26 C
Padang
Minggu, Agustus 1, 2021
Beritasumbar.com

BBM Naik, SPBU Asing Bersiap Antre Pembeli
B

Kategori -

Kebijakan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi sebesar Rp 2 ribu yang baru diumumkan pemerintahan Joko Widodo kemarin, menuai banyak komentar.

Pengamat ekonomi Aviliani menilai kenaikan harga BBM saat harga minyak dunia turun tidak memberikan dampak positif secara jangka panjang. Pasalnya, kenaikan harga tersebut hanya menurunkan kuantitas impor minyak dalam jangka pendek.

Untuk diketahui, harga minyak mentah dunia saat ini tengah dalam tren turun dan bergerak di kisaran US$ 80 per barel

“Kenaikan harga BBM ini perlu diapresiasi, meski naik Rp 2 ribu bukan yang ideal. Dengan menaikkan BBM maka impor minyak akan turun, tapi ini jangka pendek, tapi nanti begitu harga minyak naik USD 100 per barel, maka impor akan naik lagi karena harga BBM-nya jadi murah (jika dibandingkan BBM non subsidi),” ujar Aviliani di Jakarta.

Aviliani menilai, disparitas harga BBM bersubsidi dan non subsidi saat ini sudah tak terlalu jauh. Kondisi ini diharapkan membuat masyarakat golongan menengah yang tadinya menggunakan BBM bersubsidi lebih memilih menggunakan BBM non subsidi.

“Jadi sekarang banyak yang antre di Total atau Shell karena harganya cuma beda Rp 1.700,” ungkapnya.

Namun, lanjutnya, begitu harga minyak naik, pemerintah harus melakukan penyesuaian harga lagi guna menekan subsidi BBM yang kembali tinggi.

Menurut Aviliani, sebetulnya ada 2 cara guna menekan subsidi energi ini. Pertama, dengan subsidi tetap dimana pemerintah menetapkan besaran subsidi yang akan diberikan.

“Misal harga BBM itu sebenarnya Rp 11 ribu, pemerintah menetapkan subsidi hanya Rp 3 ribu, jadi harga BBM bersubsidi Rp 8 ribu, tapi kalau harga BBM naik jadi Rp 12 ribu, pemerintah memberikan subsidi tetap sebesar Rp 3 ribu, maka harganya jadi Rp 9 ribu,” jelasnya.

Namun, skema ini diakui memiliki kekurangan yaitu adanya risiko kenaikan harga barang berulang-ulang.

“Baru isu kenaikan BBM saja sudah bisa menaikkan harga barang sebegitu tingginya, bagaimana kalau harga BBM-nya naik berkali-kali, maka harga barang akan naik berulang-ulang,” jelasnya.

Skema kedua dalam mengurangi subsidi BBM tanpa mengurangi daya beli masyarakat adalah pemberian subsidi yang tepat sasaran.

“Jadi misal pemilik motor setelah bayar pajak, didata, nanti dia bisa jadi penerima subsidi BBM atau dengan mengalihkan ke anggaran perbaikan gizi, jadi subsidinya sesuai by name by address,” tandasnya. (Ism/dream)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Penandatangan Kontrak Pembangunan Balai Nikah dan Manasik Haji Padang Panjang Barat Terlaksana

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_ Setelah Sukses Penandatangan Kontrak Pembangunan Gedung Kelas Baru MTsN Kota Padang Panjang dua hari yang lalu di Mushalla Kampus II MTsN Kota Padang Panjang, kembali dilaksanakan Penandatangan Kontrak Pembangunan Balai Nikah dan Manasik Haji Kecamatan Padang Panjang Barat antara Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kankemenag Kota Padang Panjang dengan Pemenang Tender dan Pengawas yang disaksikan oleh Kakanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat,
- Advertisement -

Pohon Kebahagiaan, Watering..

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia Seri 3/1000 Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Di hamparan hijau sawah yang subur, sumber pengairannya berasal dari banyak penjuru mata...

