23 C
Padang
Kamis, Januari 28, 2021
Beritasumbar.com

Antisipasi Dampak Berita Hoax Dan Isu SARA, Polres Kampar Gelar FGD
A

Kategori -

Kampar,BeritaSumbar.com,-Antisipasi Berita Hoax, Isu Sara,Adu Domba dan mendukung sepenuhnya Polri dalam menegakkan hukum bagi para pembuat dan penyebar Berita Hoax,Polres Kampar gelar Focus Group Discussion (FDG) pada Jumat 23/3 siang. Acara ini diadakan di Gedung serba guna Polres Kampar.
Kegiatan FGD ini dihadiri Kapolres Kampar AKBP Deni Okvianto SIK, MH beserta sejumlah Pejabat Utama Polres Kampar, Insan Pers Daerah Kampar dan Riau, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Tokoh Adat Kampar.
Untuk Narasumber yang menyampaikan materi pada FGD ini yaitu dari Dinas Kominfo Provinsi Riau Mastar Mahad selaku Pelaksana Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Riau, Ketua PWI Kab. Kampar Akhiryani dan Ketua IWO Prov. Riau Mirdas Adytia.
Narasumber lainnya adalah dari Dewan Kode Etik Pengurus Pusat IWO yaitu H. Casmo Tatilitofa, beliau ini adalah wartawan senior yang lama bertugas sebagai wartawan Istana yang merupakan ayahanda dari AKBP Deni Okvianto.
Selain itu juga diminta menyampaikan materi tentang hoax dari sudut pandang agama oleh salahsatu tokoh agama Kab. Kampar Drs. H. Muhammad MSi.
Kegiatan ini diawali kata sambutan dari Kapolres Kampar AKBP Deni Okvianto SIK, MH yang menyampaikan ucapan selamat datang kepada narasumber serta seluruh undangan yang telah menghadiri acara Forum Group Discussion ini.
Pada kesempatan ini Kapolres menjelaskan bahwa hoax merupakan fenomena baru yang berdampak sangat luas yang dapat mengganggu stabilitas kamtibmas, saat ini tengah berlangsung pesta demokrasi yang tentunya harus didukung situasi yang aman dan kondusif agar agenda nasional ini dapat berjalan dengan sukses dan lancar, jelas Kapolres.
Menutup amanatnya Kapolres berharap agar Forum Group Discussion ini dapat bermanfaat dan berkontribusi bagi kemaslahatan masyarakat, bangsa dan negara.
Penyampaian materi pertama oleh Perwakilan Dinas Kominfo Provinsi Riau Mastar Mahad, mengawali penyampaiannya beliau menjelaskan tentang pengertian hoax adalah suatu kepalsuan yang sengaja dibuat untuk menyaru sebagai kebenaran dengan tujuan tertentu.
Lebih lanjut disampaikan bahwa penyebaran hoax paling tinggi adalah melalui media sosial, sementara isu yang diangkat paling banyak adalah dibidang sosial politik, Sara dan masalah kesehatan.
Selain itu juga dijelaskan tentang cara mendeteksi hoax serta dampak yang ditimbulkan, juga disinggung tentang konsekuensi hukum bagi para pelaku hoax berdasarkan UU RI Nomor 11 tahun 2008 tentang ITE yang telah direvisi menjadi UU RI Nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan atas UU Nomor 11 tahun 2008.
Pembahasan lainnya yang disampaikan adalah mengenai Fatwa MUI tentang Hoax dan ketentuan hukum serta peran pemerintah dalam mengantisipasi hoax.
Penyampaian materi berikutnya dari Ketua PWI Kampar, Akhiryani, salahsatu penekanannya adalah bahwa hoax mengancam cita-cita pendiri bangsa, lebih lanjut disampaikan bahwa telah banyak korban hoax yang bila dibiarkan dapat mengancam keutuhan negara dan bangsa, untuk itu diperlukan peran organisasi wartawan untuk memerangi hoax ini, jelas Ketua PWI Kampar ini.
Sementara pemateri berikutnya Ketua IWO Riau Mirdas Adytia menyampaikan bahwa maraknya informasi hoax saat ini harus disikapi dengan bijak, masyarakat harus diedukasi agar tidak mudah percaya terhadap suatu informasi yang baru diterima, apalagi ikut menyebarkannya tanpa memahami kebenaran informasi yang disampaikan.
H. Casmo Tatilitofa dari Dewan Kode Etik Pengurus Pusat IWO yang juga penulis dan wartawan senior dalam penyampaian materi mengatakan bahwa hoax tidak dapat dikategorikan sebagai berita, sebab berita harus mengikuti kaedah jurnalis dan sebelum disampaikan kepada masyarakat luas harus dipertimbangkan aspek kebenarannya.
Beliau juga mengapresiasi forum diskusi ini sebagai realisasi atas niat untuk memerangi hoax dan semangat kebersamaan dalam memberantas hoax.
Penyampaian materi terakhir dari Tokoh Agama Drs. H. Muhammad MSi, disampaikan beliau bahwa diskusi ini memiliki arti penting dalam penyamaan persepsi menyikapi hoax ini.
Lebih lanjut disampaikan tokoh agama ini bahwa dalam agama islam dikenal istilah Tabayyun, yang pengertiannya bahwa kita harus mengecek kebenaran suatu informasi yang diterima dan tidak menelan mentah-mentah setiap informasi yang didapatkan.
Selain itu kemajuan teknologi informasi belakangan ini juga memiliki efek negatif disamping sisi positifnya yang juga besar, untuk itu mari kita tingkatkan pengawasan dimulai dari lingkungan keluarga agar terhindar dari hal-hal yang negatif, tutupnya.
Acara juga di isi dengan sesi tanyajawab, beberapa perwakilan peserta menyampaikan pertanyaan dan juga pendapatnya kepada narasumber dan juga kepada Kapolres Kampar yang ditanggapi langsung.
Pada intinya seluruh peserta diskusi sepakat bahwa hoax harus dilawan, karena dapat merusak tatanan kehidupan masyarakat serta berpotensi merusak kerukunan dan rasa persatuan.
Acara dituutp dengan deklarasi Tolak Hoax, Isu SARA, Anti Adu Domba serta mendukung sepenuhnya upaya Polri dalam menegakkan hukum terhadap pelaku hoax oleh gabungan Insan Pers, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Tokoh Adat Kab. Kampar.(eman)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Pemko Payakumbuh Ikuti Meeting Zoom Dengan Kemendagri

