26 C
Padang
Minggu, Juli 21, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Bersama Diskominfo Limapuluh Kota, Wartawan Luak Limopuluah study Komparatif Ke Riau
B

Kategori -
- Advertisement -

Limapuluh Kota ,BeritaSumbar.com,-Puluhan wartawan Luak Limopuluah bersama dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Limapuluh Kota lakukan study komparatif ke Kota Pekan Baru Riau.

Rombongan yang dipimpin Langsung oleh Kadis Kominfo Limapuluh Kota Desri Imam dilepas langsung oleh bupati Limapuluh Kota Syafaruddin Dt Bandaro Rajo di Kantor Bupati Bukik Limau Sarilamak kecamatan Harau pada Senin27/11/23 siang.

Pada kesempatan pelepasan rombongan tersebut Bupati berpesan agar rombongan wartawan yang mengikuti studi komparatif ini agar mengikuti kegiatan dengan sebaik-baiknya.

Ia juga mengapresiasi diskominfo yang telah menfasilitasi kegiatan ini. Menurutnya, kegiatan serupa baru pertama kali dilaksanakan semenjak dirinya dilantik sebagai Bupati Limapuluh Kota 2021 silam.

“Ini yang pertama tapi bukan yang terakhir, insyaallah tahun depan kita anggarkan dengan anggaran yang lebih besar,” katanya.

Kabid Humas Diskominfo Limapuluh Kota, Deni Permana mengatakan studi koperatif ke propinsi Riau ini diikuti 58 wartawan yang bertugas di Limapuluh Kota, kegiatan ini dalam rangka belajar terkait regulasi dan peningkatkan kerjasama antara pemeritah dengan media.

“Kita sengaja mengajak rekan-rekan media mempelajari regulasi yang ada di Pekanbaru. Semoga melalui ini nantinya akan semakin mempererat kerjasama antara media dengan diskominfo,” katanya.

Dikatakan, rombongan akan berangkat ke Pekanbaru Riau selama 4 hari, dari rundown yang telah disiapkan rombongan akan melakukan kunjungan dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pekanbaru dan Kantor Media Riau Pos Group.

Berkujung ke DISKOMINFOSANTIK Pekan Baru

Selasa 28/11/23 rombongan study komparatif langsung menuju kantor Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (DISKOMINFOSANTIK) Kota Pekanbaru di Tenayan Raya.

Rombongan disambut langsung oleh plt Sekretaris Diskominfosantik Pekanbaru Kanastasia Dharma Alam.

Dihadapan rombongan Kanastasia Dharma Alam memaparkan program dinas yang dikelola pihaknya. Untuk tahun 2023 dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Pekanbaru anggarkan dana untuk kerjasama dengan ratusan wartawan dari media cetak, online dan televisi yang bertugas di Kota Bertuah tersebut.

” Iya, untuk dukungan kerjasama dengan Media Massa awalnya kita mengalokasikan dana mencapai 8 M dari total 18 M anggaran DISKOMINFOSANTIK Kota Pekanbaru,” ucapnya di ruang pertemuan Kota Pekanbaru di Kompleks Perkantoran Walikota Pekanbaru di Gedung Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah, Jalan Abdul Rahman Hamid Kelurahan Tuah Negeri Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru, Selasa pagi 28 November 2023.

Namun karena kondisi keuangan, belakangan alokasi kerjasama dengan Media Massa itu menurut Darma pada tahun 2023 turun jadi 6 M.

” Kita melakukan kerjasama dengan ratusan kawan-kawan dari berbagai Media, semua kita alokasikan dana mencapai 8 M, namun belakangan berkurang jadi 6 karena terkait anggaran kita.” Tambahnya.

Lebih jauh Plh Kepala Bidang (KABID) KP DISKOMINFOSANTIK Kota Pekanbaru, Verdhira Dinanti menjelaskan bahwa untuk memaksimalkan kerjasama dengan media massa, semula DISKOMINFOSANTIK masih melakukan secara manual (2019), namun belakangan terus dipermudah dengan sistem informasi.

” Memaksimalkan kerjasama dengan media massa, semula DISKOMINFOSANTIK masih melakukan secara manual (2019), namun belakangan terus dipermudah dengan sistem informasi,” ucapnya.

Sementara Kepala Dinas Komunikasi dan informatika (DISKOMINFO) Kabupaten Limapuluh Kota, Desri menyebutkan bahwa studi koperatif yang dilakukan pihaknya bersama puluhan wartawan yang bertugas di Luhak Limopuluah bertujuan untuk meningkatkan kemitraan dan kerjasama.

” Kami lakukan studi komparatif dengan mengajak puluhan wartawan yang bertugas di Luhak Limopuluah bertujuan untuk meningkatkan kemitraan dan kerjasama,” ujarnya.

Dengan kegiatan tersebut, Desri berharap adanya masukkan terkait kerjasama dengan wartawan/media massa kedepannya.

” Dengan studi koperatif yang kami laksanakan ke DISKOMINFOSANTIK Kota Pekanbaru, kami berharap adanya masukkan dan saran terkait kerjasama dengan media.” Tutupnya.

Diundang Perantau Luak Limopuluah di Pekanbaru

disela sela rehat malam sebelum besoknya melanjutkan kunjungan ke Riau Pos Group Pekanbaru, Rombongan studi komparatif Luak Limopuluah di undang oleh Gonjong Limo Pekanbaru ke sekteretariat mereka.

