28 C
Padang
Selasa, Oktober 19, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Bantuan Covid- 19 Untuk TPA Tidak Transparan, Pengurus Dilaporkan Ke Polisi
B

- Advertisement -

Tanah Datar, beritasumbar.com– Diduga dana bantuan Covid-19 Taman Pendidikan Al-qur’an (TPA) Surau Annur, Jorong Tanjung Tengah, Nagari Tanjung Bonai,Kecamatan Lintau Buo Utara tidak transparan, pengurus sekaligus guru mengaji dilaporkan ke polisi.

“Pada dasarnya kami melaporkan pengurus TPA pada Senin (11/1) karena dugaan ketidakjelasan penggunaan anggaran yang bersumber dari Kementerian Agama untuk pencegahan Covid-19 terhadap murid yang mengaji di Surau Annur,” kata  Ketua Surau Annur, Ferizal, Senin 18/1.

Ia mengatakan kecurigaan berawal dari tahapan penerimaan bantuan maupun penggunaan dana, tidak pernah disosialisasikan terlebih dahulu kepada pengurus surau,hanya saja mereka minta tanda tangan saya selaku pengurus surau dengan dasar bahwa ada bantuan untuk TPA Annur.

Lebih lanjut menjelaskan, setelah dana turun saya juga diberitahu, akan tetapi realisasi penggunaan anggaran tidak transparan, seperti pembelian perlengkapan protokol kesehatan dan alat kebersihan yang tidak sesuai dengan yang tertera di dalam RAB.

Begitu juga dengan biaya penyuluhan, keamanan serta penyemprotan yang hanya dua orang pengurus saja terlibat di dalamnya.

“Sepengetahuan kami, untuk penyuluhan tentang protokol kesehatan Covid- 19 harus didampingi pihak kesehatan setempat. Untuk pengamanan juga tidak dilibatkannya linmas atau aparat kepolisian,” katanya.

Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Lintau Buo Utara, H.Erisman .S.Ag, saat di konfirmasi menyebutkan pihaknya tidak sepenuhnya mengetahui adanya bantuan untuk TPA tersebut karena pengajuannya melalui situs Kementerian Agama RI serta penyalurannya melalui rekening pengurus masing masing TPA.

“Secara teknis, pedoman kegiatan mengacu pada situs resmi Kemenag, kami hanya diminta mendampingi saja apabila diperlukan saat pelaksanaan,” pungkasnya.(Haries)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img