24 C
Padang
Jumat, Juli 19, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Akses Kesehatan Untuk Semua, Mengatasi Penyakit Kronis Dengan Kemudahan Dan Keterjangkauan Akses Pelayanan Kesehatan
A

Kategori -
- Advertisement -

Oleh : Sovia Susianty
Dosen Fakultas Keperawatan Unand

Penyakit kronis seperti diabetes, hipertensi, dan penyakit jantung telah menjadi tantangan besar dalam dunia kesehatan global. Masyarakat di seluruh dunia menghadapi masalah akses yang sulit dan biaya yang tinggi dalam menangani penyakit-penyakit ini.

Penyakit kronis adalah penyakit jangka panjang yang memerlukan perawatan berkelanjutan. Penanganan penyakit kronis mencakup pengelolaan gejala, perubahan gaya hidup, dan penggunaan obat-obatan

Kemudahan akses diberbagai tingkatan sistem perawatan kesehatan sangat penting. Mengapa kemudahan dan keterjangkauan akses kesehatan penting dalam penanganan penyakit kronis? Karena ini adalah faktor kunci dalam :

  1. Meningkatkan Kualitas Hidup: Akses yang mudah dan terjangkau ke perawatan memungkinkan individu untuk mengelola penyakit kronis dengan lebih baik dan menjalani hidup yang lebih sehat, seperti mengontrol kadar gula darah, memantau tekanan darah atau untuk memantau kolesterol .
  2. Mencegah Komplikasi: Dengan akses yang baik, individu dapat memantau dan mengontrol penyakit kronis mereka, mengurangi risiko komplikasi serius.
  3. Mengurangi beban finansial: Biaya pengobatan dan perawatan dapat menjadi beban yang berat.. Akses yang terjangkau membantu meringankan beban finansial.
  4. Mencegah kematian dini: Penanganan yang tepat dan terjangkau dapat mencegah kematian dini akibat penyakit kronis.

Pustu, atau Puskesmas Pembantu, adalah unit kesehatan yang berfungsi sebagai penyedia layanan kesehatan primer di tingkat desa atau kelurahan. Pustu adalah garda terdepan dalam pelayanan kesehatan di banyak wilayah, khususnya di daerah pedesaan. Di Kota Padang, Pustu tersebar di berbagai wilayah, termasuk yang terletak di lokasi yang sulit dijangkau.

Meskipun tidak sebesar pusat kesehatan utama, Pustu memiliki peran yang sangat penting dalam memberikan akses kesehatan yang mudah dan terjangkau bagi warga, terutama mereka memiliki hambatan untuk akses pelayanan kesehatan . Namun, untuk menjalankan peran dengan efektif, ketersediaan alat kesehatan yang memadai di Pustu menjadi suatu hal yang sangat penting.

Alat-alat seperti tensimeter untuk mengukur tekanan darah dan glukometer untuk mengukur kadar gula darah sangat penting dalam membantu petugas medis di Pustu mendeteksi masalah kesehatan sejak dini. Dengan deteksi dini, penyakit dapat diatasi sebelum menjadi lebih serius. Selain itu, alat-alat ini juga mendukung program pencegahan penyakit.

Sehingga memungkinkan petugas medis untuk melakukan skrining rutin dan memberikan nasihat tentang gaya hidup sehat kepada masyarakat. Ketika masyarakat mencari perawatan kesehatan di Pustu, mereka mengandalkan petugas medis untuk memberikan perawatan yang aman. Alat-alat kesehatan yang steril dan terawat dengan baik adalah bagian integral dari menjaga keamanan pasien.

Fakultas Keperawatan Universitas Andalas, melalui Mahasiswa Program Profesi Ners siklus Keperawatan Komunitas Keluarga kembali melakukan pemeriksaan gula darah, asam urat dan kolesterol serta pemantauan tekanan darah di Kelurahan Lambung Bukit Kecamatan pauh melalui kunjungan rumah pada keluarga beresiko dalam bentuk Asuhan Keperawatan Keluarga, pada tanggal 28 Agustus- 30 September 2023 dengan didampingi Ibu Ns. Sovia Susianty,M.Kep sebagai Pembimbing Akademik.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img