29 C
Padang
Selasa, Mei 11, 2021
Beritasumbar.com

Antisipasi Dampak Berita Hoax Dan Isu SARA, Polres Kampar Gelar FGD
A

Kategori -

Kampar,BeritaSumbar.com,-Antisipasi Berita Hoax, Isu Sara,Adu Domba dan mendukung sepenuhnya Polri dalam menegakkan hukum bagi para pembuat dan penyebar Berita Hoax,Polres Kampar gelar Focus Group Discussion (FDG) pada Jumat 23/3 siang. Acara ini diadakan di Gedung serba guna Polres Kampar.
Kegiatan FGD ini dihadiri Kapolres Kampar AKBP Deni Okvianto SIK, MH beserta sejumlah Pejabat Utama Polres Kampar, Insan Pers Daerah Kampar dan Riau, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Tokoh Adat Kampar.
Untuk Narasumber yang menyampaikan materi pada FGD ini yaitu dari Dinas Kominfo Provinsi Riau Mastar Mahad selaku Pelaksana Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Riau, Ketua PWI Kab. Kampar Akhiryani dan Ketua IWO Prov. Riau Mirdas Adytia.
Narasumber lainnya adalah dari Dewan Kode Etik Pengurus Pusat IWO yaitu H. Casmo Tatilitofa, beliau ini adalah wartawan senior yang lama bertugas sebagai wartawan Istana yang merupakan ayahanda dari AKBP Deni Okvianto.
Selain itu juga diminta menyampaikan materi tentang hoax dari sudut pandang agama oleh salahsatu tokoh agama Kab. Kampar Drs. H. Muhammad MSi.
Kegiatan ini diawali kata sambutan dari Kapolres Kampar AKBP Deni Okvianto SIK, MH yang menyampaikan ucapan selamat datang kepada narasumber serta seluruh undangan yang telah menghadiri acara Forum Group Discussion ini.
Pada kesempatan ini Kapolres menjelaskan bahwa hoax merupakan fenomena baru yang berdampak sangat luas yang dapat mengganggu stabilitas kamtibmas, saat ini tengah berlangsung pesta demokrasi yang tentunya harus didukung situasi yang aman dan kondusif agar agenda nasional ini dapat berjalan dengan sukses dan lancar, jelas Kapolres.
Menutup amanatnya Kapolres berharap agar Forum Group Discussion ini dapat bermanfaat dan berkontribusi bagi kemaslahatan masyarakat, bangsa dan negara.
Penyampaian materi pertama oleh Perwakilan Dinas Kominfo Provinsi Riau Mastar Mahad, mengawali penyampaiannya beliau menjelaskan tentang pengertian hoax adalah suatu kepalsuan yang sengaja dibuat untuk menyaru sebagai kebenaran dengan tujuan tertentu.
Lebih lanjut disampaikan bahwa penyebaran hoax paling tinggi adalah melalui media sosial, sementara isu yang diangkat paling banyak adalah dibidang sosial politik, Sara dan masalah kesehatan.
Selain itu juga dijelaskan tentang cara mendeteksi hoax serta dampak yang ditimbulkan, juga disinggung tentang konsekuensi hukum bagi para pelaku hoax berdasarkan UU RI Nomor 11 tahun 2008 tentang ITE yang telah direvisi menjadi UU RI Nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan atas UU Nomor 11 tahun 2008.
Pembahasan lainnya yang disampaikan adalah mengenai Fatwa MUI tentang Hoax dan ketentuan hukum serta peran pemerintah dalam mengantisipasi hoax.
Penyampaian materi berikutnya dari Ketua PWI Kampar, Akhiryani, salahsatu penekanannya adalah bahwa hoax mengancam cita-cita pendiri bangsa, lebih lanjut disampaikan bahwa telah banyak korban hoax yang bila dibiarkan dapat mengancam keutuhan negara dan bangsa, untuk itu diperlukan peran organisasi wartawan untuk memerangi hoax ini, jelas Ketua PWI Kampar ini.
Sementara pemateri berikutnya Ketua IWO Riau Mirdas Adytia menyampaikan bahwa maraknya informasi hoax saat ini harus disikapi dengan bijak, masyarakat harus diedukasi agar tidak mudah percaya terhadap suatu informasi yang baru diterima, apalagi ikut menyebarkannya tanpa memahami kebenaran informasi yang disampaikan.
H. Casmo Tatilitofa dari Dewan Kode Etik Pengurus Pusat IWO yang juga penulis dan wartawan senior dalam penyampaian materi mengatakan bahwa hoax tidak dapat dikategorikan sebagai berita, sebab berita harus mengikuti kaedah jurnalis dan sebelum disampaikan kepada masyarakat luas harus dipertimbangkan aspek kebenarannya.
Beliau juga mengapresiasi forum diskusi ini sebagai realisasi atas niat untuk memerangi hoax dan semangat kebersamaan dalam memberantas hoax.
Penyampaian materi terakhir dari Tokoh Agama Drs. H. Muhammad MSi, disampaikan beliau bahwa diskusi ini memiliki arti penting dalam penyamaan persepsi menyikapi hoax ini.
Lebih lanjut disampaikan tokoh agama ini bahwa dalam agama islam dikenal istilah Tabayyun, yang pengertiannya bahwa kita harus mengecek kebenaran suatu informasi yang diterima dan tidak menelan mentah-mentah setiap informasi yang didapatkan.
Selain itu kemajuan teknologi informasi belakangan ini juga memiliki efek negatif disamping sisi positifnya yang juga besar, untuk itu mari kita tingkatkan pengawasan dimulai dari lingkungan keluarga agar terhindar dari hal-hal yang negatif, tutupnya.
Acara juga di isi dengan sesi tanyajawab, beberapa perwakilan peserta menyampaikan pertanyaan dan juga pendapatnya kepada narasumber dan juga kepada Kapolres Kampar yang ditanggapi langsung.
Pada intinya seluruh peserta diskusi sepakat bahwa hoax harus dilawan, karena dapat merusak tatanan kehidupan masyarakat serta berpotensi merusak kerukunan dan rasa persatuan.
Acara dituutp dengan deklarasi Tolak Hoax, Isu SARA, Anti Adu Domba serta mendukung sepenuhnya upaya Polri dalam menegakkan hukum terhadap pelaku hoax oleh gabungan Insan Pers, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Tokoh Adat Kab. Kampar.(eman)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

