24 C
Padang
Sabtu, Januari 23, 2021
Beritasumbar.com

Walikota Serahkan Secara Simbolis BLT Dari Pemprov Sumbar Untuk 2363 KK
W

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,– Wali Kota Riza Falepi menyerahkan secara simbolis bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat kepada masyarakat terdampak Covid-19 di Kelurahan Parik Muko Aia, Kecamatan Latina dan Padang Datar Tanah Mati, Kecamatan Payakumbuh Barat, Selasa (5/4).
Wali Kota didampingi Kepala Dinas Sosial Sosial Idris, Camat Latina David Bachri, Camat Payakumbuh Barat L Kefrinasdi, dan lurah masing-masing daerah.
Wako Riza Falepi menerangkan Jumlah bantuan sama yaitu Rp. 600.000 perbulan. Untuk tahap pertama langsung dirapel 2 bulan karena terhitung dari bulan april, untuk bulan berikutnya akan dibagikan secara berkala.
“Dana yang disiapkan pemko adalah untuk masyarakat yang BELUM mendapat bantuan dari pusat dan provinsi, bantuan Pemko baru akan di bagikan setelah jelas data orang yang belum menerima bantuan dari pusat maupun pemprov. Tujuannya yaitu agar bantuan ini dapat merata kepada seluruh warga yang terdampak covid 19,” kata Riza Falepi.
Diterangkan Kadis Sosial Idris, jumlah Bansos dari Pusat (Kementerian Sosial) ada sebanyak 4548, sedangkan data yang telah dibaca oleh sistem sebanyak 4080, dan sisanya sedang di proses. Bantuan ini disalurkan kepada masyarakat terdata diluar dari penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH).
“Untuk bantuan dari provinsi ada sebanyak 2363 KK untuk Kota Payakumbuh, dan telah cair hari ini. Penyerahan baru secara simbolis, untuk sisanya masyarakat yang telah didata datang langsung mengambil bantuan ke kantor pos secara bertahap” kata Idris.
Disisi lain, kata Idris yang didampigi Kabid Pemberdayaan Sosial Ance Alfiando, untuk Bansos Tunai Kemensos daerah menunggu finalisasi data dari Kemensos RI, data sudah dikirim melalui sistem, dan dipantau progres nya setiap saat data yang masuk ke dalam kuota. Sekarang baik BLT pemprov maupun Bansos kemensos mengakomodir nama-nama diluar data DTKS, nilainya sama sama Rp. 600.000 setiap bulan selama 3 bulan.
Masyarakat harus memahami bahwa bantuan tadi baru dari pemerintah provinsi, kalau dikemensos sudah final, pusat akan menyalurkannya. Harapan kita semua masyarakat terdampak akan terbantu dengan semua program.
“Yang kita banggakan juga kontribusi pihak lain yang ikut membantu seperti ASN, lembaga sosial, maupun kelompok atau organisasi sosial dan perorangan yang turut membantu masyarakat, nilai kesetiakwanan yang kita rasa semakin kuat dengan pandemi ini,” ungkap Idris
Terakhir, Idris menerangkan semua pihak sudah memilah data ini mulai dari tingkat RT, RW, Kelurahan, Kecamatan, sampai ke tingkat Kota. Memantau progres data itu siang malam, dan di cek setiap saat di sistim.
“Semua petugas sudah bekerja keras, kalau masih ada kendala seperti keluarga terdampak Covid-19 yang belum diusulkan, nama ganda, atau kendala lain agar dsampaikan untuk menjadi bahan perbaikan program kita. Mohon dukungan kita semua,” pungkasnya. (Humas)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

77 Pejabat Baru Dilantik, Ini Tuntutan Wako Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano melantik 77 pejabat struktural daerah itu di Hall Lantai III...
- Advertisement -

Panitia ASN Berkurban 1442 H Kota Payakumbuh Gelar Rapat Persiapan

Sukses dalam pelaksanaan ASN Berkurban tahun lalu serta lebih terkoordinirnya untuk pelaksanaan ibadah kurban tahun 2021, panitia ASN berkurban 1442 H melaksanakan rapat persiapan di ruangan Sekretaris Daerah, Selasa (19/01).

IMM Pariaman dan Padang Pariaman Peduli Korban Banjir Solok

Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kota Pariaman dan kabupaten Padang Pariaman melaksanakan aksi sosial peduli terhadap korban banjir Solok. Kegiatan aksi sosial itu dilaksanakan di jalan protokol Kota Pariaman, Senin, 18 Januari 2021.
- Advertisement -

Erwin Yunaz Pimpin Goro Di Gedung Asrama Ponpes CI Yang Terbakar

Wakil Wali Kota Erwin Yunaz memimpin gotong royong pembersihan dan pembenahan puing-puing bekas kebakaran yang menimpa Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam di Lingkungan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara Minggu (17/1) pagi.

