28.1 C
Padang
Minggu, Juni 20, 2021
Beritasumbar.com

Bupati Ali Mukhni Implementasi GERMAS ke-2 di Parit Malintang Sekaligus Peringati Hari Olahraga Nasional
B

Padang Pariaman, beritasumbar.com,-Bupati Padang Pariaman Drs. H. Ali Mukhni hadir bersama Ketua TP-PKK Dra. Hj. Rena Sofia memeriahkan Implementasi GERMAS ke-2 sekaligus memperingati Hari Olahraga Nasional 2019 di Lapangan Bola Parit Malintang, Selasa (10/09).

Bersama Bupati dan isteri turut hadir Sekda H. Jonpriadi, SE, MM, Kabid Kesmas Dinas Kesehatan Provinsi Sumatra Barat Syafwan, S.KM, M.Kes, Kepala OPD se Padang Pariaman, Camat, Wali Nagari, ASN Padang Pariaman, pelajar SMP dan SMA serta tokoh masyarakat Parit Malintang.

Bupati Ali Mukhni berikan apresiasi kepada Kepala Dinas Kesehatan dan jajarannya atas terselenggaranya acara tersebut kedua kalinya setelah di V Koto Kampung Dalam. Mantan guru olahraga yang selalu berolahraga setiap pagi itu mengajak seluruh masyarakat Padang Pariaman untuk selalu menyempatkan diri untuk berolah raga, minimal 30 menit.

“Salah satu indikator hidup sehat yakni rela mengorbankan apapun demi kesehatan yang sejalan dengan lima indikator Gerakan Masyrakat Hidup Sehat (Germas) yaitu aktivitas fisik, budaya makan buah dan sayur, cek kesehatan secara rutin, tidak merokok dan menggunakan jamban sehat,” ujarnya.

Seiring dengan indikator Germas tersebut, Ali Mukhni mengajak masyarakat untuk melakukan peningkatan aktifitas fisik, peningkatan perilaku hidup sehat, penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi, peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit, peningkatan kualitas lingkungan hidup dan peningkatan hidup sehat.

“Untuk tahap ke-2 ini lokus pelaksanaan Germas di Kabupaten Padang Pariaman adalah Kecamatab Enam Lingkung, setelah sebelumnya dilaksanakan di V Koto Kampung Dalam. Untuk kegiatan berikutnya diadakan di Nagari Lareh Nan Panjang kecamatan Sungai Sarik,” tambahnya.

Bupati yang pernah jadi pelatih sepakbola itu mengatakan bahwa implementasi Germas hari itu sekaligus memperingati Hari Olahraga Nasional (Haornas) tahun 2019 tingkat Kab. Padang Pariaman yang diperingati setiap tanggal 9 September.

“Tahun ini Haornas bertemakan ‘Ayo Olahraga, Dimana Saja dan Kapan Saja’ hal ini sejalan dengan Germas dimana kita dianjurkan rutin melaksanakan gerak atau aktivitas fisik,” terangnya.

“Kami sering menghimbau untuk melaksanakan hidup sehat. Hidup sehat hendaknya diawali dari diri pribadi. Kalo kita semua sudah sadar akan kesehatan maka hidup sehat dapat dilaksanakan,” hematnya.

Bupati juga berharap hendaknya semua lapisan masyarakat berkomitmen pada diri sendiri untuk menjaga kesehatan baik itu kesehatan pribadi maupun lingkungan sekitar.

“Kepada yang masih merokok, mulailah untuk berhenti merokok setidaknya jangan kotori udara sekitar dengan asap rokok kita apalagi kita sudah punya Perda Kawasan Tanpa Rokok No. 4 tahun 2017. Perbanyaklah konsumsi buah dan sayur minimal satu mangkok untuk satu orang agar asupan gizi dalam tubuh dapat terpenuhi dan seimbang,” ulas Ali Mukhni. (bus)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Tebing Sunga Tergerus, Tiga Rumah Dan Satu Masjid Terancam Roboh Di Sijunjung

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Kantor Walinagari, Tiga Rumah Penduduk dan masjid Baitul Makmur Nagari Mundam Sakti Kecamatan IV Nagari Kabupaten Sijunjung, terancam roboh karena bangunan ini berdiri dipinggir sungai, tergerus oleh aliran Batang Palangki, kata Walinagari Mundam Sakti Dayusmar, diruang kerjanya dihadapan komisi ll DPRD, sekretarus Dinas PUPR kabupaten Sijunjung, Jumat (18/6) Untuk itu kami perlu melaporkan kondisi ini kepada Komisi ll DPRD serta Dinas PUPR kabupaten Sijunjung, sebelum terjadi musibah bagi warga Mundam Sakti.
- Advertisement -

Satu Orang Meninggal dan Tiga Bebas Isolasi Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh kembali mengumumkan tambahan satu orang masyarakat positif Covid-19 yang meninggal dunia pada Senin (14/06).