Gonjong Limo Pekanbaru merupakan organisasi perantau asal Kota Payakumbuh dan Limapuluh Kota yang ada di daerah ini.

Rombongan awak media Luak limopuluah dijamu pengurus Gonjong Limo Pekanbaru disalah satu cafe yang juga sekaligus sekretariat organisasi perantau asal Payakumbuh dan Limapuluh Kota tersebut pada Selasa 28/11/23 malam.

Hadir pengurus inti dari Gonjong Limo Pekanbaru Nikmatul Akrab (penasehat), Dedi Armen (ketua), Sri Novrita (sekretaris), Endri (bendahara), Bastian Koti Datuak Majo Bosa (wakil ketua), Aris Arismon (wakil ketua) serta sejumlah pengurus Gonjong Limo lainnya sampai ke tingkat kecamatan. Juga hadir perantau sukses sekaligus anggota DPRD Riau 4 periode Mira Roza.

Ketua Gonjong Limo Pekanbaru Dedi Armen bangga dikunjungi oleh insan pers dari Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota. Dedi pun mengakui, selalu monitor perkembangan kondisi daerah kampung halaman terutama melalui pemberitaan-pemberitaan insan pers di Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota.

Dedi Armen juga memaparkan program Gonjong Limo Pekanbaru bagi perantau Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota.

Salah satunya melalui program Kartu Tanda Anggota bagi seluruh perantau Gonjong Limo Pekanbaru. Yaitu memiliki kemudahan setiap anggota yang sudah memiliki KTA. Yaitu pemanfaatan KTA dari berobat, kegiatan sosial hingga berbagai kegiatan lainnya yang bermanfaat dan membantu terhadap anggota Gonjong Limo Pekanbaru.

“KTA sekaligus untuk pendataan perantau kita sekaligus ada kemudahan bagi anggota Gonjong Limo Pekanbaru. Alhamdulillah, sekarang sudah banyak perantau kita yang mengurus KTA ini,” ujar Dedi Armen.

Sedangkan, rombongan wartawan dari Limapuluh Kota melalui Kepala Dinas Komunikasi Desri berterimakasih terhadap perhatian dari Gonjong Limo Pekanbaru, terutama jamuan bagi insan pers.

“Mudah-mudahan silaturahmi antara perantau kita Gonjong Limo Pekanbaru tetap terjalin,” ujar Desri.

Berkunjung ke Riau Pos

Rabu 29/11/23 rombongan berkunjung ke dapur redaksi/kantor pusat media Riau Pos. Media yang berdiri sejak 1991 lalu sampai sekarang masih eksis dalam memberikan informasi kepada masyarakat khususnya provinsi riau.

Kedati diserang arus informasi yang semakin cepat, perusahaan media yang memiliki sejarah panjang di Riau ini mampu mempertahankan brand Riau Pos disetiap penyajian pemberitaan.

Hal itu disampaikan Pimpinan Redaksi RiauPos.co, Firman Agus di depan rombongan studi komparatif wartawan Luak Limopuluah bersama Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Limapuluh Kota, Rabu (29/11/2023) di gedung Graha Pena kantor Riau Pos, Jl. HR. Soebrantas.

“Kami bangga senior dan kawan-kawan dari Kabupaten Limapuluh Kota hadir disini hari ini. Terima kasih atas kunjungan silaturahminya,” ucap Firman didampingi Asmawi Ibrahim dan Abdul Gafur.

Ia menyebut, Riau Pos yang dulunya fokus dengan media cetak telah berinovasi dalam menghadapi era teknologi informasi.

“Riau Pos bertansformasi sesuai dengan perkembangan zaman. Kami juga ada media online Riaupos.co. Sejak beberapa tahun terakhir kita juga punya akun media sosial seperti Instagram, Facebook, X, channel youtube dan medsos lainnya,” ungkapnya.

“Sejak beberapa tahun terakhir, untuk melakukan rekruitmen Riau Pos juga melakukan perubahan yang siknifikan. Dima yang dulunya kami hanya mencari yang bisa menulis, namun sekarang kami juga mencari pelamar yang sekaligus bisa membuat konten digital atau editing,” tambahnya.

Usai memberikan sambutan, tim redaksi Riau Pos menampilkan video singkat perjuangan Riau Pos semenjak pertama kali berdiri. Termasuk juga bagaimana perusahaan tersebut bertahan saat pandemi Covid-19.

Sementara itu, Kabid KP Dinas Kominfo Kabupaten Limapuluh Kota, Deni Permana menyampaikan, kegiatan studi komparatif diikuti sebanyak 58 wartawan yang bertugas di Luak Lomopuluah dan lima orang pendamping dari Dinas Kominfo.

“Kami memilih Riau Pos sebagai tujuan kunjungan kami karena melihat dari sejarah panjang salah satu media besar di Provinsi Riau ini. Kami ingin belajar dengan dan melihat langsung bagaimana sistem di Riau Pos ini,” ungkapnya.

Deni berharap, dengan adanya kunjungan langsung tersebut para awak media di Limapuluh Kota dapat belajar banyak dan menambah wawasan untuk kemajuan daerah.

“Dari pertemuan ini kami berharap, kawan-kawan media Limapuluh Kota dapat menggali segala sesuatunya dari Riau Pos dan dapat menambah wawasan kita bersama,” pungkasnya.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img