26.3 C
Padang
Wednesday, September 23, 2020

Ali Mukhni, Mulai tahun Ini Pemkab Padang Pariaman Laksanakan Rakor 2 Kali

Padang Pariaman, beritasumbar.com ,-Mulai tahun ini, Rapat Koordinasi Pejabat Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman dilaksanakan dua kali setahun. Hal itu disampaikan Bupati Ali Mukhni saat membuka acara Rapat Koordinasi Pejabat Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman dalam rangka Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD) Tahun 2017, di aula Kantor Bupati di Parit Malintang, Rabu (04/07).
Permintaan Ali Mukhni ini didasari atas pentingnya koordinasi antar Kepala OPD d lingkungan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman guna percepatan pelaksanaan pembangunan di tanah Saiyo Sakato itu. Tahun tahun sebelumnya, rapat koordinasi hanya dilaksanakan sekali setahun.
“EKPPD berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2008 tentang Pedoman Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah. EKPPD dilakukan untuk menilai kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah dalam upaya peningkatan kinerja berdasarkan prinsip tata kepemerintahan yang baik,” kata Ali Mukhni.
Sumber informasi utama yang digunakan untuk EKPPD adalah LPPD yang disampaikan Kepala Daerah dan sumber informasi lainnya sebagaimana dimaksud pada Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2008.
LPPD adalah laporan atas penyelenggaraan pemerintahan daerah selama 1 (satu) tahun anggaran berdasarkan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) yang disampaikan oleh kepala daerah kepada Pemerintah.
Permintaannya disambut baik oleh Asisten Pemerintahan Setdaprov Sumbar Devi Kurnia SH MM dan Auditor Muda Inspektorat Daerah Provinsi Sumbar Mirza Dewi Astuti, ST yang dipercaya sebagai narasumber.
Menurut Devi Kurnia, permintaan Bupati Ali Mukhni itu menunjukkan komitmennya untuk menciptakan pemerintahan yang baik di Padang Pariaman.
“Hal ini memang terbukti dengan melihat dari peringkat dan status kinerja penyelenggaraan Kabupaten Padang Pariaman beberapa tahun terakhir sudah memperlihatkan kecenderungan yang positif,” jelas Devi.
Pada tahun 2014 Padang Pariaman berada pada peringkat 11 dari 12 kabupaten di Sumbar. Tahun 2015 naik drastis meraih peringkat 6 dan tahun 2016 naik satu peringkat lagi menjadi peringkat 5.
Pada tingkat nasional juga memperlihatkan kecenderungan yang positif. Berdasarkan evaluasi secara nasional, Padang Pariaman, tahun 2015 rangking 168, dengan skor nilai 2,9426 dengan status kinerja TINGGI. Tahun 2016 rangking 121, dengan skor nilai 3,1217 dengan status kinerja SANGAT TINGGI.
“Patut disyukuri bersama bahwa hal tersebut menggambarkan kinerja pemerintah daerah setiap tahunnya terus mengalami peningkatan,” imbuh Bupati Ali Mukhni.
“Capaian ini masih jauh dari harapan kita bersama, dimana kita bertekad untuk menjadi kabupaten yang terbaik dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah,” katanya lagi.
Semuanya ini, sambungnya, tidak terlepas dari peran dan kinerja masing-masing OPD untuk terus meningkatkan kinerjanya. (bb)

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Pernyataan Sikap PBNU Terhadap Pelaksanaan Pilkada Serentak 2020

بسم الله الرحمن الرحيم Mencermati perkembangan penanggulangan pandemi Covid-19, Nahdlatul Ulama membersamai segala ikhtiar, doa dan tawakal guna menanggulangi...

Irdinansyah Tarmizi Meninggal Dunia

Tanah datar,- Sumatera Barat Berduka, Sabtu 19/9 datang kabar duka bahwa  bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi meninggal dunia pada Sabtu sekira jam...

Safari Subuh Ala Refrizal

Pariaman, beritasumbar.com. Dalam rangka peningkatan Keimanan, Ketaqwaan serta pemahaman tentang Agama Islam di Padang Pariaman H.Refrizal yang akrab di sapa "Buya" tidak...

Dandim 0311 Pessel tinjau Pos TMMD ke – 109

Pesisir Selatan,-Dandim 0311 Pesisir Selatan Letkol Infa. Gamma Artadila Sakti, minggu (20/9) turun langsung ke lokasi Posko Tentara Manunggal Masuk Desa (...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Karang Taruna Padang Pariaman Gelar BBKT

Padang Pariaman, beritasumbar.com. Karang Taruna Kabupaten Padang Pariaman laksanakan BBKT ( Bulan Bhakti Karang Taruna ) meskipun ditengah situasi Pandemi Covid-19 tidak...

Porbi Padang Pariaman Nyatakan Dukungan Pada Pilkada Serentak 2020

Padang Pariaman, beritasumbar.com. Organisasi Porbi Kabupaten Padang Pariaman siap dukung Paslon Refrizal - Happy Neldi dalam Pilkada Bupati - Wakil Bupati Padang...

Papa Juara Usung Program “Satu Korong Satu Tafiz Alquran”

Pqdang Pariaman, Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Padang Pariaman H.Refrizal - Happy Neldy yang di kenal "Papa Juara" siap mencetak Satu...

Derita Kanker Ganas, Keluarga Tidak Mampu ini Terima Bantuan Dari dr H Zunirman

Padang Pariaman,-Pemilik Klinik Puti yang beralamat di Jalan Simpang Lintas Lubuk Alung dr.H.Zunirman Ketika mendapat kabar tentang adanya salah satu warga Padang...
- Advertisement -