RSUD-Disdukcapil Sijunjung Kerja Sama Penerbitan Anla-Aksi

Sijunjung, beritasumbar.com - Rumah Sakit Umum Daerah ( RSUD) Sijunjung kembali berinovasi menjalin kerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempat untuk penerbitan...
- Advertisement -

DWP Payakumbuh Gelar Bagi Sembako

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,- Darma Wanita Persatuan (DWP) Payakumbuh melalui program DWP peduli memberikan bantuan sembako untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) golongan I, II A, THL serta masyarakat kurang mampu yang tidak mendapatkan BLT dari pemerintah.

Azwar Siri Ketum LPPKI Mengecam Tindakan Oknum Debt Colektor yang Melakukan Upaya Paksa

Padang,BeritaSumbar.com,- Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Lembaga Perlindungan dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia (LPPKI) melalui Ketua Umumnya Azwar Siri.SH mengecam tindakan oknum puluhan Debt Colektor yang mengepung anggota TNI AD Serda Nurhadi anggota Babinsa Semper Timur Kodim 0502 Jakut yang sedang membantu warga nyetir mobil di Tol Koja Barat Jakut pada hari kamis 6 Mei 2021 sebagaimana video yang viral dan beredar luas dikalangan medsos. Hal tersebut disampaikannya saat berbincang-bincang dengan awak media di Kantor Advokatnya di Padang Sumatera Barat pada Minggu 9/5/2021.
- Advertisement -

Prospek Cerah Usaha Minyak Nilam Untuk Meningkatkan Perekonomian dan Kesejahteraan Petani

Padang Pariaman, beritasumbar.com - Tanaman nilam yang bernama latin Pogostemon  patchouli atau Pogostemon cablin Benth adalah tanaman perdu wangi yang memiliki daun berwarna hijau tipis dan tidak kaku.  Daunnya berbentuk...

