Payakumbuh,BeritaSumbar.com,-Selasa (4/6), Walikota Payakumbuh, Riza Falepi meninjau kesiapan Pos Pelayanan Lebaran 2019 Polres Payakumbuh. Kunjungan ini dilakukan untuk memastikan kondisi keamanan dan kelancaran lalu lintas (Lalin) di Kota Payakumbuh pada musim Lebaran 1440 H ini.

Dua lokasi pos pelayanan menjadi sasaran kunjungan, masing masing Pos Pelayanan di Pertigaan Tanjung Anau Kelurahan Ompang Tanah Sirah Kecamatan Payakumbuh Utara dan Pos Pelayanan di Pos Pelayanan Lantas di Pasar Raya Payakumbuh.

Hadir mendampingi walikota, Sekda Rida Ananda, Asisten I Setdako Yoherman, Kadis Perhubungan Adrian, Kadis Kominfo Jhon Kenedi, Kadis Koperasi & UKM Herlina, Kadis Sosial Idris, Kadis Kesehatan diwakili Sekretaris Desmon Korina, Kasatpol PP dan Damkar Devitra, Kakan Kesbangpol Budi Permana dan Kabid Kehumasan Irwan Suwandi. Turut meninjau Kepala Bank Nagari Cabang Payakumbuh Roni Edrian.

Rombongan bergerak dari Rumah Dinas Walikota di kawasan Kubu Gadang tepat pukul 10.30 WIB. Titik pertama yang dituju adalah pos pelayanan di Tanjung Anau. Disana rombongan disambut Kepala Pos, Iptu. Suhendra beserta petugas piket yang terdiri dari lintas instansi.

“Assalamu’alaikum bapak ibu, Lai aman-aman sajo?,” sapa Walikota Riza begitu masuk kedalam tenda berukuran sedang yang menjadi posko pelayanan. Mendapat pertanyaan tersebut, Iptu Suhendra pun sigap menjawab, “Siap pak, Alhamdulillah aman terkendali,” ucapnya.

Walikota kemudian terlibat perbincangan santai dengan Iptu Suhendra dan petugas pos lainnya. Pada kesempatan itu walikota menyarankan agar dibuatkan jenis layanan yang diberikan disana, sehingga para pengguna jalan mengetahui maksud keberadaan pos tersebut.

“Mungkin perlu dipajang spanduk apa saja jenis layanan disini, misalnya layanan kesehatan, agar warga dan pemudik tahu mereka bisa dapat layanan tersebut diposko kita ini,” ujar Walikota.

Walikota kemudian memberikan tanda kasih berupa sejumlah makanan dan minuman kaleng kepada petugas. “Ini kami bawa sedikit makanan dan minuman untuk petugas jaga disini, tapi jangan dimakan sekarang ya, nanti pas berbuka,” sahut Walikota disambut tawa hadirin.

Rombongan kemudian melanjutkan peninjauan ke titik kedua, Pos Polisi Pasar Raya, (samping SMPN 1 Payakumbuh,red). Disana rombongan disambut Kepala Pos Pengamanan (Pospam) Iptu. Aurman beserta anggota.

Kepada Walikota, Iptu Aurman menjelaskan kondisi pengamanan dan juga jumlah personil yang diturunkan. Dikatakan, disamping anggota Polri, pos pelayanan juga dibantu oleh personil dari Dinas Perhubungan, Satpol PP, Dinas Koperasidn UKM, serta tenaga medis dari Dinas Kesehatan.

“Total petugas kita sebanyak 30 orang pak, ditambah rekan-rekan dari Dishub, Pol PP, Dinas Pasar dan Dinas Kesehatan, Alhamdulillah sejauh ini keadaan aman terkendali, cuma mungkin macet yang agak sedikit menggangu pak,” lapor Iptu. Aurman

Walikota Riza Falepi langsung menanggapi laporan tersebut. Dikatakan, untuk mengatasi kemacetan, pihaknya akan melakukan pelebaran jalan persis didepan Pospam. Diharapkan lebaran tahun depan kemacetan tidak lagi terjadi disana.

“InsyaAllah, kita akan lakukan pelebaran jalan didepan Pospam ini kurang lebih dua meter secara bertahap, mudah-mudahan bisa mengurangi kemacetan pada lebaran tahun depan,’ ujar Walikota Riza Falepi.

Walikota kemudian berpesan agar para petugas dapat memjalankan tugas dengan sebaik baiknya. Tak lupa walikota mengucapkan terima kasih atas pengabdian para petugas.

“Terima kasih atas tugas yang tetap dilaksanakan disaat kita semua sudah masuk libur lebaran. Semoga menjadi amal ibadah. Tetap waspada dan jaga terus kelancaran lalu lintas kita,” pungkas Walikota Payakumbuh. (*/relis)

loading...