Menindaklanjuti Surat Edaran Mendagri Nomor 903/145/SJ TGL 12 Januari 2021 tentang percepatan pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2021 dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah, Pemerintah Kota Payakumbuh mengikuti kegiatan Webbinar yang digelar melalui via zoom meeting, Rabu(20/1).
- Advertisement -

13 Anak Punk Diamankan Dan Dibina Satpol PP Payakumbuh

Menindaklanjuti laporan masyarakat yang resah dan merasa terganggu oleh tindakan gank punk di wilayah Kota Payakumbuh, Tim Penegak Perda Kota Payakumbuh atau yang lebih dikenal dengan Satpol PP ini mengamankan sebanyak 13 muda-mudi yang berstyle punk itu, Selasa (26/1) sekitar pukul 14.35 WIB.

Pemko Payakumbuh Ikuti Meeting Zoom Dengan Kemendagri

Menindaklanjuti Surat Edaran Mendagri Nomor 903/145/SJ TGL 12 Januari 2021 tentang percepatan pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2021 dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah, Pemerintah Kota Payakumbuh mengikuti kegiatan Webbinar yang digelar melalui via zoom meeting, Rabu(20/1).
- Advertisement -

13 Anak Punk Diamankan Dan Dibina Satpol PP Payakumbuh

Menindaklanjuti laporan masyarakat yang resah dan merasa terganggu oleh tindakan gank punk di wilayah Kota Payakumbuh, Tim Penegak Perda Kota Payakumbuh atau yang lebih dikenal dengan Satpol PP ini mengamankan sebanyak 13 muda-mudi yang berstyle punk itu, Selasa (26/1) sekitar pukul 14.35 WIB.

