25 C
Padang
Rabu, Desember 7, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

7 Prospek Kerja Lulusan Agribisnis di Indonesia, Menjanjikan!
7

Kategori -
- Advertisement -

Agribisnis merupakan bidang bisnis yang sempat dipandang sebelah mata oleh beberapa orang. Tidak sedikit yang mengira jika prospek kerja Agribisnis tidak baik di masa datang. Namun anggapan tersebut salah karena sebenarnya lulusan agribisnis punya prospek kerja yang cukup menjanjikan.

Mengingat Indonesia merupakan negara dengan kekayaan alam, khususnya pertanian yang luar biasa besar. Hal tersebut membuat lulusan Agribisnis masih menjanjikan dan dibutuhkan oleh Indonesia. Tak heran jika lulusan Agribisnis masih banyak dicari perusahaan ternama.

Maka dari itu, persiapkan diri apply lamaran kerja dengan membuat resume yang berkualitas. Dapatkan resume sesuai dengan bidang pekerjaan Anda termasuk bagi lulusan Agribisnis. Tentu saja sesuai dengan prospek kerjanya. Ini dia penjelasan selengkapnya!

Inilah Prospek Kerja Bagi Lulusan Agribisnis Yang Harus Anda Tahu Dengan Baik

Lulusan Agribisnis punya prospek kerja yang sangat luas dan menjanjikan. Apa saja prospek kerja bagi lulusan ini? Berikut adalah beberapa prospek kerja bagi Anda yang ingin kuliah atau lulusan di jurusan Agribisnis:

  1. Jadi seorang tenaga pendidik

Prospek kerja bagi yang lulusan Agribisnis tentunya adalah tenaga pendidik. Seperti yang kita tahu bahwa gaji tenaga pendidik juga cukup besar. Apalagi jika tenaga pengajar tersebut ada di sekolah negeri maupun universitas negeri. Tentu saja memberi penghasilan yang sangat besar.

Tidak sedikit yang meremehkan tenaga pengajar. Pasalnya belum banyak yang tahu mengenai uang yang dapat diperoleh. Padahal gajinya cukup besar. Karena Anda adalah lulusan Agribisnis, tentu saja yang diajarkan adalah mengenai jurusan tersebut. 

  1. Peneliti

Prospek kerja yang dimiliki lulusan Agribisnis selanjutnya adalah jadi peneliti untuk negara. Peneliti yang dimaksud sangat dibutuhkan untuk memajukan negara ke arah yang lebih baik. Tentu saja penghasilan yang didapat juga sesuai dengan kemampuan masing-masing.

Bahkan tidak sedikit peneliti yang mendapat gaji sampai 10 juta. Tentu saja nominal yang cukup menjanjikan bukan? Wajar jika peneliti menjadi salah satu pekerjaan terbaik bagi Anda yang merupakan lulusan Agribisnis. Terlebih masa depan pertanian Indonesia tergantung dari peneliti di bidang Agribisnis.

  1. Konsultan

Prospek kerja selanjutnya bagi Anda yang lulusan Agribisnis adalah konsultan pertanian mengenai Agribisnis. Konsultan menjadi prospek kerja yang cukup menjanjikan. Pasalnya mempunyai keuntungan yang sangat besar di masa depan.

Konsultan agribisnis sendiri juga beragam dan tentunya disesuaikan dengan kemampuan masing-masing. Ada konsultan untuk pertanian yang fokusnya menciptakan metode terbaik untuk pertanian yang lebih menjanjikan dan sebagainya.

  1. Pekerja di instansi pemerintah

Prospek kerja lulusan Agribisnis berikutnya adalah menjadi pekerja di instansi pemerintah. PNS masih menjadi pekerjaan yang banyak diminati di kalangan masyarakat. Pasalnya memberi penghasilan bulanan yang sangat besar.

Terutama dari tunjangan dan dana pensiun yang PNS dapatkan. Kedua sumber penghasilan ini menjadi yang paling diminati banyak kalangan, terutama orang muda. Untuk yang lulusan Agribisnis, Anda bisa memilih formasi untuk pekerja pemerintah, utamanya dinas pertanian.

Soal penghasilan, tentu saja sangat beragam dan terbagi menjadi beberapa golongannya. Mengingat beda golongan tentu saja beda penghasilan. Umumnya, semakin baik kinerja dan ilmu yang Anda miliki, golongan yang didapat juga makin tinggi.

  1. Pedagang Komoditi Baru

Peluang kerja lulusan Agribisnis selanjutnya adalah menjadi pedagang komoditi baru Indonesia. Seperti kita tahu jika Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alam. Banyak sekali komoditi yang belum terkenal. 

Dengan kemampuan dan ilmu dasar dalam bidang Agribisnis, tentunya membuat Anda dapat mengangkat komoditi tersebut dengan baik sehingga dikenal oleh masyarakat luas.

Setelah dasar ilmunya dipelajari dengan baik, seharusnya lulusan Agribisnis mempunyai kesempatan besar untuk sukses di usaha tersebut. Bicara soal penghasilan juga beragam karena namanya juga dagang dan tentunya tidak pasti.

  1. Penulis

Ilmu yang didapat dari lulusan Agribisnis bukan hanya dapat diterapkan di lapangan saja. Namun juga dapat dibagikan ke orang lain. Cara untuk membagikan ilmu mengenai Agribisnis sangat beragam. Karena bukan hanya menjadi dosen saja.

Namun juga bisa berupa karya tulis yang selanjutnya bisa dibaca oleh orang yang membutuhkan. Oleh karena itu, menjadi penulis juga bisa menjadi prospek kerja lulusan Agribisnis yang sangat menjanjikan.

Jika mempunyai kemampuan menulis yang bagus, dalam artian ejaan yang tertata dan mudah dipahami, menjadi seorang penulis adalah pilihan yang sangat tepat. Tema yang dipilih juga sangat beragam. Mulai dari  tips, trik, tutorial hingga sebagainya.

  1. Bekerja Di BAPPEDA

Negara sudah mempunyai Badan Perencanaan Dan Pembangunan Daerah yang turut mengawasi pembangunan masyarakat luas. Beberapa bidang di BAPPEDA juga turut berkontribusi dalam pengembangan masyarakat secara mendalam. Diantaranya dalam bidang pertanian hingga perkebunan.

Seluruh bidang tersebut membutuhkan lulusan Agribisnis yang kuat. Oleh karena itu, lulusan Agribisnis punya prospek menjanjikan karena bisa bekerja di Bappeda. Soal penghasilan juga tidak bisa disamakan. Karena biasanya setiap daerah punya kisaran penghasilan yang berbeda untuk pekerja Bappeda.

Siapa bilang lulusan Agribisnis tidak punya prospek yang bagus? Dengan tahu artikel di atas, Anda sudah tahu jika lulusan ini punya prospek masa depan yang menjanjikan. Bagaimana menurut Anda, masih tidak tertarik mendalami bidang agribisnis?

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img