Tujuh OPD Kota Padang Panjang Peroleh Hak Akses Data Perseorangan Penduduk

Padang Panjang, beritasumbar.com - Sebanyak tujuh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Kota Padang Panjang telah memperoleh hak akses terhadap data perseorangan penduduk. "Ini...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Roda Ekonomi Bukittinggi Mulai Bergerak

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Daya beli masyarakat di pasar kota Bukittinggi, berangsur-angsur mulai membaik, namun suasana perdagangan tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19. Seperti terlihat di Pasar...

Bupati Sijunjung Pimpin Apel Gabungan, 198 Personil Ditugaskan Amankan Lebaran

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk melihat kesiapan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Bupati Sijunjung Beeny Dwifa Yuswir memimpin langsung ‎Apel gelar pasukan dalam...

BNPT Dianugerahi Gatra Innovation Awards 2021 Atas Rilis BNPT TV

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dianugerahi Gatra Innovation Awards 2021 atas Inovasi Edukasi, Kontraradikalisme, dan Deradikalisasi Melalui BNPT TV. Gatra Innovation Awards tahun ini mengangkat tema ‘Inovasi Nyata Membangkitkan Asa Masyarakat’, digelar secara daring pada Jumat, 30 April 2021.

Bersama Forkopimda, Bupati Kunjungi Warga Terdampak Bencana Banjir

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Pasca banjir di Nagari Manggilang, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin DT. Bandaro Rajo bersama dengan unsur Forkopimda meninjau langsung lokasi banjir dan menyerahkan bantuan kepada warga terdampak.

Hergun : THR 100 Persen Kado Terindah Dalam Peringatan May Day

Jakarta,- Pemerintah memberlakukan kebijakan semua perusahaan wajib membayarkan THR kepada karyawannya 100 persen tanpa dicicil demi pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi.

Dewan Penasehat IMO-Indonesia ; Saatnya KPK Bersihkan Oknum Pegawai Yang “Bermain Mata” Dengan Markus

JAKARTA | Ketua Komisi Pemberantaaan Korupsi (KPK) Firli Bahuri didesak untuk membersihkan lembaganya dari oknum anggota yang melakukan praktik tidak terpuji.

Anggota DPR RI Rezka Oktoberia Tampung Aspirasi, Warga Minta Akses Penghubung Bukik Limbuku-Payobasuang

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Sejumlah tokoh masyarakat Nagari Bukik Limbuku, Kecamatan Harau, Lima Puluh Kota menyampaikan aspirasi kepada anggota DPR RI, Rezka Oktoberia...

Selama Libur Lebaran Idul Fitri Objek Wisata Bukittinggi Tetap Buka, Wako: Pengunjung Masuk Dibatasi

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Objek wisata yang ada di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat tetap dibuka selama libur lebaran hari raya Idul Fitri 1442 hijriah. "Objek wisata...

DEMA STAIDA Payakumbuh Gelar Aksi Sosial-Edukasi Dengan Anak Yatim

Payakumbuh, beritasumbar.com - DEMA STAIDA Payakumbuh atau yang dulu dikenal dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) langsungkan kegiatan Daurah Tahfizh Juz 30 di Panti Asuhan Muhammadiyah...

Untuk Pembangunan, Pemkab Sijunjung Jalin Silaturrahmi Dengan Masyarakat Lewat Safari Ramadhan

Sijunjung, beritasumbar.com - Jaga persatuan dan silaturrahmi dikalangan umat serta pemerintah daerah, demi kemajuan dan peningkatan pembangunan di Kabupaten Sijunjung. Hal itu penegasan Ketua Tim...
- Advertisement -