguruan tinggi yang memiliki jalur vokasi dapat bergabung pada seleksi yang khusus dibuka untuk jenjang Diploma IV atau Sarjana Terapan.

Ketua MPR RI Apresiasi, Ormas Surosowan Indonesia Bersatu, yang Peduli Adat dan Budaya Nusantara

Organisasi Masyarakat (Ormas) Surosowan Indonesia Bersatu menjalin silaturahmi dengan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menerima silaturahmi DPP Surosowan Indonesia Bersatu di Black Stone, Jl Proklamasi, Jakarta Pusat pada Kamis (14-01-2021)

Ini Pesan Dewan Kehormatan PWI Sumbar Didepan Peserta KLW

Sebanyak 35 orang wartawan muda Tanah datar mengikuti kegiatan karya latihan wartawan ( KLW) yang diselenggarakan oleh PWI Tanah datar di pendopo Indojalito Kamis (14/01) kemarin.

13 Paket Kecil Sabu Ditemukan Polres Pessel, 3 Tersangka Diamankan

Pesisir Selatan, beritasumbar.com- Tim Ospnal Satnarkoba Polres Pesisir Selatan kembali membekuk tiga orang tersangka penyalagunaan narkoba, berinisial RE (46) warga Pasar 60, Kecamatan Batang...

AMPERA, Komjen. Pol. Dr. Drs. Boy Rafli Amar, M.H Sosok yang tepat menjadi Kapolri

akarta,Minggu (3/1/21). Ditengah akan habisnya jabatan KAPOLRI Idham Aziz Bapak presiden Ir. Joko widodo meminta wakil komisi 3 DPR RI diminta memanggil Komjen. Pol. Dr.Drs. Boy Rafli Amar untuk menjalani ujian kelayakan sebagai KAPOLRI.

Di Hari Jadi Ke 46, Perumda Air Minum Kota Padang Luncurkan Air Minum Dalam Kemasan

Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Padang meluncurkan produk Air Minum Dalam Kemasan ( AMDK) pada momen hari jadinya yang ke-46 tahun, Rabu (30/12) kemaren.

Antisipasi Jadi Zona Merah, Wilayah Zona Oranye Diminta Perketat Penanganan Covid-19

Zona Oranye atau daerah berstatus risiko sedang penularan Covid-19 bukanlah zona yang aman untuk ditempati. Sayangnya, dalam zona ini diisi mayoritas kabupaten/kota di Indonesia. Satgas Penanganan Covid-19 menyoroti sejumlah daerah yang saat ini masih menghuni zona oranye, jumlahnya mencapai 378 kabupaten/kota berdasarkan data terakhir.

Antisipasi Varian Baru Covid-19, Pemerintah Tutup Sementara Perjalanan WNA ke Indonesia

Adanya informasi ditemukannya strain atau varian baru virus Covid-19, yang menurut berbagai data ilimiah memiliki tingkat penyebaran lebih cepat, Pemerintah memutuskan untuk menutup sementara masuknya warga negara asing ke Indonesia sebagai upaya pencegahan.

WMI Kecam Pelecehan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya

Ketua Umum Wahana Muda Indonesia (WMI), Handriansyah mengecam aksi pelecehan yang dilakukan oleh Nitizen Malaysia terhadap lagu Kebangsaan Indonesia Raya dalam sebuah content YouTube, menurutnya hal ini merupakan pelecehan terbesar terhadap harga diri dan Martabat Bangsa Indonesia yang berdaulat.
- Advertisement -