30 C
Padang
Sabtu, Februari 27, 2021
Beritasumbar.com

Kampanye di Padang Tangah Payobadar, Mahyeldi Paparkan Program untuk Bangkitkan Pertanian
K

Payakumbuh, BeritaSumbar – Calon Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah menilai bahwa sektor pertanian di daerah itu masih dapat dikelola lebih maksimal sehingga nantinya dapat meningkatkan perekonomian para petani dan masyarakat secara umum. Terlebih hingga saat ini mayoritas masyarakat Sumbar masih bergantung kepada sektor pertanian.

Hal tersebut disampaikannya saat melakukan kampanye di Padang Tangah Payobadar, Kecamatan Payakumbuh Timur Kota Payakumbuh, Rabu (4/11).

“Potensi pertanian kita sangat luar biasa. Tentunya yang kita maksud adalah pertanian dalam arti luas, yang juga mencakup peternakan, perikanan perkebunan. Sebagian besar masyarakat kita menopangkan kehidupannya di sektor pertanian ini,” kata Mahyeldi.

Melihat tingginya potensi dan harapan masyarakat Sumbar dari sektor pertanian itu, kata Mahyeldi, ia bersama pasangannya Audy memiliki visi dan misi dalam memajukan dunia pertanian.

“Alhamdulillah kami berdua juga memiliki latar belakang pertanian. Saya sarjana pertanian dan pak Audi mendapatkan gelar insinyurnya untuk bidang pertanian,” ujarnya.

Menurutnya, jika sektor pertanian dikelola secara maksimal, potensi pertanian akan memberi nilai tambah yang besar bagi peningkatan ekonomi masyarakat. Tentunya hal ini dimulai dengan pengelolaan yang baik dari hulu ke hilir.

“Kalau sudah dikelola dengan baik, InsyaAllah hasil akan melimpah dan hasil yang melimpah tersebut benar-benar mampu mendongkrak penghasilan masyarakat. Bukan berarti saat ini belum baik, tapi kita ingin lebih baik dan maksimal,” kata dia.

Sebab, sambungnya dengan meningkatnya penghasilan ini tentu akan memberikan dampak kepada sektor lainnya seperti sektor perdagangan yang tengah lesu karena pandemi COVID-19.

“Jika hasil meningkat, pendapatan meningkat tentu jual beli akan meningkat pula yang tentunya langsung menggerakkan roda perekonomian kita,” sebutnya.

Oleh sebab itu, pria 54 tahun yang akrab disapa buya tersebut menjelaskan perlunya dukungan penuh dari pemerintah baik dari sisi regulasi maupun dukungan dari segi anggaran.

Bahkan, ia berencana untuk menyiapkan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) ataupun Perusahaan Daerah (Perusda) yang siap mendukung sektor pertanian. Sebab selain dari permasalahan jumlah panen, permasalahan yang ada saat ini adalah saat panen melimpah harga dari komoditi menurun.

“Di sini ada peran BUMD atau Perusda yang dapat menampung komoditi itu untuk dipasarkan ataupun diolah. Sehingga petani kita tidak merugi,” ujarnya.

Sementara itu, Kader PPP Edward DF yang merupakan fasilitator kedatangan Mahyeldi di daerah itu mengatakan bahwa untuk saat ini Sumbar memang memerlukan pemimpin seperti Mahyeldi-Audy.

“Bapak Mahyeldi seperti yang kita ketahui telah berbuat dan bekerja dengan bukti. Sedangan wakilnya bapak Audy merupakan pengusaha muda yang sukses dan pastinya akan menghadirkan inovasi-inovasi dalam membangun dan memajukan Sumbar,” kata dia.

Selanjutnya, Anggota DPRD Payakumbuh dua periode ini mengatakan bahwa PPP dan PKS Kota Payakumbuh terus bekerja keras dan bahu membahu dalam memenangkan Mahyeldi-Audi di Kota Randang itu.

“Kalau dari kami, tentu menargetkan Mahyeldi-Audy menang di Payakumbuh,” ujarnya. (*)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

KERANJINGAN JADI PEJABAT

“Setiap (pejabat) ketua atau sejenisnya adalah PemimpinTapi setiap Pemimpin belum tentu jadi pejabat,Karena Pemimpin adalah amanah terberat dari-Nya,Maka, tidaklah sulit menjadi pejabat ini dan...
- Advertisement -

Rida Ananda : Wanita Fokus Jangan Rawat Wajah Saja

Kesehatan organ kewanitaan untuk pencegahan kanker serviks menjadi topik utama dalam Webinar Inspirasi Sehat yang digelar Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Payakumbuh secara daring di Aula Ngalau Indah Lantai III Balai Kota Payakumbuh, Selasa (23/2).

