27.7 C
Padang
Sunday, September 20, 2020

Bersama Gubernur, Wako Payakumbuh Ikuti Vidcon BNPB

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, – Disela-sela silaturahmi Hari Raya Idul Adha 1441 H, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno di dampingi Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi ikuti vidcon bersama BNPB dalam program “Sapa daerah, apa kabar zona hijau” di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Payakumbuh, Sabtu (01/08).
Acara yang membahas kiat daerah untuk mempertahan status sebagai zona hijau ini juga diikuti oleh Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie yangmana Kota tersebut telah dua minggu berada dalam zona hijau.
“Untuk Sumatera Barat sendiri sudah dua bulan berada dalam zona hijau yang terdiri dari 14 Kabupaten/Kota, dan karena tingginya intensitas keluar masuk orang ke Sumatera Barat, sekarang hanya 5 Kabupaten/Kota yang zona hijau,” kata Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno didampingi Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi saat Vidcon.
Mengantisipasi hal tersebut, Gubernur Sumbar mengatakan telah melakukan tiga cara untuk meminimalisir penyebaran covid-19 diwilayahnya dengan cara testing, traking dan isolasi.
“Dengan melakukan hal tersebut tingkat kesembuhan di Sumbar cukup tinggi dikisaran 85 persen,” ungkap Irwan Prayitno.
Irwan menyebut tengah menyiapkan perda terkait penanganan covid-19 di Sumbar agar kasus penyebarannya dapat segera teratasi dan memiliki kekuatan hukum.
“Sebelum adanya perda, kita melakukan edukasi dan pendekatan persuasif kepada masyarakat dan disaat perda sudah disahkan bagi masyarakat yang masih membandel dan tidak mau mematuhi protokol kesehatan akan dikenakan sanksi berupa denda dan kurungan,” terang Irwan.
Sedangkan untuk Kota Payakumbuh Sendiri dalam mempertahan zona hijau Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi menyebut semuanya karena kesadaran masyarakat Payakumbuh yang cukup tinggi dalam pencegahan virus korona.
“Salah satu contoh karena tingginya kesadaran masyarakat akan bahaya covid-19 dengan swadaya dan gotong royong masyarakat kita mendirikan kampung tangguh yangmana disana mengontrol keluar masuk warga, dan terus mempertahankan protokol kesehatan,” Ucap Riza Falepi.
Wali Kota dua periode tersebut mengatakan Kota Payakumbuh selalu melakukan gerak cepat apabila ada ditemukan kasus positif di Payakumbuh.
“Tim gugus tugas akan segera melakukan traking menyeluruh, dan swab kepada orang-orang yang kontak dengan pasien yang positif, meski sekarang Payakumbuh sedang berada dalam zona kuning dan akan segera kembali menuju zona hijau,” pungkas Riza. (Humas)

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Irdinansyah Tarmizi Meninggal Dunia

Tanah datar,- Sumatera Barat Berduka, Sabtu 19/9 datang kabar duka bahwa  bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi meninggal dunia pada Sabtu sekira jam...

Satresnarkoba Polres Pessel Bekuk Af Saat Transaksi Narkoba

Pesisir Selatan,-Warga kampung Rawang Kenagarian Painan Utara, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir selatan, tidak bisa berkutik saat anggota Satnarkoba Polres Pessel berhasil...

Tokoh Minta Puan Ke Sumbar Anggap Sudah Selesai, PMM Jangan Politisasi Masyarakat Uni Puan Harus Minta Maaf

Padang - Banyak sejumlah tokoh Sumatera Barat memandang persoalan ucapan Puan Maharani yang menyebut "Semoga sumbar menjadi provinsi yang mendukung negara Pancasila"...

Bangun Komunikasi, Dandim 0311 Pessel gelar Coffee Morning dengan Media

Pesisir Selatan,-Bersama awak media di Kabupaten Pesisir Selatan, Dandim 0311/Pessel Letkol Inf Gamma Arthadilla Sakti, Jumat (18/9) pukul 08.30 Wib menggelar acara "...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

CSR 100 Juta Dari Bank Nagari Untuk Pemko Payakumbuh

Payakumbuh --- Pemerintah Kota Payakumbuh menerima Corporate Social Responsibility (CSR) Bidang Pendidikan sebesar 100 juta rupiah dari Bank Nagari Cabang Payakumbuh di...

Hitungan Jam, Pelaku Pembunuhan di Payobadar Berhasil Dibekuk

Payakumbuh,- Jumat 18/9 pagi warga kota Payakumbuh gempar karena ada seorang nenek meninggal dunia dalam warung dengan luka bekas tusukan sajam di...

Seorang Nenek ditemukan Meninggal Dunia Dengan Luka Tusukan

Payakumbuh,-Warga Payobadar Payakumbuh Timur pada Jumat 18/9 pagi digemparkan dengan penemuan mayar seorang nenek dalam warung tempat almarhumah sehari hari berjualan.

Satpol PP Payakumbuh Dan Tim Gabungan Disiplinkan Masyarakat

Payakumbuh --- Pada hari Rabu (16/9), puluhan petugas yang terdiri dari TNI-POLRI dan Satpol PP Payakumbuh melakukan sidak ke beberapa tempat di...
- Advertisement -