Payakumbuh — Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunaz menyambut kedatangan Ketua Presidium Angkatan 86 Iqbal Willis, SE Dt. Tan Piaman beserta rombongannya dalam acara Penyerahan Bantuan Mobil Ambulance 003 dari Angkatan SMA Lulusan Tahun 1986 kepada masyarakat Kelurahan Tigo Koto Diateh, tepatnya di Masjid Baiturrahim Padang Kaduduak, Jum’at (13/9).

Rombongan disambut dengan tari pasambahan oleh penari cilik Koto Nan Gadang, beserta niniak mamak, alim ulama, cadiak pandai dan bundo kanduang, serta generasi muda setempat.

Angkatan 86 adalah komunitas perkumpulan SLTA lulusan tahun 1986, berawal dari Reuni Akbar ke-25 tahun lulusan SLTA pada 28 Mei 2011 di Central Park Jakarta, dimana panitia saat itu berhasil mengumpulkan sekitar 3000 orang lebih dari 100 lebih SLTA se-Jabodetabek.

Diceritakan, perkenalan dari reuni itu berlanjut dengan inisiatif beberapa panitia dan peserta reuni yang membentuk komunitas. Diwarnai berbagai dinamika organisasi, akhirnya terbentuklah komunitas angkatan 86, dimana kegiatan diawali dengan seringnya berkumpul untuk sekedar bersilaturahmi, menonton, ngopi bersama, olahraga bersama, dan kegiatan kumpul-kumpul lainnya.

Selanjutnya dalam upaya mendukung program pemberantasan narkoba kurun waktu 4 tahun terakhir ini angkatan 86 juga aktif mengikuti pelatihan pelatihan penyuluhan anti narkoba bersama BNN serta mengadakan penyuluhan anti narkoba ke sekolah-sekolah.

Kemudian dalam 2 tahun terakhir, sejak 2017, tetap melaksanakan kegiatan positif lainnya angkatan 86 juga aktif mengumpulkan dana dari para donatur untuk ikut membantu meringankan masyarakat yang membutuhkan dengan memberikan donasi berupa kendaraan ambulans gratis.

Sampai saat ini angkatan 86 telah berhasil membeli dan mendonasikan kendaraan ambulans sebanyak 3 unit, dan untuk yang ketiga ini berdasarkan berbagai pertimbangan dan seleksi kriteria diberikan ke Masjid Baiturrahim, Kelurahan Tigo Koto Diateh, Kecamatan Payakumbuh Utara, Kota Payakumbuh.

Sedangkan 2 unit kendaraan ambulans sebelumnya disumbangkan untuk salah satu masjid di Bekasi dan Tangerang.

“Kita berharap semoga ambulance gratis tersebut dapat dipelihara dengan baik dan banyak bermanfaat bagi siapapun yang membutuhkan serta digunakan dengan tidak memilih berdasarkan suku, ras, agama, dan golongan tertentu. Tetapi untuk seluruh masyarakat yang membutuhkannya secara gratis,” kata Iqbal Willis Dt. Tan Piaman.

Mewakili niniak mamak Koto Nan Godang, Wal’Asri Dt. Paduko Nan Sati mengucapkan selamat datang kepada rombongan sekaligus mengungkapkan rasa bahagia atas sumbangan ambulance dari Alumni 86 yang dinilai sangat bermanfaat sekali untuk melayani kesehatan masyarakat.

Wakil Walikota Erwin Yunaz mengatakan Walikota Riza Falepi merespon positif bantuan Angkatan 86 dan komit akan mempergunakannya dengan baik, untuk masyarakat Payakumbuh khususnya di Padang Kaduduak, Pemko Payakumbuh juga akan memonitor jalannya Ambulance ini.

“Kira juga memiliki program pelayanan kesehatan gratis, dengan call center 112. Masyarakat akan memiliki pelayanan online service, namanya IR112, dan mobil ambulance ini akan masuk ke list, dan menjadi tambahan kekuatan dalam melayani masyarakat Payakumbuh,” pungkas Erwin. (Humas)

loading...