Batam, BeritaSumbar.com – Kota Batam yang dikenal dengan kota industri kini mulai membuka diri untuk wisata kuliner, banyak potensi – potensi wisata di Kota Batam yang sudah dikelola sehingga membuka lapangan pekerjaan baru. Jembatan Balerang dan Exs Perkampungan Pengungsi Vietnam menjadi tujuan wisatawan baik dari Batam, maupun dari propinsi lain. Bahkan warga Vietnam, Singapura, Malaysia, India dan sejumlah negara lainnya selalu berkunjung.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Batam diwakili, Sekretarisnya Nurul Iswahyuni, AMP,SE didampingi Nurhalim Kasi Kelembagaan Disnaker Kota Batam kehadapan Kepala Dinas Tenaga Kerja Sijunjung, Adlis,MT didamping Kepala UPTD BLK Sijunjung, Agustinus Kepala UPTD BLK, Kristina Kasubag Umum dan Helida Bagian Kepegawaian.

Dikatakan Nurul Iswahyuni, saat ini Pemko Batam lagi gencar-gencarnya mengembangkan objek wisata dan wisata kuliner. Bahkan para Wisata Manca Negara, seperti dari Singapura, Korea, Vietnam, Philipana, Malaysia dan India juga sering berdatangkan ke Batam.

Hal yang sama juga diungkapkan pelayan Restoran Kelong Citra Utama 188 Barelang di Kecamatan Sagulung. “Tiap hari wisatawan dari Wisman itu ramai bekunjung,”kata Susan, Aci dan Mini kepada awak media Selasa (3/9/2019).

Tak heran jika kemudian Kota Batam memperbaiki sejumlah infrastukturnya. Hampir semua jalan menuju kawasan wisata mulus. Dengan mulusnya jalan membuat para wisatawan menyukai kota industri Batam yang telah menjadi kota wisata kuliner Batam itu.

Bukan itu saja, sejumlah penginapan juga berjejer disepanjang objek wisata. Artinya, selain infrastruktur diperbaiki kuliner-kuliner pun bermunculan yang disertai penginapan dengan harga terjangkau.

Pulau Galang yang dikenal kampung Vietnam juga tujuan wisata di Batam. Pengungsi Vietnam itu terdampar di Pulau Galang Batam pada tahun 1976. Pada tahun 1996 warga pengungsi Vietnam itu meninggalkan Batam. Kini kampung Vietnam itu jadi tempat rekriasi bagi wisatawan yang berkunjung ke Batam.

Banyak hal yang dipetik, Pemko Batam tidak terpokus soal Geopark tapi mereka lebih tertarikdengan wisata kuliner. “Wisata kuliner menjadi andalan Kota Batam dan membuka peluang kerja bagi pencari kerja ke Batam,”tambah Nurul sekretaris Disnaker Kota Batam itu.

Nah, meski banyak perusahaan tutup, namun sejumlah perusahaan di Kota Batam masih membuka peluang kerja. “Tak usah kuatir, masih ada peluang untuk kerja di Batam kok,”kata Human Resources Departement (HRD) PT Danka Hureco, Paulin, selaku Perusahaan Penempatan Tenaga Kerja di Kota Batam. (sap)

loading...