31 C
Padang
Jumat, Maret 29, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Kampanye di Padang Tangah Payobadar, Mahyeldi Paparkan Program untuk Bangkitkan Pertanian
K

- Advertisement -

Payakumbuh, BeritaSumbar – Calon Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah menilai bahwa sektor pertanian di daerah itu masih dapat dikelola lebih maksimal sehingga nantinya dapat meningkatkan perekonomian para petani dan masyarakat secara umum. Terlebih hingga saat ini mayoritas masyarakat Sumbar masih bergantung kepada sektor pertanian.

Hal tersebut disampaikannya saat melakukan kampanye di Padang Tangah Payobadar, Kecamatan Payakumbuh Timur Kota Payakumbuh, Rabu (4/11).

“Potensi pertanian kita sangat luar biasa. Tentunya yang kita maksud adalah pertanian dalam arti luas, yang juga mencakup peternakan, perikanan perkebunan. Sebagian besar masyarakat kita menopangkan kehidupannya di sektor pertanian ini,” kata Mahyeldi.

Melihat tingginya potensi dan harapan masyarakat Sumbar dari sektor pertanian itu, kata Mahyeldi, ia bersama pasangannya Audy memiliki visi dan misi dalam memajukan dunia pertanian.

“Alhamdulillah kami berdua juga memiliki latar belakang pertanian. Saya sarjana pertanian dan pak Audi mendapatkan gelar insinyurnya untuk bidang pertanian,” ujarnya.

Menurutnya, jika sektor pertanian dikelola secara maksimal, potensi pertanian akan memberi nilai tambah yang besar bagi peningkatan ekonomi masyarakat. Tentunya hal ini dimulai dengan pengelolaan yang baik dari hulu ke hilir.

“Kalau sudah dikelola dengan baik, InsyaAllah hasil akan melimpah dan hasil yang melimpah tersebut benar-benar mampu mendongkrak penghasilan masyarakat. Bukan berarti saat ini belum baik, tapi kita ingin lebih baik dan maksimal,” kata dia.

Sebab, sambungnya dengan meningkatnya penghasilan ini tentu akan memberikan dampak kepada sektor lainnya seperti sektor perdagangan yang tengah lesu karena pandemi COVID-19.

“Jika hasil meningkat, pendapatan meningkat tentu jual beli akan meningkat pula yang tentunya langsung menggerakkan roda perekonomian kita,” sebutnya.

Oleh sebab itu, pria 54 tahun yang akrab disapa buya tersebut menjelaskan perlunya dukungan penuh dari pemerintah baik dari sisi regulasi maupun dukungan dari segi anggaran.

Bahkan, ia berencana untuk menyiapkan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) ataupun Perusahaan Daerah (Perusda) yang siap mendukung sektor pertanian. Sebab selain dari permasalahan jumlah panen, permasalahan yang ada saat ini adalah saat panen melimpah harga dari komoditi menurun.

“Di sini ada peran BUMD atau Perusda yang dapat menampung komoditi itu untuk dipasarkan ataupun diolah. Sehingga petani kita tidak merugi,” ujarnya.

Sementara itu, Kader PPP Edward DF yang merupakan fasilitator kedatangan Mahyeldi di daerah itu mengatakan bahwa untuk saat ini Sumbar memang memerlukan pemimpin seperti Mahyeldi-Audy.

“Bapak Mahyeldi seperti yang kita ketahui telah berbuat dan bekerja dengan bukti. Sedangan wakilnya bapak Audy merupakan pengusaha muda yang sukses dan pastinya akan menghadirkan inovasi-inovasi dalam membangun dan memajukan Sumbar,” kata dia.

Selanjutnya, Anggota DPRD Payakumbuh dua periode ini mengatakan bahwa PPP dan PKS Kota Payakumbuh terus bekerja keras dan bahu membahu dalam memenangkan Mahyeldi-Audi di Kota Randang itu.

“Kalau dari kami, tentu menargetkan Mahyeldi-Audy menang di Payakumbuh,” ujarnya. (*)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img