Komisi II DPRD Sijunjung Kunjungi Nagari Batu Manjulur

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Komisi ll DPRD Kabupaten Sijunjung melakukan kunjungan kerja ke Nagari Batu Manjulur kecamatan Kupitan dipimpin Yusnidarti Fraksi Golkar, Efrinedi Nangkodo fraksi Nasdem, Amlasta Boy Fraksi PKB dan Redi Susilo Fraksi Demokrat, dan didampingi Sekretaris Dinas PUPR Kabupaten Sijunjung Sarwo Edi pada Kamis (17/6)
- Advertisement -

Ketua IPW Tutup Usia, Yakub ismail: Indonesia Kehilangan Salah Satu Tokoh Kritis

JAKARTA | Ketua Umum Ikatan Media Online Indonesia (IMO-Indonesia), Yakub Ismail mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) H. Neta Saputra Pane pada Rabu (16/6) sekira pukul 10.40 Wib di RS Mitra Keluarga, Bekasi Barat.

BUMN Berburu di Kebun Binatang

Sangat menarik menyimak perjalanan PT POS Indonesia sebuah perusahaan BUMN yang pionir dalam bidang jasa pengiriman barang dan serta pengiriman uang dalam bentuk wesel.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Tim Dari Polres Padang Pariaman Lakukan Kegiatan Power On Hand

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com- Polres Padang Pariaman melaksanakan kegiatan tim Power On Hand yang dipimpin langsung oleh Kapolres Padang Pariaman AKBP Dian Nugraha HBWPS, SH.SIK. Kegiatan yang diadakan pada Jumat 18/6 siang tersebut merupakan rangka pengecekan terhadap Korong yang dinyatakan zona orange.

Tingkatkan Kompetensi Guru Madrasah, MTsN 2 Padang Pariaman Gelar Lokakarya di Bukittinggi

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com,_Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Padang Pariaman gelar Kegiatan Lokakarya Peningkatan Kompetensi Guru di Hotel Pusako Bukittinggi, Sabtu (19/06/2021)

Pasca Penetapan Zona Merah di Kabupaten Padang Pariaman, Polsek Nan Sabaris Gelar Operasi Yustisi

Padang Pariaman, beritasumbar.com,-Dalam upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19 di Kecamatan Ulakan Tapakih (Ultap), Kabupaten Padang Pariaman pasca penetapan zona merah oleh Satgas Covid-19 Provinsi Sumatera Barat, yang berlaku selama satu Minggu, sejak tanggal 13 - 19 Juni 2021. Jajaran Polsek Nan Sabaris dan Koramil 07 Pauh Kambar bersama Pemerintah Kecamatan Ulakan Tapakih dan Puskesmas Ulakan, melakukan Operasi Yustisi di lokasi-lokasi strategis dan beresiko tinggi terhadap penyebaran Covid-19.

BAZNAS Padang Pariaman Bantu Keluarga Punya Rumah Tak Layak Melalui Program Padang Pariaman Peduli

Padang Pariaman, beritasumbar.com - Hari Jum'at, (18/6) berkah sangat dirasakan oleh Keluarga Ali Syofyan yang merupakan salah satu penerima bantuan Rumah Tidak Layak Huni...

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PLN UIW Sumbar Adakan “Program Menanam Buku”

Padang, beritasumbar.com - PT PLN Unit Induk Wilayah (UIW ) Sumbar adakan "Program Menanam Buku" sebagai peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada Jumat (18/06). Kegiatan ini...

10 Orang Pelaku Pungli Dicokok Tim Satreskrim Polres Padang Pariaman

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com,- Satreskrim Polres Padang Pariaman berhasil mengamankan 10 orang yang diduga melakukan pungutan liar (pungli). Mereka tersebut diamankan di lokasi yang berbeda-beda. Selasa 15/6/2021

Ketua Bawaslu Padang Pariaman Buka Sosialisasi Pengawasan Pemilu 2024

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- Jika ada pelanggaran pemilu yang terjadi nanti, silahkan saja laporkan ke Badan pengawas pemilihan umum (Bawaslu) Kabupaten Padang Pariaman, jangan pula ragu dan takut. Hal itu dikatakan oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Padang Pariaman, Anton Ishaq saat membuka sosialisasi pengawasan pemilu/pemilihan partisipatif tahun 2024, Selasa (15/6) di Hotel Minang Jaya Lubuak Aluang.

Wako Fadly Amran Terima Penghargaan Nirwasita Tantra 2020

Padang Panjang, beritasumbar.com - Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano menerima penghargaan Green Leadership “Nirwasita Tantra 2020” kategori Pemerintah Daerah Kota Kecil...

Curah Hujan Tinggi Sebabkan Sejumlah Jalan Di Sijunjung Rusak-Terban

Sijunjung, beritasumbar.com - Curah hujan yang tinggi beberapa waktu terakhir, membuat beberapa titik jalan di Kabupaten Sijunjung rusak dan ada juga yang terban. Sekretaris Dinas PUPR...

Pasca Ditetapkan Zona Merah Covid-19, TNI-Polri Di Pariaman Kunjungi-Pantau Wilayah Penyebaran Tinggi

Padang Pariaman, beritasumbar.com -Pasca ditetapkannya Kabupaten Padang Pariaman dalam zona merah oleh Tim Satgas Covid-19 Provinsi Sumatera Barat pada Sabtu (12/6),  jajaran polres setempat bersama...
- Advertisement -