27 C
Padang
Rabu, Januari 20, 2021
Beritasumbar.com

Hidroponik 55 siap unggul dalam produksi sayuran sehat dan berkembang menuju kawasan Eco-eduwisata
H

Kategori -

Padang,BeritaSumbar.com,-Sayuran hidroponik adalah sayuran yang tumbuh dengan bantuan cairan yang mengandung mineral yang diperlukan oleh sayuran untuk tumbuh. Berbeda dengan sayuran lainnya yang membutuhkan tanah untuk tumbuh, tanaman hidroponik hanya membutuhkan air bermineral untuk tumbuh. Air yang digunakan untuk menanam sayuran ini pun bisa didaur ulang.

Keunggulan dari produk sayuran hidroponik ini adalah bebas pestisida kimia, rasa sayur renyah dan manis, bersih, dan ramah lingkungan. Namun pengetahuan dan pemahaman masyarakat terkait dengan sayuran hidroponik ini masih sangat sedikit dan tidak merata disemua kalangan, sehingga pemasaran sayuran hidroponik hanya terbatas pada kalangan tertentu saja.

Hidroponik 55 merupakan usaha sayuran hidroponik yang memproduksi sayuran sehat bebas pestisida kimia diantaranya Sawi Pakchoy, sawi Chaisin, Kangkung, Daun Mint dan Selada. Hidroponik 55 didirikan oleh Brian Permana, SP (alumni Fakultas Pertanian UNAND) pada tahun 2017 di Dharmasraya dengan nama awal Kakek Hidroponik.

Setelah berjalan lebih kurang 1 tahun Kakek Hidroponik mengikuti program PWMP (Penumbuhan Wirausahawan Muda Pertanian) di Kampus Pertanian Unand dan lolos seleksi. Pada bulan  Oktober 2018 resmi Kakek Hidroponik berubah nama menjadi Hidroponik 55. Lokasi Hidroponik 55 saat ini di Jln. Sungai Balang Cupak Tangah, Kec. Pauh, Kota Padang, lokasi tapat di belakang sekretariat Pasar Rabu Tani.

Seiring berjalan nya waktu, ditemukan beberapa kendala yang dihadapi oleh Hidroponik 55 dalam mengembangkan usaha nya.  Ditambah dengan kondisi pandemic Covid-19 yang mempengaruhi proses pemasaran dan penjualan sayuran yang diproduksi yang mengakibatkan omset menurun.

Oleh karena itu, tim dosen pengabdian masyarakat Universitas Andalas yang terdiri dari, Ns. Fitri Mailani, M.Kep, Donny Eros, S.S., M.A, Jauharry, SE., MM, Ns. .Mulyanti Roberto Muliantino, M.Kep, Mera Juwita, SP, dan Windy Aulia (Mahasiswa Fakultas Pertanian) melakukan kegiatan pendampingan pada usaha berkembang Hidroponik 55 agar menjadi unggul dalam produksi sayuran sehat dan mengembangkan kawasan Hidroponik 55 menjadi tujuan Eco-Eduwisata.

Setelah berdiskusi dengan mitra ada beberapa permasalahan yang prioritas untuk diselesaikan yaitu ketidak pastian pasar dalam menampung hasil produksi dan keterbatasan pasar yang terbentuk baru untuk masyarakat menengah ke atas saja. Yang kedua adalah masalah hama yang menyebabkan kualitas sayur yang dhasilkan menurun. Dan yang ketiga adalah mengembangkan usaha hidroponik 55 seperti mengolah makanan sehat dan menjadi kawasan Eco-Eduwisata. Kegiatan pengabdian ini direncanakan akan berlangsung selama 3 tahun (2021-2024).

Dengan rencana kegiatan sebagai berikut: 1) merancang pembuatan green-house di kawasan pertanian, 2) meningkatkan promosi dan edukasi secara online dan offline, 3) mengajukan proposal kerja sama dengan restaurant, café, rumah sakit, dan swalayan di kota Padang, 4) mengembangkan usaha Hidroponik 55, dalam mengolah makanan sehat yang berasal dari sayuran hidroponik, 5) mengembangkan kawasan pertanian menjadi kawasan Eco-Eduwisata.

