32 C
Padang
Selasa, Juli 23, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Pemaksimalan Penggunaan Laboratorium Fisika Untuk Menumbuhkan Jiwa Saintis Siswa
P

Kategori -
- Advertisement -

Oleh: Dr. Ramacos Fardela, S.Si., M.Sc. dan Tim Dosen
Departement Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Andalas

BeritaSumbar.com,- Mata pelajaran Fisika seringkali dianggap sulit dan membosankan oleh sebagian siswa. Untuk mengatasi persepsi bahwa fisika sulit, penting untuk menerapkan metode pengajaran yang interaktif, memberikan contoh dunia nyata, dan memberikan kesempatan untuk eksplorasi dan pemahaman konsep melalui pengalaman langsung.

Penggunaan teknologi, simulasi, dan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa dapat membantu merangsang minat dan memudahkan pemahaman konsep fisika. Maksimalisasi pemanfaatan laboratorium fisika dapat menjadi kunci untuk mengembangkan semangat saintifik siswa.

Perencanaan eksperimen fisika yang praktis dan relevan dengan materi pembelajaran memungkinkan siswa terlibat langsung dalam penyelenggaraan eksperimen, pengukuran data, dan evaluasi hasil. Dengan merancang eksperimen yang mendorong siswa untuk menyelesaikan masalah fisika yang nyata. Hal ini dapat mengajarkan siswa merancang eksperimen mereka sendiri untuk menjawab pertanyaan atau memecahkan masalah tertentu.

Mengoptimalkan peralatan dan teknologi modern di laboratorium, seperti sensor, perangkat lunak simulasi, dan analisis data. Dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk berinteraksi dengan teknologi guna meningkatkan pemahaman mereka terhadap konsep fisika.

Laboratorium Fisika di SMAN 1 Gunung Talang pada saat ini sedang dialih fungsikan menjadi kelas, hal ini berdasarkan penuturan kepala sekolah SMAN 1 Gunung Talang. Berdasarkan hal tersebut, Tim pengabdian Departemen Fisika terhimbau untuk melakukan pengabdian di sekolah tersebut.

Konsep pengabdian yang dirancang adalah pengenalan prototipe yang dirancang oleh mahasiswa di Departemen Fisika, FMIPA Unand. Prototipe yang akan dikenalkan ada dua jenis yaitu (1) Buka tutup palang pintu berdasarkan deteksi wajah. Prototipe ini dirancang pada masa covid-19 melanda dunia, dimana pada saat itu dibutuhkan teknologi yang mampu mengetahui apakah seseorang memakai masker atau tidak, jika orang tersebut memakai masker maka pintu otomatis terbuka dan sebaliknya jika tidak pakai masker maka pintu akan tertutup.

Prototipe ini dirancang oleh mahasiswa Prodi S1 Fisika Kelompok Bidang Keahlian Instrumentasi dan Elektronika. (2) Sistem lampu lalu lintas otomatis juga diperkenalkan kepada siswa, cara kerja dan bagaimana sistem ini terbentuk diajarkan kepada siswa.
Selain itu, pada kesempatan pengabdian ini siswa diajarkan dalam pembuatan program sederhana untuk merancak sistem otomatisasi. Kegiatan pengabdian ini merupakan rangkaian pengabdian Departemen Fisika yang sudah berlangsung dari 1 Agustus sampai 28 November 2023. Hal ini memberikan dampak yang nyata kepada siswa tentang pengetahuan konsep fisika instrumentasi dan elektronika.

Kedepannya diharapkan kegiatan seperti ini dapat dilanjutkan oleh sekolah tentunya dengan menyediakan laboratorium fisika yang memadai. Keberadaan laboratorium fisika disekolah hendaknya selalu eksis, sehingga pembelajaran menjadi lebih menarik.

Jiwa saintis siswa dapat dilatih dengan melaksanakan eksperimen sederhana dari laboratorium fisika tersebut. Selain itu, penting untuk menciptakan lingkungan di laboratorium fisika yang dapat merangsang rasa ingin tahu dan minat siswa terhadap fisika. Keterlibatan aktif dalam eksperimen dan proyek dapat memperkuat pemahaman mereka dan menginspirasi semangat saintifik.
Dukungan penuh untuk serangkaian kegiatan pengabdian ini diberikan oleh Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Andalas, melalui dana PN-Unand FMIPA Universitas Andalas dengan kontrak kegiatan Nomor: 03/UN.16.03.D/PP/FMIPA/2023 tahun anggaran 2023.

Kami mengucapkan terima kasih kepada Tim Pengabdian yang terdiri dari dosen dan mahasiswa Departemen Fisika, Kepala Sekolah, Siswa, dan Guru di SMA N 1 Gunung Talang sebagai Mitra pengabdian yang memberikan layanan yang sangat baik. Kami berharap kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut agar kontribusi Universitas sebagai lembaga pendidikan tinggi dapat terus dirasakan oleh masyarakat.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img