Dirujuk ke RS M Djamil, Pasien Lutut Besar Dibezuk Danlantamal Padang

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Bintang Herlambang (18), pasien lutut membesar sebesar bola kaki karena kanker stadium 4, akhirnya dirujuk ke Rumah Sakit M. Djamil Padang...
- Advertisement -

Cegah Narkoba Di Jajaran Internal, Personel Polres Sijunjung Tandatangani Fakta Integritas

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk mencegah pemakaian nakorba pada jajaran internal, semua personel Polres Sijunjung menandatangani komitmen moral untuk tidak menyalahgunakan, memakai, dan atau mengedarkan ...

Chris Noel Peraih Rekor MURI Direkrut Indonesia Records

Chris Noel, remaja kelahiran Jakarta 26 Januari 2006 tak sekadar memiliki wajah yang tampan
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Pasca Dilantik Sebagai Bupati Sijunjung, Ini Penegasan Beny Dwifa Yuswir

Sijunjung, Beritasumbar.com - Bupati Sijunjung Beny Dwifa Yuswir menegaskan tugas pertama akan memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat. Penegasan ini disampaikan bupati pada pidato...

37 Kandidat Bertarung Di Pilwanag Serentak Sijunjung 2021 Ikuti Tes Tertulis

Sijunjung, beritasumbar.com - Sebanyak 37 ( tiga puluh tujuh) orang putra terbaik  5 (lima) Nagari di Kabupaten Sijunjung berebut tiket untuk masuk 5 (lima) bursa...

Teken Fakta Integritas, ASN Lapas Sijunjung Komit Bebas Korupsi , Bersih, dan Melayani

Sijunjung, beritasumbar.com - ASN Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Muaro Sijunjung menggelar deklarasi janji kinerja dan pencanangan pembangunan zona integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK)...

Presiden Jokowi Lantik Mahyeldi-Audi bersama Dua Gubernur dan Wagub lainnya, Masa Bakti Hingga 2024

Jakarta, beritasumbar.com - Presiden Joko Widodo melantik tiga pasang gubernur dan wakil gubernur terpilih pada Kamis, (25/2), dimana pelantikan tersebut berlangsung di Istana Negara,...

Pelanggaran Netralitas ASN-Wali Nagari Di Limapuluh Kota Selama Pilkada 2020, Ini Rinciannya

Sarilamak, beritasumbar.com - Selama pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di Kabupaten Limapuluh Kota Sumatera Barat, empat pelanggaran yang melibatkan Aparatur Sipil Negara (ASN)...

BPNB Sumbar dan HWK Sumbar bersama DPD RI Gelar Orasi Pemajuan Kebudayaan Saniangbaka

Saniangbaka memiliki kekayaan dalam seni dan budaya. Nagari yang berada di X Koto Singkarak, Kabupaten Solok, Sumatera Barat tersebut menonjol dengan kesenian tarinya yang sering ditampilkan pada panggung nasional dan internasional.

Kawasan Lembah Harau Kembali Terbakar, Diduga Pelaku Kemah Lupa Matikan Api Unggun

Sarilamak, beritasumbar.com - Kawasan Wisata Lembah Harau, Kabupaten Limapuluh Kota Kembali mengalami mengalami kebakaran pada Selasa siang, namun berhasil dipadamkan oleh petugas. "Pada kebakaran hutan...

Rida Ananda : Wanita Fokus Jangan Rawat Wajah Saja

Kesehatan organ kewanitaan untuk pencegahan kanker serviks menjadi topik utama dalam Webinar Inspirasi Sehat yang digelar Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Payakumbuh secara daring di Aula Ngalau Indah Lantai III Balai Kota Payakumbuh, Selasa (23/2).

Cegah Narkoba Di Jajaran Internal, Personel Polres Sijunjung Tandatangani Fakta Integritas

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk mencegah pemakaian nakorba pada jajaran internal, semua personel Polres Sijunjung menandatangani komitmen moral untuk tidak menyalahgunakan, memakai, dan atau mengedarkan ...

Uang Yang Disimpan Dalam Karung Oleh Pria Tuna Rungu Asal Payakumbuh Ditaksir Capai Ratusan Juta

Payakumbuh, beritasumbar.com -  Sudah tujuh hari sejak dilakukannya beres-beres di rumah Palyuri (81 tahun) atau lebih dikenal dengan nama Biok. Kakek tuna rungu yang viral...
- Advertisement -