Rezka Oktoberia Lantik Ketua Unit Kerja Srikandi PP Se Kota Sawahlunto

Ketua Unit Kerja Srikandi Pemuda Pancasila Sawahlunto dilantik pada Minggu 24/01 kemaren. Menariknya, yang melantik lansung ketua DPW Srikandi PP Sumbar. Hal ini merupakan pertama di SumbarPelantikan Unit Kerja Kecamatan Srikandi PP Dilantik lansung ketua DPW.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Maharnis Zul, Jadikan Payakumbuh Kota Tujuan

Untuk meningkatkan Pariwisata di Kota Payakumbuh, Ketua Komisi B DPRD Kota Payakumbuh, Maharnis Zul, memboyong anggotanya di Komisi B ke Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Payakumbuh, Selasa 26 Januari 2020. Dalam Kunjungan itu, ia meminta kepada jajaran dinas setempat untuk meningkatkan pengawasan dan keamanan terhadap objek wisata Ngalau Indah.

Ingatkan Kemendikbud Soal Siswi Nonmuslim Diwajibkan Berjilbab, PKB Sumbar: Aturan Sekolah Merusak Persatuan Nasional Harus Ditindak

Viralnya sebuah video tentang dipanggilnya orang tua siswa bernama Elianu Hia karena menolak mengenakan jilbab menggegerkan publik sejak Kamis (21/1) kemaren.

Terkait Tambak Udang Dan Tarok City, mahasiswa Lingkar Piaman Datangi Kantor DPRD Padang Pariaman

Pariaman,BeritaSumbar.com,-Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam LIMAPIA bersama Himpunan Mahasiswa Islam komisariat Universitas Eka sakti, pemuda xtc kota Pariaman dan pemuda amal beramal berunjuk rasa...

Polri Ambil Langkah Cepat Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) segera mengambil langkah cepat sebagai antisipasi melonjaknya jumlah kasus terkonfirmasi dan kematian akibat COVID-19 periode 1-14 Januari 2021.

Seleksi LTMPT Terbuka untuk Jalur Vokasi

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) siap mendukung seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi vokasi se-Indonesia. Selain Politeknik, perguruan tinggi yang memiliki jalur vokasi dapat bergabung pada seleksi yang khusus dibuka untuk jenjang Diploma IV atau Sarjana Terapan.

Ketua MPR RI Apresiasi, Ormas Surosowan Indonesia Bersatu, yang Peduli Adat dan Budaya Nusantara

Organisasi Masyarakat (Ormas) Surosowan Indonesia Bersatu menjalin silaturahmi dengan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menerima silaturahmi DPP Surosowan Indonesia Bersatu di Black Stone, Jl Proklamasi, Jakarta Pusat pada Kamis (14-01-2021)

Ini Pesan Dewan Kehormatan PWI Sumbar Didepan Peserta KLW

Sebanyak 35 orang wartawan muda Tanah datar mengikuti kegiatan karya latihan wartawan ( KLW) yang diselenggarakan oleh PWI Tanah datar di pendopo Indojalito Kamis (14/01) kemarin.

13 Paket Kecil Sabu Ditemukan Polres Pessel, 3 Tersangka Diamankan

Pesisir Selatan, beritasumbar.com- Tim Ospnal Satnarkoba Polres Pesisir Selatan kembali membekuk tiga orang tersangka penyalagunaan narkoba, berinisial RE (46) warga Pasar 60, Kecamatan Batang...

AMPERA, Komjen. Pol. Dr. Drs. Boy Rafli Amar, M.H Sosok yang tepat menjadi Kapolri

akarta,Minggu (3/1/21). Ditengah akan habisnya jabatan KAPOLRI Idham Aziz Bapak presiden Ir. Joko widodo meminta wakil komisi 3 DPR RI diminta memanggil Komjen. Pol. Dr.Drs. Boy Rafli Amar untuk menjalani ujian kelayakan sebagai KAPOLRI.

Di Hari Jadi Ke 46, Perumda Air Minum Kota Padang Luncurkan Air Minum Dalam Kemasan

Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Padang meluncurkan produk Air Minum Dalam Kemasan ( AMDK) pada momen hari jadinya yang ke-46 tahun, Rabu (30/12) kemaren.
- Advertisement -