Tim KKN UNRI Berinovasi, Batu Payuang Pakai Rambu Rambu Penunjuk Jalan

Limapuluh Kota, BeritaSumbar.com,-Kuliah kerja nyata (KKN) merupakan suatu bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu di Indonesia. Pelaksanaan kegiatan KKN biasanya berlangsung antara satu hingga dua bulan yang bertempat di daerah setingkat desa.
- Advertisement -

Puluhan Hektar Sawah Di Jorong Pudak Nagari Sijunjung Mengalami Kekeringan

Sijunjung, BeritaSumbar.com,- Puluhan hektar sawah tadah hujan di jorong Pudak Nagari Sijunjung, disinyalir gagal diolah tahun ini, karena rendahnya curah hujan saat ini, kata Malin Cahyo, Tokoh Masyarakat Jorong Pudak, Sabtu (24/7).

Lawan Pembiayaan Rentenir, Gubenur Bersama OJK Kukuhkan Tim TPAKD Se Sumbar

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Setelah dilakukan pertemuan dan sosialisasi sebelumnya pada bulan Maret 2021, yang digagas OJK (Otoritas Jasa Keuangan) Provinsi Sumatra Barat bersama seluruh kabupaten/kota Provinsi Sumatra Barat yang bertujuan untuk menyusun serta percepatan pengukuhan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) kabupaten/kota di Sumatra Barat.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

BNPT dan YHPB bersama Pemuda-Mahasiswa Berikan Bantuan pada Mahasiswa Perantauan dan Masyarakat Terdampak Covid-19

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) bekerjasama dengan Yayasan Harmoni Pemersatu Bangsa (YHPB) membuat gerakan bakti sosial, bertajuk ‘Pemuda dan Mahasiswa Bergerak untuk Indonesia Harmoni: Bakti Sosial kepada Mahasiswa Perantauan se-Indonesia di wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi (Jadetabek), dan masyarakat terdampak pandemi Covid-19’.

MTsN 5 Padang Pariaman Gelar Kegiatan Madrasah Berbagi di Momen Idul Adha.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- "Bahagia itu bersama, bukan sendiri. Senang itu bersama, bukan sendiri. Bahagia itu sesungguhnya sederhana, ketika digapai bersama". Itulah ungkapan yang terucap, oleh Dra. Lismaini Amir, M.Si. Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 5 Padang Pariaman, ketika disambangi awak media di ruang kerjanya usai penyerahan bantuan paket sembako kepada beberapa murid-muridnya.

MENUJU MEJA MAKAN

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 5/1000cerita Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)IV-e Kembali ke meja makan, pernah menjadi “trendy topic” pada tahun...

8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru

Cerita Berseri, Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 4/1000 cerita “8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru” Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Sebutan 8...

Pohon Kebahagiaan, Watering..

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia Seri 3/1000 Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Di hamparan hijau sawah yang subur, sumber pengairannya berasal dari banyak penjuru mata...

Tua, dalam Keajaibannya (Miracle Life)

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 2/1000 Cerita Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)/IV-e Kita semua berhak tahu…! Sebuah penelitian besar di Amerika Serikat menemukan bahwa: Usia...

Ada Temaram di Pintu Aging

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 1/1000 “Ada Temaram di Pintu Aging” Oleh : H. Nofrijal, MA  Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama/IV-e Sudah biasa dan terbiasa ada kata-kata...

Kunjungan Wagub Sumbar Ke Sijunjung, Ini Rangkaian Kegiatannya

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy mengunjungi Kabupaten Sijunjung pada Kamis, 22/7 dengan sejumlah rangkaian kegiatan bersama pemkab setempat. Selama berada berada...

Sefnat Waicang Sampaikan Aspirasi Masyarakat Grime Nawa ke DPD RI

JAKARTA - Perwakilan Masyarakat yang juga Tokoh Masyarakat yang diberikan kuasa untuk persiapan proses pemekaran Kabupaten Grime Nawa diketuai oleh Sefnat Waicang, S.P dan jajaran melakukan kunjungan ke DPD RI, Senayan, Jakarta pada Jumat (16-07-2021)

Banyaknya Keluhan Tentang Konsumen, DPW LPPKI DKI Jakarta Dibentuk

JAKARTA - LPPKI (Lembaga Perlindungan dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia) terus bergerak melakukan pengembangan organisasi, baik ditingkat Provinsi (DPW), maupun ditingkat Kabupaten Kota (DPC).
- Advertisement -