Padang Pariaman, beritasumbar.com,-Ketua KPU Padang Pariaman Zulnaidi membuka secara resmi Bimbingan Teknis terhadap 55 orang Relasi (Relawan Demokrasi) Pemilu 2019 kabupaten Padang Pariaman, Sabtu (19/1) di Ruang Pertemuan Joyo Makmur By Pass Pariaman dan tampak hadir Komisioner KPU Sumbar Divisi Teknis, Izwaryani sebagai Narasumber.

Relawan Demokrasi merupakan terobosan KPU RI yang dibentuk diseluruh Satker KPU kabupaten/kota guna memaksimalkan perannya sebagai institusi demokrasi terutama dalam menggenjot peran serta masyarakat luas dalam membangun kesadaran demokrasi dan menyukseskan pemilu di Indonesia.

Dalam arahannya, Zulnaidi menyebutkan bahwa, demokrasi merupakan keniscayaan dalam sistem kenegaraan indonesia yang harus dilaksanakan dan dijaga oleh seluruh warganya, dan demokrasi mensyaratkan pemilu sebagai mekanisme fasilitasi kedaulatan rakyat atau aspirasi untuk menentukan arah bangsa dan kepemimpinan lima tahun kedepan.

“Menjaga pemilu yang berintegritas, jujur dan adil berarti menjaga demokrasi dan menjaga indonesia yang kita cinta ini, karena itu saya minta rekan-rekan relawan semua menjaga integritas, proaktif dan menjadi penyemangat bagi seluruh warga padang pariaman terutama terkait dengan suksesnya pemilu 2019,” tegas ketua yang akrab disapa dengan panggilan Edi ini.

Kegiatan pembekalan ini berlangsung satu hari penuh yang terdiri dari 5 (lima) materi yang masing-masing diisi oleh KPU Sumbar dan Komisioner kabupaten, materi tersebut meliputi aspek demokrasi, pemilu dan partisipasi; hari, tanggal dan jam serta tatacara pencoblosan; pengenalan peserta pemilu serta materi khusus sesuai basis kelompok relawan.

Tujuan atau target yang hendak dicapai dengan dibentuknya Relawan Demokrasi adalah agar terjadinya peningkatan partisipasi dalam pemilu; peningkatan kepercayaan terhadap demokrasi dan pemilu; peningkatan kualitas proses pemilu, dan; membangkitkan kesukarelaan dan keikutsertaan masyarakat sipil dalam proses pemilihan umum.

Pada acara tersebut, tampak hadir seluruh komisioner (Ory Sativa, Erik Eksrada, Ratna Juita dan Dewi Aorora) beserta sekretaris Darlis dengan jajaran sekretarian dan begitu juga dengan peserta lengkap hadir sebanyak 55 orang yang terbagi dalam 11 basis relawan ( basis keluarga, basis pemilih pemula, basis pemilih muda, basis pemilih perempuan, basis penyandang disabilitas, basis pemilih berkebutuhan khusus, basis kaum marginal, basis komunitas, basis keagamaan, basis warga internet, dan basis relawan demokrasi itu sendiri. Sukses Pemilu 2019. (rel/bus)

loading...