30.1 C
Padang
Rabu, Mei 18, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

ASN,TNI,POLRI Harus Netralitas Dalam Pelaksanaan Pemilu
A

- Advertisement -

Padang Pariaman, BeritaSumbar.com,-Perhelatan pesta demokrasi nasional Indonesia sudah mulai berlansung. tahap demi tahap sudah dilaksanakan sampai ke pelosok negeri. Bawaslu sebagai salah satu lembaga yang bertugas mengawasi pelaksanaan perhelatan pesta demokrasi ini juga sudah bajibaku sampai ke daerah.
Untuk Kota Pariaman Bawaslu setempat gencar mengadakan sosialisasi tentang pengawasan pemilu serentak 2019 mendatang. Untuk suksesnya pemilihan umum aman damai dan badunsanak di Padang Pariaman ini diperlukan netralitas aparatur sipil negara, TNI dan Polri.
Untuk mengantisipasi atau mencegah adanya temuan ASN,TNI Dan Polri tidak netral, Bawaslu Padang Pariaman lakukan sosialisasi peningkatan pemahaman dan pengetahuan akan perilaku yang bisa menimbulkan tindak pidana pemilu nantinya. Seperti memberikan dukungan kepada para peserta pemilu. Kegiatan sosialisasi ini merupakan item penting dalam pelaksanaan tugas bawaslu demi suksesnya pelaksanaan pemilihan umum serentak tahun depan ujar Anton Ishaq,SE ketua Bawaslu Padang Pariaman ini.
Vitner SH MH dari Divisi Pencegahan, Penindakan dan Hubungan antar Lembaga Bawaslu Provinsi juga menyampaikan “Dengan dilakukanya Sosialisasi ini untuk menjaga terjadinya tindakan tindakan yang mengarah kepada tindak pidana pemilu 2019 nanti . Dengan pemahaman ini tidak ada lagi pejabat Negara melakukan pelangaran tindak pidana pemilu dan menjaga dari perpecahan terhadap pemilu . Juga agar ASN memposisikan dirinya sebagai aparatur Negara yang lebih netral dan tidak memihak salah satu calan pasangan .
Kita berharap melahirkan pemilu yang bersih damai aman tidak ada sengketa yang sanpai ketingkat pengadilan”. imbuh Vitner.
Bawaslu sebagai badan pengawasan terus melakukan upaya perpentif terhadap pelaksanaan demi suksesnya pemilu damai dan bersih dari berbagai sengketa yang menimbulkan pidan pemilu, bersama ASN, TNI, Polri juga ambil bagian dalam penyelengaraan pemilu agar tetap terjaga dengan baik dan sukses.
Kepada semua pihak Vitner juga menyampaikan agar sama sama mengawal jalanya proses pemilu ” tutupnya”. Diakhir Kegiatan sosialisasi bawaslu beserta peserta melakukan Deklarasi Damai penandatangani kesepakatan dengan instansi, Ormas, Bawaslu, TNI, Polres Kabupaten Padang Pariaman, KNPI,PWI Padang Pariaman, Camat se-Kab, Padang Pariaman, Forum Nagari dan Dewan Guru kab Padang Pariaman .(Syamsul)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img