31 C
Padang
Selasa, Maret 9, 2021
Beritasumbar.com

Warga Sumpur Sambangi DPRD Tanah Datar Pertanyakan Penyelesaian Konflik Dua Nagari
W

Kategori -

Tanah Datar,Beritasumbar.com – Pasca konflik dua nagari di Kecamatan Batipuah Selatan,unsur masyarakat dan tim tanah ulayat sambangi kantor DPRD Tanah Datar,Rabu 04/11/2020.

H.Yohanes Syarif,Juru Bicara tim tanah ulayat mengatakan,kita kesini untuk mengklarifikasi berita yang selama ini beredar di masyarakat,tentang permasalahan dan pemberitaan serta opini negatif yang beredar sehingga timbulnya konflik di masyarakat ke dua nagari yakninya Nagari Sumpur dan Padang Laweh Malalo.

“Dari kesimpang siurannya pemberitaan tersebut mengakibatkan kerugian dari masyarakat kami,”contoh kasus yang di laporkan ke pengadilan tentang pembangunan rumah liar,yaitu di lokasi yang sudah bersetifikat dan di sertifikat oleh warga sumpur itu sendiri bukan tanah orang Nagari Padang Laweh Malalo dan Nagari lainnya seperti Guguak Malalo dan Bungo Tanjuang.”saat dilakukan mediasi di Polda Sumbar mengenai permasalahan tanah tersebut,kita sudah menunjukan bukti bukti yang cukup.sekarang perkaranya sudah sampai ke tahap penyidikan.”katanya.

“Harapan kami kesini dapat hendaknya DPRD bersama sama Pemda Tanah Datar,lebih mempercepat proses penyelesaian sengketa , sehingga tidak berlarut larut konflik terjadi di masyarakat kami.

Senada dengan H.Yohanes,Walinagari Sumpur A. DT.Sari Pado .ST menyampaikan,sebab kedatangan kami kekantor Dprd,guna meminta kepada anggota dewan karena ada masalah di kampung kami yang pemberitaannya agak kurang baik tentang konflik di nagari kami dan nagari tetangga pada bulan kemaren.

“Untuk itu kami bersama unsur masyarakat ingin meminta penjelasan dan penyelesaiannya.”kerugian dari pihak Nagari Sumpur sendiri cukup banyak seperti terdapatnya trauma pada masyarakat serta harta benda yang di jarah dan belasan kendaraan bermotor yang di bakar serta sampan nelayan yang di curi.

“Kami berharap melalui anggota DPRD Tanah Datar dapat menampung aspirasi masyarakat yang kami bawa kesini,serta mendesak Pemerintah daerah guna penyeselesaian konflik yang terjadi secepatnya.

Ketua Dprd Tanah Datar,Roni Mulyadi mengatakan,kami akan mengupayakan secepatnya menyampaikan dan mendorong pemerintah kabupaten beserta forkopimda,untuk lebih mengutamakan pendekatan dan memediasi masyarakat yang berkonflik,agar tidak terjadi lagi konflik lanjutan.”Sampainya.(haries)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Wako Erman Safar: LGBT Problem Serius yang Harus Menjadi Perhatian Pemerintah

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar menyampaikan, masalah LGBT adalah problem serius yang harus menjadi perhatian pemerintah, terutama bagi anak-anak yang jauh...
- Advertisement -

Rizki Kurniawan Himbau Untuk Membumikan Al Quran

Lima Puluh kota, BeritaSumbar.com, - Dalam rangka persiapan pengiriman kafilah MTQ Kabupaten Lima Puluh Kota untuk mengikuti Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021, Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota melalui Bagian Kesra melakukan rapat persiapan yang dilaksanakan di Ruang Rapat Wakil Bupati Lima Puluh Kota, Sarilamak, Senin, (8/3/2021).

Kejuaraan Voly Ball Se-Kabupaten Sijunjung, Tim Three Boy Lahir Sebagai Pemenang

Sijunjung, beritasumbar.com - Tim Volly Three Boy Pos X Jorong Bukit Gombak Nagari Padang Laweh Kecamatan Koto Vll menjuarai kejuaraan antar Tim Voly Ball Se-Kabupaten...
- Advertisement -

Arif Berbahagia, Usai Direhab Kunci Rumahnya Diserahkan Oleh Langsung Wawako

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Rifdi Yosanmanta atau Arif (38 tahun) dan istrinya Delfarita (36), warga Padang Palasan Kelurahan Sicincin tak kuasa menahan haru bahagia saat Wakil Wali Kota Erwin Yunaz menyerahkan kunci secara simbolis pertanda rumahnya telah selesai di rehab, Senin (8/3).