Sebagai langkah awal kegiatan ini, telah dilaksanakan beberapa kegiatan yaitu FGD (Focus Group Discussion) yang dihadiri oleh tim pelaksana, mitra dan ketua Koperasi Majelis Dosen Muda (KMDM) Universitas Andalas  yaitu Bapak Virtuous Setyaka, SIP, MSi dan Ibu Eli Ratni, S.Pt, MP sebagai direktur Pasar Rabu Tani. Kegiatan selanjutnya, Kamis 10 Desember 2020 tim pengabdian mengundang Arif Abdul Putra, yang merupakan penggiat hidroponik dan telah berhasil membuat green house sendiri dikawasan pertanian miliknya, untuk membantu mitra dalam persiapan pembangunan green-house.

Selanjutnya kegiatan FGD terkait persiapan hidroponik 55 menjadi  kawasan Eco-Eduwisata hidroponik dilaksanakan pada tanggal 15 Desember 2020 dan materi disampaikan langsung oleh tim pelaksana pengabdian yaitu Bapak Donny Eros, SS, MA yang sudah berpengalaman mendampingi pengembangan daerah wisata di Sumatera Barat. Kegiatan FGD diakhiri dengan penyampaian materi mengenai pemasaran sayuran hidroponik oleh Bapak Jauharry, SE., MM.

Kegiatan pengabdian masyarakat berkelanjutan membantu usaha berkembang ini di dukung langsung oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Andalas. Kegiatan ini sebagai kontribusi nyata dosen Universitas Andalas dalam melaksanakan tridarma perguruan tinggi khususnya dalam pengabdian masyarakat.

Penulis: Ns. Fitri Mailani, M.Kep (Ketua Tim Pelaksana, Dosen Fakultas Keperawatan Universitas Andalas).

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Sidang Di Lokasi Perkara, PN Batusangkar Periksa Objek Sengketa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Guna menentukan dan pemeriksaan Objek sengketa,Pengadilan Negeri Batusangkar melakukan sidang di lahan perkara yang terletak di Pinggang Bukik Gunung Seribu...
- Advertisement -

Donas Merilis Album The Best Song Volume 1 di Prima Founder Records

Kesuksesan seorang penyanyi tak lepas dari kemampuan seorang penulis lagu dalam mengkomposisi nada untuk lirik, agar dapat diterima oleh orang banyak. Seperti halnya dengan Rimawan Ardono AS yang biasa dipanggil Donas, Musisi Nasional asal Kota Yogyakarta, karya-karya lagunya telah mengantar kesuksesan bagi banyak penyanyi di Tanah Air.

Pemko Payakumbuh Gelar Rapat Sekolah Tangguh

Menindaklanjuti persiapan program sekolah tangguh pada rapat evaluasi covid 19 beberapa waktu lalu, Pemerintah Kota Payakumbuh menggelar Rapat persiapan sekolah tangguh yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Payakumbuh, Rabu(13/1/2021).
- Advertisement -

Irfendi Arbi Serahkan APD Bantuan Donatur

Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi menyerahkan bantuan mesin hand sprayer, cairan desinfektan, masker dan hand sanitizer serta vitamin bagi sekolah-sekolah, kantor wali nagari, kantor camat dan lainnya di Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Limapuluh Kota. Ia berharap bantuan donatur yang disalurkan melalui forum peduli Sumatera Barat itu mampu mencegah penyebaran Covid-19 di daerah ini.

Polri Ambil Langkah Cepat Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) segera mengambil langkah cepat sebagai antisipasi melonjaknya jumlah kasus terkonfirmasi dan kematian akibat COVID-19 periode 1-14 Januari 2021.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Napak Tilas Nagari Koto Gadang, Tanah Leluhur Boy Rafli Amar

Ketua Umum Gema Santri Nusa KH. Akhmad Khambali, SE, MM bersama elemen Santri, Aktivis, Jurnalis dan Tokoh Intelektual Sumatera Barat Melakukan Napak Tilas di Nagari Koto Gadang yg sdh byk Melahirkan Tokoh Nasional dan salah Satunya adalah Komjen Pol Dr.Drs.H. Boy Rafli Amar Dt Rangkayo Basa Kepala BNPT RI.

