Padang, BeritaSumbar.com -Festival Danau Cimpago diinisiasi oleh BWS Sumatera V dalam rangka perayaan HUT RI Ke 74 yang berbarengan dengan Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari (HKGB) ke 67, dikemas dalam serangkaian kegiatan cinta lingkungan sekaligus menggalakkan rasa cinta kebersihan kepada masyarakat, khususnya masyarakat disekitaran Danau Cimpago.

Selain fungsi utamanya sebagai sistem pengendali banjir, keberadaan Taman Edukasi Bencana yang digagas oleh BWS Sumatera V, fasilitas arena bermain anak, serta Lapau Panjang Cimpago dapat menjadi alasan mengapa kawasan Danau Cimpago dapat dijadikan alternatif baru wisata keluarga di Kota Padang.

Festival Danau Cimpago dilaksanakan melalui kerja sama dengan berbagai pihak, antara lain Kepolisian Daerah Prov Sumbar, berbagai Dinas dan Instansi Terkait yang mewakili unsur pemerintahan, komunitas peduli sungai, masyarakat, dan perusahaan BUMN hingga Swasta yang juga memiliki kepedulian terhadap upaya menggalakkan rasa cinta kebersihan itu sendiri. Diagendakan berlangsung selama dua hari pada 5-6 September 2019, kegiatan dihari pembukaan langsung dibuka oleh Kepala Kepolisian Daerah Provinsi Sumatera Barat Irjen Pol.Drs.H. Fakhrizal, SH, M.Hum beserta Ibu Ade Fakhrizal dan jajaran Pimpinan Umum Polda Sumbar hingga pengurus Bhayangkari, serta Kepala Dinas PSDA Provinsi Sumatera Barat. Mengawali kegiatan yang sarat akan unsur hiburan sekaligus cinta lingkungan ini, dimeriahkan oleh Senam Tobello persembahan Ibu Ibu Bhayangkari yang juga diikuti oleh seluruh undangan.

“Akhirnya pada hari ini kita dapat menikmati Keindahan Danau Cimpago bukan hanya sebagai bangunan pengendali banjir, tetapi juga spot wisata dan arena berkumpul yang ramah anak dan juga bernilai edukatif” Kata Rifda Suryani, ST, Sp selaku Kepala Dinas PSDA Provinsi Sumatera Barat dalam sambutannya.

Penanaman Pohon dan Susur danau serta penyerahan Green Garden Hidroponik dari Kapolda Sumbar kepada Lurah Purus menjadi rangkaian agenda kegiatan yang menjadi perwujudan kegiatan cinta lingkungan dalam Festival Danau Cimpago itu sendiri. Tidak lupa Kepala BWS Sumatera V, Maryadi Utama, ST, M.Si beserta Kapolda Sumbar turut mengunjungi stand dari 17 Kabupaten/Kota yang berpartisipasi dalam kegiatan Festival. Disela sela kunjungan ke berbagai stand, dalam sesi wawancara media, Kapolda mengatakan “Dulunya, Danau Cimpago ini kotor airnya dan berbau sehingga masyarakat ngga mau main kesini, tapi lihat sendiri, sekarang kita bahkan bisa mengadakan Event besar disini, kita terima kasih dan mengapresiasi BWS Sumatera V yang telah menggagasnya” Kata Irjen Pol. Drs.H.Fakhrizal, M.Hum.

Disamping itu, secara paralel juga dilaksanakan Lomba Marandang dan panggung hiburan yang dimeriahkan oleh Artis- Artis kenamaan Minangkabau masih dalam rangka memeriahkan kegiatan Festival. Esok hari, masih banyak aneka perlombaan yang akan dilaksanakan lomba mewarnai. Acara hiburan ini dapat disaksikan gratis oleh masyarakat Kota Padang dan dimeriahkan dengan Doorprize serta hadiah utama 2 unit sepeda motor hingga besok.

“Tujuan diadakannya Festival Danau Cimpago ini adalah sebagai bentuk upaya Kementerian PUPR melalui BWS Sumatera V untuk memupuk rasa cinta kebersihan kepada masyarakat, sekaligus mensiarkan Kebudayaan masyarakat melalui peragaan berbagai macam ke Khasan budaya di Sumatera Barat, melestarikan kebudayaan Minangkabau, dan memberikan hiburan yang sehat bagi masyarakat di Kawasan Danau Cimpago sekaligus memperkenalkan Danau Cimpago sebagai alternatif destinasi wisata keluarga yang baru di Kota Padang” Kata Maryadi. (Rel/FRP)

loading...