24.4 C
Padang
Selasa, Oktober 19, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Berkas Persyaratan Calon, KPU Lalukan Penelitian Ke Lembaga Terkait
B

- Advertisement -

Payakumbuh – Bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Payakumbuh periode 2017-2022 dari jalur partai politik maupun perorangan sudah menyerahkan syarat calon Wako dan Wawako ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Payakumbuh. Tiga pasangan calon yaitu pasangan Wendra Yunaldi-Ennaidi, Riza Falepi-Erwin Yunas dan Suwandel Muchtar-Fitrial Bachri sebelumnya sudah melakukan tes kesehatan di RSUP M.Djamil Padang.

Sementara itu, Selasa (4/10/2016), sampai dengan pukul 24.00 WIB adalah batas waktu penyerahan perbaikan syarat calon. “Sebelumnya KPU sudah menghimbau kepada setiap paslon bahkan melakukan advokasi untuk melengkapi persyaratan pencalonan, karna untuk persyaratan itu akan bersentuhan dengan instansi lain seperti Kantor Pajak dan Kepolisian,” ungkap Komisioner KPU Kota Payakumbuh Muhammad Khadafi, kepada Beritasumbar.com diruang kerjanya.

Khadafi menambahkan, KPU tetap menjalankan proses pilkada dengan aturan yang sudah ditetapkan. Ia mengaku, perbaikan kelengkapan ketiga pasangan calon sudah ada secara adminitrasi di kantor KPU. Untuk selanjutnya akan masuk kepada proses penelitian berkas calon yang akan dilakukan dari tanggal 5 sampai dengan 11 Oktober 2016. Jika ada dari berkas para calon yang dirasa meragukan dan menimbulkan kecurigaan penyelenggara Pilkada, pihaknya akan melakukan verifikasi terhadap berkas dimana lembaga yang mengeluarkan dokumen yang didampingi langsung oleh Panwaslu.

“KPU akan melakukan proses verifikasi dokumen atau berkas calon ke lembaga yang mengeluarkan dokumen tersebut,” tambah Khadafi, Rabu (5/10/2016).

Lanjut Khadafi, hampir ketiga pasangan calon saat melakukan pendaftaran beberapa waktu lalu, secara adminitrasi bermasalah. “Ada yang tidak lengkap dan ada surat-surat yang dikeluarkan tidak oleh wilayah hukum sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP), kemudian ada persoalan pajak dan nama,” Demikian Khadafi.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img