Kunjungan Komunitas Bundo Kanduang Saniangbaka Kabupaten Solok ke Padang Disambut Orasi Kebudayaan

Kedatangan Komunitas Bundo Kanduang Saniangbaka tersebut disambut orasi kebudayaan, bertajuk 'Sinergitas Pelestarian dan Pemajuan Kebudayaan Minangkabau' yang digelar di Aula Gedung Museum Adityawarman, Jalan Diponegoro No. 10 Padang.

Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat Rilis Website Sekolah Luar Biasa se-Sumatera Barat

Sehubungan dengan diwajibkannya setiap sekolah memiliki website, Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat meluncurkan website Sekolah Luar Biasa (SLB) se-Sumatera Barat Barat pada Senin, 21 Desember 2020 dari pukul 09.00 - 12.00 WIB di Gedung 3 Baltekkomdik Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar.

Sumbar Raih Penghargaan Provinsi Sangat Inovatif

Jelang akhir masa jabatannya, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno seakan tanpa henti menorehkan prestasi berskala nasional, khususnya guna meningkatkan daya saing daerah.

Didampingi Unand, Payo Akan Kembangkan Jeruk Dan Konservasi Bunga Bangkai

Pandemi Covid19 yang terjadi di akhir tahun 2019 telah menyebabkan berbagai masalah baik di sektor kesehatan, sosial, pendidikan, ekonomi, pariwisata dan banyak sektor lainnya. Hingga saat ini lebih dari 75.5 juta orang telah terinfeksi dengan total kematian 1.6 juta jiwa diseluruh dunia. Krisis dan resesi akan terjadi jika pertumbuhan ekonomi tidak kunjung mengalami peningkatan.

FAPERTA Unand Berhasil Bibitkan Bunga Bangkai

Indonesia dikenal sebagai negara dengan keanekaragaman hayati tertinggi didunia (megabiodiversi). Secara biogeografis yang terletak diantara dua samudra dan dua benua menyebabkan Indonesia mempunyai keanekaragaman hayati yang sangat tinggi, diduga lebih tinggi dibandingkan Brazil jika keanekaragaman hayati indonesia baik di daratan maupun di lautan telah teridentifikasi.

BWS Sumatera V Padang Lakukan Serah Terima Pekerjaan Pelaksanaan P3-TGAI Tahap IV TA 2020

Hari ini BWS Sumatera V Padang kembali melaksanakan serah terima pekerjaan P3-TGAI Tahap IV TA 2020. Kegiatan ini merupakan penyerahan aset berupa saluran irigasi tersier yang diwakili oleh 40 P3A yang terlibat pada tahap IV yang tersebar pada 8 kabupaten di Provinsi Sumatera Barat.

HRS Ditahan, PMM Minta Jangan Pertontonkan Ambisi Berburuan Kursi Kapolri

Polisi Secara resmi menahan Habib Rizieq Shihab, tersangka kasus dugaan penghasutan dan melawan petugas terkait kerumunan di Petamburan, Jakarta Pusat (Jakpus). Sebelum melakukan penahanan, polisi menyatakan telah memenuhi hak Habib Rizieq di dalam pemeriksaan.

Terkait Penembakan 6 Anggota Laskar FPI HMI Cabang Padang Minta Tegakkan Hukum Seadil-adilnya

Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Padang dalam hal ini disampaikan oleh Almaizet Putra selaku Wakil Sekertaris Umum Bidang Peguruan Tinggi Kepemudaan (PTKP) mengutuk keras atas penembakan yang dilakukan oleh oknum pihak kepolisian Negara Kesatuan Republik Indonesia terhadap enam orang anggota Front Pembela Islam (FPI).
- Advertisement -