26 C
Padang
Sabtu, Juli 27, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Benny Dwifa Yuswir Serahkan Secara Simbolis Zakat Kabupaten Sijunjung
B

Kategori -
- Advertisement -

Sijunjung, BeritaSumbar.com,-Pengembalian dana zakat kepada mustahik, bila di kombinasikan dengan dana zakat provinsi dan pusat, bisa menyelesaikan masalah yang dihadapi masyarakat. Karena bantuan yang diberikan sesuai kebutuhan dilapangan, kata Ketua Baznas Kabupaten Sijunjung Hidayatullah. dihadapan peserta Rapat Koordinasi Unit Pengumpul Zakat ( Rakor UPZ) di Gedung Pancasila Muaro, Selasa (28/11).

Bila dikombinasikan dengan dana Zakat Provinsi dan Pusat, maka bantuan untuk satu orang mustahik itu bisa mencapai 50 juta. Kombinasi dengan program nasional dan program provinsi itu sampai 50 juta perunit, karena zakat itu menyelesaikan masalah, bukan sekedar ikut. selama ini persepsinya akan dibantu sekian juta, sisanya cari pada yang lain.Persepsi serupa ini tidak berlaku saat sekarang. Dana zakat harus bisa menyelesaikan masalah di masyarakat, tegas Hidayatullah.

Untuk itu, pengelolaan Zakat di Ranah Lansek Manih harus propesional. Unit Pengumpul Zakat (UPZ) berusaha untuk meyakinkan muzaki dimasing masing intansi untuk selalu membayar ZIS melalui Baznas Kabupaten Sijunjung

Menurut Hidayatullah, Semakin banyak zakat infak dan sedekah yang terhimpun maka semakin banyak juga orang kurang mampu yang dapat kita tolong.

Pada kesempatan ini juga disalurkan dana Zakat Kabupaten Sijunjung, dengan rincian dana tersebut diantaranya, dana zakat Rp. 1.000.000.000,- (Satu Milyar) kepada 2000 mustahik program Sijunjung peduli berupa santunan biaya hidup (Rp. 500.000/mustahik)

Serta dana zakat Rp. 446.300.000,- kepada 1.445 mustahik program Sijunjung cerdas tahap II yaitu, 813 siswa SD sederajat Rp. 300.000,-/mustahik, kemudian kepada 608 siswa SLTP Sederajat Rp. 350.000,-/mustahik, dan 24 siswa SLTA sederajat Rp. 400.000,-/mustahik).jelas Hidayatullah.

Penyerahan dana zakat secara simbolis tersebut diberikan oleh Bupati Benny Dwifa Yuswir dan disaksikan Ketua Baznas, H. Hidayatullah, Lc beserta Wakil Ketua Baznas, H. Dharmawan dan H. Syahril Sada, Kakan Kemenag H, Syamsul Arifin, Kepala OPD, Kabang dilingkup Setdakab Sijunjung, Kepala Pelaksana Baznas, Meri Muliadi, S.Pd dan undangan lainnya.(Alim)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img