Silaturahmi Dengan Paguyuban Jawa Di Payakumbuh, Ini Kata Walikota

Wali Kota Riza Falepi menerima kunjungan dari perwakilan masyarakat suku jawa yang berada di Kota Payakumbuh yang dikenal dengan nama Paguyuban Saduluran Ngapak dan Paguyuban Pakuwojo di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Payakumbuh, Minggu (17/1).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Kunjungi Maek, Anggota DPRD Sumbar Siap Bantu Proses Pemekaran Nagari

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Muhammad Ridwan kunjungi Nagari Maek, Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat (22/1). Kunjungan itu dalam rangka menjemput aspirasi masyarakat...

Hadir MPP Payakumbuh, PAM Tirta Sago Siap Maksimalkan Pelayanan Kepada Pelanggan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Perumda Air Minum Tirta Sago (PAM Tigo) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat telah hadir di Mal Pelayanan Publik (MPP) daerah setempat sehingga...

Sekolah TK dan Paud Dimasa Pandemi, Ini Komentar Bunda Paud Payakumbuh

Guna memutus mata rantai penyebaran wabah Covid 19 dan aktifitas masyarakat bisa berjalan, Pemerintah telah membolehkan masyarakat beraktifitas dengan ketentuan tetap menjalani protokol kesehatan.

Dalam Prokes Sekdako Payakumbuh Ke Sekolah, Kunjungi Siswa Dari Keluarga Tak Mampu

Dalam sidak protokol kesehatan ke berapa sekolah yang dilakukan Sekretaris Daerah Rida Ananda, Rabu (20/1), terungkap laporan dari Kepala SMPN 4 Payakumbuh Mardiyus kalau ada siswanya yang tinggal di rumah tidak layak huni, memperihatinkan, sehingga Sekda tersentuh dan ingin melihat langsung kondisinya.

Antisipasi Penyebaran Covid-19 Pemko Payakumbuh Sidak Sekolah

Tingginya kasus positif covid-19 dilingkungan pendidikan beberapa hari terakhir ini, membuat Pemerintah Kota Payakumbuh mengambil langkah cepat dengan melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) untuk melihat keadaan sekolah dalam penerapan protokol kesehatan.

Polres Payakumbuh Aman Pria Pembuat-Pengedar Uang Palsu, Diedarkan 10 Lokasi

Payakumbuh, beritasumbar.com- Polres Payakumbuh, Sumatera Barat mengamankan seorang pria atas nama GUNTUR TRIMERLANDA (26) karena membuat dan mengedarkan uang palsu. Kapolres Payakumbuh AKBP Alex Prawira...

Segera ! Kota Payakumbuh Akan Miliki Cagar Budaya Yang Terlindungi Undang-Undang

Guna menjaga dan terlindungi ya cagar budaya kota Payakumbuh kedepannya, Pemerintah kota Payakumbuh melalui Dinas Pariwisata Kota Payakumbuh laksanakan Focus Group Discussion (FGD) tentang proses penetapan cagar budaya kota Payakumbuh serta sosialisasi Undang-Undang Nomor 11 tahun 2010 tentang cagar budaya.

Pemko Payakumbuh Ikuti Meeting Zoom Dengan Kemendagri

Menindaklanjuti Surat Edaran Mendagri Nomor 903/145/SJ TGL 12 Januari 2021 tentang percepatan pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2021 dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah, Pemerintah Kota Payakumbuh mengikuti kegiatan Webbinar yang digelar melalui via zoom meeting, Rabu(20/1).

Sidak Ke Sekolah, Pemko Payakumbuh : Jangan Ada Rekayasa Prokes

Menindaklanjuti rapat evaluasi pelaksanaan sekolah tatap muka, Selasa, (19/1), lalu, banyak ditemukan pasien positif Covid-19 dari kalangan tenaga pendidik. Pemko Payakumbuh melakukan sidak protokol kesehatan ke sekolah-sekolah, Rabu (20/1).

Ingatkan Bekal Anak Ke Sekolah, Sekda Rida : Kita Harus Nyinyir Untuk Sekolah Tangguh

Sekretaris Daerah Rida Ananda tak segan menegur sekolah saat mengetahui banyak siswanya yang tidak sarapan pagi ataupun membawa bekal ke sekolah. Padahal, sudah ada kesepakatan bersama agar siswa dianjurkan sarapan di rumah atau membawa bekal saat sekolah tatap muka.
- Advertisement -