Sempat Resahkan Warga, Seekor Harimau Dahan Masuk Perangkap BKSDA Limapuluh Kota

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Beberapa hari belakangan warga Jorong Sikabu Kabu digemparkan dengan ditemukan hewan ternak mereka mati dikandang. Hewan peliharaan berupa kambing warga tersebut mati dengan luka di leher. Melihat kondisi tersebut warga lansung menduga ada binatang buas yang memangsa ternak mereka dan lansung melaporkan ke pihak Nagari dan diteruskan kepada BKSDA Limapuluh Kota.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Hadiri Perayaan Khatam Alquran, Wakil Bupati Tanah Datar Apresiasi Wali Murid

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Wakil Bupati Tanah Datar terpilih,apresiasi wali murid TPA/TPSA Masjid Raya Limo Kaum saat menghadiri perayaan Khatam Alqur'an di Nagari Lima Kaum,Kecamatan Lima Kaum,Minggu 07/03/2021.

Dua Belas Personil Polri Polsek Lintau Buo Dan Lintau Buo Utara Di Vaksin Sinovac Perdana

Tanah Datar,Beritasumbar.com -Sebanyak dua belas personil Polri Polsek Lintau Buo dan Lintau Buo Utara di Vaksin Sinovac hari ini Kamis,04/03/2021.di Puskesmas Lintau Buo Nagari Tigo Jangko.

Walinagari Serta Perangkat Di Tanah Datar Belum Menerima Gaji Selama Tiga Bulan

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Sebanyak 75 orang Walinagari beserta Perangkat pemerintahan nagari di wilayah Kabupaten Tanah Datar belum menerima gaji selama tiga bulan terakhir dari Pemerintah Daerah setempat.

Ultah Perdana DPC PPWI Tanah Datar Diperingati Sederhana

Tanah Datar, beritasumbar.com - Peringatan ulang tahun ke-1 Organisasi Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) DPC Kabupaten Tanah Datar,diperingati dengan semangat kesederhanaan di Dzee Caffe...

Diduga Tanah Pekuburan Kaum Kotik Kayo Di Sertifikat,Anak Kemenakan Akan Pertanyakan Legalitas Pemohon

Diduga Tanah Pekuburan disertifikatkan oleh anggota kaum lain,anak kemenakan Kotik Kayo akan mempertanyakan legalitas pemohon pembuatan sertifikat terhadap Kerapatan Adat Nagari (KAN) Nagari Tigo Jangko Kecamatan Lintau Buo dan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Batusangkar.

Meresahkan Warga,Dua Orang Terduga Maling Diamankan Polisi.

Sering meresahkan warga,dua orang terduga maling di Kecamatan Lintau Buo Utara diamankan Polisi, Sabtu 13/02/2021.

Huller Terbakar,Pemilik Rugi Ratusan Juta

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Tempat penggilingan padi (Huller) di Jorong Tanjung Tengah,Nagari Tanjung Bonai,Kecamatan Lintau Buo Utara terbakar pada hari Senin dini hari 08/02/2021,pemilik alami kerugian ratusan juta

Dana Sumbangan Masyarakat untuk Galodo Di Pertanyakan Warga Tanjung Bonai,Polsek LBU ; Kasus ini Dalam Penyelidikan

Dana sumbangan berasal dari masyarakat untuk Galodo atau banjir bandang di Nagari Tanjuang Bonai memasuki babak baru,sempat dipertanyakan keberadaan dan peruntukaannya,Polsek Kecamatan Lintau Buo dalami penyelidikan kasus.

Dua Tahun Pasca Banjir Bandang Tanjung Bonai,Dana Sumbangan Masyarakat Di Pertanyakan

Dua tahun pasca musibah Banjir Bandang di Nagari Tanjung Bonai Kecamatan Lintau Buo Utara,warga terdampak bencana pertanyakan bantuan yang berasal dari sumbangan masyarakat guna perbaikan lahan persawahan.

Kisruh Dana Covid- 19 TPA Annur Tanjung Bonai,Sebanyak 98 TPA Penerima Bantuan Lain Di Jadwalkan Rapat Bersama

Dugaan Dana Bantuan Covid- 19 Taman Pendidikan Al-qur'an (TPA) Surau Annur di Jorong Tanjung Tengah,Nagari Tanjung Bonai tidak transparan dan menimbulkan ke kisruhan penggunaan anggaran.sebanyak 98 TPA penerima bantuan lainnya dijadwalkan rapat bersama Camat Lintau Buo Utara.
- Advertisement -